BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Desain Jendela Kayu Klasik yang Memukau
0
0

15 Inspirasi Desain Jendela Kayu Klasik yang Memukau

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 2, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jendela merupakan kebutuhan utama bagi sebuah rumah, fungsi utama dari jendela itu sendiri yaitu sebagai tempat masuknya cahaya matahari pada siang hari dan juga sebagai ventilasi udara. Tanpa kehadiran desain jendela kayu klasik atau model lainnya, rumah tentunya akan terasa pengab, panas, dan sumpek.

Terdapat sangat banyak inovasi dibidang konstruksi seperti bahan alternatif jendela. Salah satu bahan jendela yang sekarang banyak digunakan yaitu desain jendela kayu klasik

Sejak dari jaman kolonial belanda, di Indonesia sendiri telah menggunakan desain jendela kayu klasik. Pada jaman itu model jendela kayu tanpa kaca.

 Kamu juga bisa menata ulang Rumah Ekslusif di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Inspirasi Desain Jendela Kayu Klasik yang Memukau

Desain jendela kayu klasik dapat menjadi pilihan untuk membuat rumah Kamu terlihat lebih menarik dan estetik. Jendela adalah bagian bangunan yang sangat penting dan harus ada di rumah.

Berikut ini beberapa inspirasi desain jendela kayu klasik yang memukau. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Jendela Kayu Klasik Bali

Source : Tokopedia

Desain jendela kayu klasik yang pertama berasal dari pulau Bali dan biasa dikenal sebagai jendela kayu bali. Desain jendela kayu bali ini sangat mirip dengan jendela gebyok yang memiliki mahkota pada bagian atasnya.

Pada bagian kusen dan daun jendelannya terdapat beberapa ukiran yang membuat jendela terlihat lebih memukau. Jendela seperti ini biasanya akan dicat dengan warna coklat kemerahan dan ditambah beberapa cat warna emas pada beberapa bagian.

Yang akan membuat jendela terlihat unik. Pada area opening tembok jendela terdapat juga beberapa ukuran yang menambahkan kesan memukau pada desain satu ini.

2. Jendela Kamar Tidur Kayu

Source : Mosaichse

Desain jendela kayu klasik pada kamar tidur satu ini menggunakan engsel pada bagian sisinya. Kamu dapat membuka jendela ruangan dengan sangat lebar ke arah luar. Tidak hanya itu saja, bagian jendela ini seluruhnya terbuat dari bahan kayu tanpa ada tambahan kaca.

3. Jendela Krepyak

Source : Dezeen

Jendela yang satu ini telah lama digunakan. Mungkin beberapa orang dari kalian sudah pernah lihat model jendela seperti ini.

Jika Kamu pernah datang ke daerah wisata yang berada di Jawa Tengah yaitu “Lawang Sewu”. Model jendela dan pintunya hampir semua menggunakan model krepyak seperti contoh di atas.

Model seperti ini ada yang mati dan ada yang dibuka tutup seperti shutter blind. Kelebihan jendela satu ini jika dibandingkan jendela full panel yaitu jendela ini tidak masuk hujan, bisa memberikan pencahayaan yang cukup walaupun jendela tidak dibuka, dan bisa memberikan sirkulasi udara yang baik.

4. Jendela Dua Daun Rumah Kayu

Source : Etsy

Desain jendela kayu klasik berikutnya yaitu yang memikiki 2 daun jendela yang dapat dibuka tutup. Kusen jendela berbentuk persegi tanpa terdapatnya tidak pada bagian tengah jendela.

Dengan model seperti ini akan membuat desainnya cocok untuk digunakan pada model rumah klasik tradisional seperti contoh diatas.

5. Jendela Kayu Klasik dengan Motif Bunga

Source : Etsy

Desain jendela berikutnya yaitu model jendela kayu klasik dengan ukiran bunga pada bagian tengahnya. Motif ukiran bunga bisa membuat daya tarik tersendiri dan dapat membuat kesan klasik dan perbedaan desain eksterior dan interior rumah Kamu.

Ukuran kusen pada jendela tersebut akan lebih besar dibandingkan ukuran kusen standar, hal ini juga akan membuat jendela terlihat lebih memukau.

6. Jendela Minimalis Kayu Dua Tingkat

Source : Old House Dreams

Desain jendela kayu klasik satu ini terdiri dari dua bagian yang disusun menjadi satu. Memukaunya jendela satu ini dapat dibuka secara terpisah karena mempunyai dua rangka kayu. Jenis jendela seperti ini dibentuk dengan desain kotak-kotak kecil yang dipasangi oleh material kaca.

7. Desain Jendela Kayu Klasik Jawa

Source : Etsy

Desain berikutnya yang dapat jadi referensi Kamu yaitu jendela yang memiliki ukiran Jawa. Pada bagian jendela ini terdiri dari dua daun pintu yang telah dilengkapi dengan ukiran di sekelilingnya. Kemudian, pada bagian tengah jendela dibuat dengan bentuk jeruji yang dipasangkan sejajar.

8. Jendela Kayu Klasik Modern

Source : NY Times

Jendela rumah dari kayu dapat menjadi pilihan yang menarik ketika Kamu membangun rumah yang memiliki gaya klasik. Kamu dapat menggunakan jendela kayu coklat dengan kaca rumah bening seperti contoh di atas. Untuk harga jendela kayu kaca ini, tentunya beragam sesuai dengan ukuran yang akan digunakan.

9. Jendela Kayu dengan Lis Besi

Source : Flickr

Jendela kayu dengan tampilan yang minimlais juga tetap dapat memberikan kesan klasik pada rumah. Kamu dapat memadukan warna jendela coklat dengan cat tembok yang senada.

Kemudian, Kamu juga dapat menambahkan furnitur seperti meja dan kursi yang mendukung kesan klasik pada rumah Kamu.

10. Jendela Kayu Sederhana

Source : 9GAG

Model jendela kayu klasik berikutnya yaitu jendela kayu sederhana, model satu ini digunakan sebagai penutup jendela kaca pada bagian dalamnya. Dengan menggunakan 2 lapis jendela Kamu bisa menjaga suhu ruangan agar tetap hangat pada musim dingin, dan akan tetapi dingin jika menggunakan AC pada siang hari.

11. Jendela Kayu Gaya Bohemian

Source : Unsplash

Konsep desain interior bohemian memiliki warna yang eyecatching dan kontras dengan sekitarnya. Bentuk jendela yang digunakan bisa seperti di atas dengan warna biru yang menyalak.

12. Jendela Kayu Bulat

Source : Pinterest

Bentuk jendelanya unik karena menyerupai lingkaran dengan bagian pembuka di area atas jendela. Bingkainya menggunakan kayu dan bahan kaca sebagai pelindung luar.

13. Jendela Kaca Besar

Source : Unsplash

Jendela kaca yang besar bisa memaksimalkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Kesan luas juga langsung dapat tercipta dengan mudah dari model jendela ini.

14. Jendela Swing Single

Source : Ist

Kesan lega dan luas pada ruangan bisa pula didapat dari jendela swing single. Warna coklat tua dengan panel kayu bergaris estetik menghadirkan nuansa alami yang khas pada ruangan.

15. Jendela Klasik Retro

Source : Unsplash

Dominasi bahan jendelanya adalah kaca dengan dua model yang berbeda di bagian sisi kanan kiri dan tengahnya. Jendela ini juga memakai list putih agar menambah kesan retro.

Itu dia beberapa inspirasi jendela kayu klasik yang memukau. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download