BlogLifestyleFinansial14 Cara Membuat Website dengan Wordpres, Cocok untuk Pemula
0
0

14 Cara Membuat Website dengan Wordpres, Cocok untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jun 16, 2023

21 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat website dengan wordpresstop-right-banner

Membuat website bisa jadi proses yang menantang, terutama bagi pemula yang tidak punya pengalaman hal tersebut. Namun, pemakaian platform yang tepat, seperti WordPress, bisa memudahkan Pins membuat website yang menarik dan fungsional. Meski begitu, kamu tentu harus tahu bagaimana cara membuat website dengan wordpress untuk pemula.

Dengan begitu, Pins bisa membuat website, baik ketika memasarkan iklan properti yang dijual maupun jenis jualan lainnya. Berikut ini panduan membuat website dengan WordPress, mulai dari pilih domain, mengatur hosting, sampai mengedit tampilan website. Simak di sini!

Cara membuat website dengan WordPress untuk pemula

WordPress adalah platform manajemen konten yang populer dan mudah digunakan. Dengan WordPress, Pins bisa membuat dan mengelola website tanpa harus mempunyai pengetahuan pemrograman yang menadlam.

Platform ini juga menawarkan interface yang intuitif dan fleksibilitas yang tinggi sehingga cocok untuk pemula. Berikut ini panduan dan cara membuat website dengan WordPress untuk pemula yang bisa dicoba.

Baca juga: Cari Tahu Berapa Biaya Membuat Website Dengan Domain Pribadi

Pilih domain dan hosting

cara membuat website dengan wordpress
Source : Pexels

Langkah pertama dalam membuat website dengan WordPress adalah memilih dan mendaftarkan nama domain untuk situs kamu. Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses website, seperti www.namadomain.com. Selanjutnya, Pins perlu memilih penyedia hosting yang dapat menyimpan file dan konten website.

Instal WordPress

Setelah punya domain dan hosting, Pins bisa mulai menginstall WordPress. Sebagian besar penyedia hosting menawarkan instalasi WordPress yang mudah melalui kontrol panel mereka. Ikuti panduan instalasi yang disediakan oleh penyedia hosting untuk mengatur WordPress dengan cepat.

Atur tema dan tampilan

Setelah menginstal WordPress, Pins dapat memilih tema yang sesuai untuk website. Tema adalah tampilan visual yang akan digunakan oleh website. WordPress menyediakan berbagai tema gratis dan berbayar yang dapat dipilih. Kamu juga dapat menyesuaikan tampilan website dengan mudah menggunakan menu WordPress atau opsi kustomisasi yang disediakan.

Buat halaman dan tambahkan konten

Jika sudah mengatur tampilan website, Pins bisa membuat laman dan menambahkan konten. Pada WordPress, Pins dapat membuat halaman statis, seperti “Tentang Kami” dan “Kontak”. Jangan lupa tambahkan konten berupa postingan blog. Gunakan editor bawaan WordPress untuk memformat teks, menambahkan gambar, dan menyematkan video.

Gunakan plugin untuk maksimalkan fungsi website

Source : Pexels

Salah satu keunggulan WordPress adalah kehadiran plugin. Plugin WordPress adalah tambahan fitur yang dapat Anda instal untuk memperluas fungsionalitas website.

Misalnya, kamu dapat menginstal plugin SEO untuk membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari, atau plugin formulir kontak untuk memungkinkan pengunjung menghubungi kamu dengan mudah. Ini tentu akan sangat berguna bagi Pins yang bekerja sebagai agen properti dan menjual rumah di daerah Jakarta Timur.

Baca juga: Cara Memilih Jasa Pembuatan Website yang Profesional

Optimalkan SEO pada website

Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari juga jadi cara penting ketika membuat website yang sukses dengan WordPress. Dengan mengoptimalkan SEO pada website, kamu bisa meningkatkan visibilitas di hasil pencarian dan mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Pins bisa menggunakan plugin SEO, seperti YOAST SEO, untuk mengoptimalkan setiap halaman dan posting blog.

Jaga keamanan website

Keamanan website adalah hal yang penting. Pastikan Pins menjaga keamanan website dengan menginstal plugin keamanan dan mengikuti praktik keamanan terbaik.

Contohnya, menggunakan kata sandi yang kuat dan melakukan pembaruan secara teratur. Lindungi website kamu dari serangan dan ancaman yang mungkin timbul.

Kelola website dengan baik

Setelah website berjalan, penting untuk mengelola dan memelihara kontennya. Perbarui WordPress, tema, dan plugin secara teratur untuk menjaga keamanan dan fungsionalitas website. Tanggapi komentar pengunjung dan pastikan konten kamu tetap relevan dan diperbarui.

Publikasikan website

Source : Pexels

Jika sudah puas dengan tampilan dan konten website kamu, saat publikasikan website ke dunia. Pastikan kamu sudah mengatur navigas yang jelas dan mudah diikuti.

Cobalah untuk menambahkan widget dan elemen tambahan WordPress sesuai kebutuhan. Lakukan juga pengujian akhir untuk memastikan bahwa semua laman dan fitur berfungsi dengan baik sebelum mengumumkan website kepada khalayak.

Baca juga: 5 Cara Copy Website yang Tidak Bisa Dicopy

Ukur dan analisis kinerja website

Untuk memahami sejauh mana kesuksesan website, kamu perlu mengukur dan menganalisis kinerjanya. Manfaatkan alat analisis web seperti Google Analytics untuk melacak traffic pengunjung, sumber traffic, dan perilaku pengunjung di website. Data ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan website kamu.

Optimalkan kecepatan website

Cara dan panduan yang tidak kalah penting dalam membuat website dengan WordPress adalah mengoptimalkan kecepatannya. Kamu perlu memastikan bahwa website bisa memuat dengan cepat dengan memilih penyedia hosting yang andal.

Bila perlu, optimalkan gambar dan file website agar kecepatan website bisa lebih maksimal. Pins juga dapat menggunakan teknik caching dan kompresi untuk meningkatkan kecepatan website.

Buat website yang responsif

cara membuat website dengan wordpress
Source : Pexels

Dalam era smartphone, penting untuk memiliki website yang responsif. Pastikan tampilan website Pins menyesuaikan dengan baik di berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar dan tablet. Perhatikan desain responsif saat memilih tema dan pastikan semua elemen dan konten dapat diakses dengan baik di berbagai resolusi layar.

Integrasikan dengan sosial media

Mengintegrasikan media sosial ke dalam website dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan pengunjung. Tambahkan tombol berbagi sosial dan tautan ke akun media sosial agar pengunjung dapat dengan mudah membagikan konten kamu. Pins juga dapat menyematkan feed sosial di website untuk menampilkan posting terbaru.

Rancang website yang ramah mobile

Dalam dunia yang semakin didominasi oleh penggunaan smartphone, pastikan website Pins ramah mobile. Perhatikan tata letak dan navigasi yang baik untuk pengguna ponsel pintar. Uji tampilan website kamu di berbagai perangkat untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

Nah, itu tadi deretan cara membuat website dengan WordPress yang bisa Pins terapkan di rumah maupun di mana saja. Semoga panduan di atas bisa bantu kamu membuat laman yang dapat menjangkau banyak orang, ya!

Baca juga: Cara Membuka Website yang Sibuk / Down Agar Dapat Diakses


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download