BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ide Desain Tempat Usaha Laundry yang Simple
0
0

15 Ide Desain Tempat Usaha Laundry yang Simple

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mei 8, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
desain tempat usaha laundrytop-right-banner

Bisnis laundry bisa menjadi salah satu opsi bagi kamu yang ingin membuka usaha. Namun, kamu harus memperhatikan desain tempat usaha laundry yang mau kamu buka, jangan asal-asalan karena akan mempengaruhi jumlah dan kepuasan pengunjung. Desain tempat usaha laundry yang simple, rapi, tidak sempit tentunya akan memberikan kenyamanan bagi para pelanggan. Simak artikel ini untuk mengetahui ide desain tempat usaha laundry yang simple!

Kamu dapat menemukan rumah idaman kamu yang ideal dan nyaman untuk ditempati di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat menggunakan layanan Program KPR Bank untuk menempati rumah barumu dengan kemudahan dalam membayar lunas rumah ke depannya!

Baca juga: 10 Cara Jitu Buat Ruang Laundry Minimalis Tetap Fungsional

Jenis Usaha Laundry

desain tempat usaha laundry
Source : Pixabay

Sebelum membahas tentang desain tempat usaha laundry, kamu harus mengetahui terlebih dulu jenis-jenis usaha yang satu ini. Dengan demikian, kamu bisa memilih usaha mana dan desain seperti apa yang cocok. Setidaknya ada enam jenis usaha laundry yang perlu kamu ketahui:

1. Laundry Kiloan

Pertama adalah usaha laundry kiloan yang juga termasuk jenis usaha laundry konvensional. Jasa laundry ini menawarkan cuci pakaian dalam jumlah banyak sekaligus yang akan ditakar dengan timbangan dengan tarif per kilogram yang telah ditetapkan.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Parfum Laundry Tahan Lama

2. Laundry Sepatu

Maraknya sepatu branded turut mendorong usaha laundry yang satu ini berkembang. Saat ini sudah banyak tempat laundry sepatu, namun potensinya yang besar menjadikan usaha ini tetap menggiurkan. Sesuai namanya, jasa yang satu ini hanya melayani cuci sepatu saja. 

3. Laundry Koin

Sama seperti namanya, jasa laundry yang satu ini menggunakan sistem koin, yaitu pelanggan memasukkan koin ke mesin cuci agar proses pencucian bisa berjalan. Dengan demikian, yang dibeli pelanggan adalah koinnya sementara proses pencucian dilakukan secara mandiri oleh pelanggan.

Baca juga: 9 Merek Mesin Cuci untuk Laundry dengan Harga Terjangkau

4. Laundry Konvensional

Jasa laundry konvensional hanya menyediakan layanan cuci spesifik. Misalnya jas, yang tentu saja cara mencucinya lebih hati-hati dari pada pakaian biasa. Atau biasa juga jasa cuci boneka yang cara pencuciannya lebih teliti.

5. Laundry Hotel

Usaha laundry yang satu ini melayani konsumen secara spesifik, yaitu hotel. Artinya, barang-barang yang dicuci adalah barang hotel, mulai dari sprei, selimut, handuk, dan sebagainya. 

6. Laundry Ekspres

Terakhir adalah laundry ekspres, yaitu jenis usaha laundry yang menawarkan jasa pencucian cepat. Target pasar untuk jenis usaha ini tentu orang-orang yang sibuk dan perlu agar pakaian mereka cepat kering sehingga bisa dipakai kembali.

Baca juga: 11 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik yang Bikin Cling

Ide Desain Tempat Usaha Laundry yang Simple

Usaha laundry milikmu harus didesain sedemikian rupa pada bagian eksterior maupun interiornya. Hal ini berguna untuk menarik perhatian calon pelanggan sekaligus membuat mereka nyaman berada di dalam, khususnya untuk laundry mandiri. 

Berikut beberapa ide desain tempat usaha laundry yang bisa kamu jadikan opsi:

1. Desain Laundry Industrial

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Desain industrial adalah gaya desain yang rancangannya terfokus pada desain ala pabrik dengan adanya material ekspos, tampilan interior yang tampak tidak selesai, ataupun tampilan mekanikal yang memukau.

Gaya desain ini bisa kamu terapkan untuk tempat usaha laundry milikmu. Biarkan bagian atap terbuka sehingga pipa saluran maupun pipa kabel terpampang dari bawah. 

Baca juga: Mengenal Komponen Mesin Cuci 2 dan 1 Tabung

2. Desain Laundry Minimalis

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Desain minimalis cukup populer karena simpel namun tetap elegan. Model seperti ini juga bisa kamu terapkan pada tempat usaha laundry milikmu. Contohnya, mesin-mesin pencuci kamu letakkan di area tengah dengan kursi panjang di bagian tepi ruangan. 

3. Desain Laundry Modern

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Berikutnya adalah desain bergaya modern. Ini sangat cocok jika usaha laundry milikmu termasuk yang berjenis mandiri atau menggunakan koin. Letakkan mesin pencuci pada satu atau dua sisi dinding, dan jadikan bagian tengah ruangan sebagai tempat duduk untuk menunggu. 

Baca juga: Cara Agar Baju Cepat Kering Tanpa Mesin Cuci di Musim Hujan

4. Desain Laundry Asri

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Maraknya isu pemanasan global membuat setiap orang ramai-ramai mendesain bagian rumahnya konsep asri yang bertaman. Konsep serupa juga bisa diterapkan di tempat laundry. Kamu bisa menata mesin cuci di satu sisi dinding dengan bertumpuk, lalu bagian atas diberi papan sebagai tempat untuk tanaman hias indoor kesayangan. 

5. Desain Laundry Nature

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Konsep desain kali ini lebih natural daripada desain yang sebelumnya. Pasalnya, tanaman yang dipasang tidak hanya diletakkan pada satu bagian dinding saja, melainkan digantung di beberapa titik. Dengan demikian, pengunjung laundry kamu akan merasa berada di alam saat menunggu cucian mereka beres. 

Baca juga: Cara Memakai Mesin Cuci Berdasarkan Jenisnya yang Tepat

6. Desain Laundry Kayu

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Bagi kamu yang suka dengan desain klasik, memilih material kayu bisa menjadi pilihan. Kamu bisa melapisi bagian dinding tempat mesin cuci dengan material kayu untuk menambah kesan klasik. Selain itu, bagian lantai juga bisa menggunakan material kayu. 

7. Desain Laundry Transparan

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Berikutnya adalah desain tempat usaha laundry transparan. Kamu bisa menggunakan material kaca pada bagian dinding sehingga aktivitas pengunjung di dalam bisa terlihat dari luar. Kelebihan desain ini akan menarik perhatian orang, sehingga tempat laundry kamu mudah dikenali. 

Baca juga: Ini Dia Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci dengan Benar

8. Desain Laundry Cafe

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Memilih desain ini artinya kamu sedang menggabungkan dua usaha sekaligus dalam satu tempat. Bagi satu bangunan menjadi dua ruangan tanpa sekat, yang satu sisi untuk tempat mesin cuci dan sisi lain sebagai kafe. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati menu di kafe kamu sambil menunggu cucian beres. 

9. Desain Laundry Semi Terbuka

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Desain ini memberikan pengalaman laundry yang unik. Pasalnya, pengunjung bisa duduk sambil menikmati sisi luar bagunan laundry yang tampak jelas berkat dinding kaca yang terpasang. Jika halaman luar masih tanah milikmu, kamu bisa menjadikan sebagai taman

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci dan Pengering yang Tidak Mau Berputar

10. Desain Laundry Sepatu

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Jika kamu ingin membuka jasa laundry sepatu, desain yang simpel satu ini bisa menjadi pilihan. Letakkan meja resepsionis panjang pada bagian setelah pintu masuk, yang fungsinya sebagai tempat pemesanan, pengambilan, atau kasir. 

Kemudian, letakkan rak sepatu di bagian tengah tepat di belakang meja resepsionis. Dengan demikian, pengunjung bisa sekaligus melihat hasil cucian sepatu di tempat usaha kamu. 

11. Desain Laundry Toko Sepatu

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Masih untuk jasa laundry sepatu, kamu bisa membuat desain layaknya toko sepatu di mall. Tempatkan rak kotak-kotak untuk menyimpan sepatu yang sudah bersih pada bagian dinding, sehingga kamu atau pelanggan bisa dengan mudah mengenali sepatu mana yang akan diambil. 

Baca juga: Ternyata, Begini Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan!

12. Desain Laundry Tradisional

desain tempat usaha laundry
Source : Pinterest

Berikutnya adalah desain tempat usaha laundry pakaian tradisional. Kamu bisa menempatkan rak dan gantungan baju di salah satu sisi dinding ruangan, lalu meja penerima tamu di tengah, dan mesin cuci di sisi belakang. Kekurangannya, desain semacam ini akan sulit terlihat rapi. 

13. Desain Laundry Aesthetic

Source : Pinterest

Ide desain tempat usaha laundry berikut ini mengusung tema unfinished pada temboknya, berupa batu bata merah yang tidak difinishing dengan semen. Kemudian digunakan meja yang berada di tengah-tengah ruangan agar memudahkan pelanggan untuk berjalan dan beristirahat.

Untuk menambah kesan aesthetic, digunakan lampu gantung yang simple.

Baca juga: 10 Inspirasi Jemuran Dalam Rumah yang Praktis

14. Desain Laundry Kontemporer

Source : Pinterest

Ide desain tempat usaha laundry yang satu ini memiliki gaya kontemporer. Gaya kontemporer menggabungkan konsep masa kini dengan konsep masa depan. Sehingga tempat usaha laundry kamu akan tampil elegan dan canggih.

Pencahayaan dimaksimalkan dengan penggunaan kaca besar agar cahaya yang masuk dapat menerangi seluruh ruangan. Pada bagian kabinet mesin cuci, digunakan material yang terbuat dari kayu. Batu alam menjadi ornamen yang digunakan sebagai wadah wastafel.

15. Desain Laundry Berlatar Musik

Source : Pinterest

Ide desain tempat usaha laundry yang terakhir adalah tempat usaha yang bertema latar musik. Dapat terlihat dari penggunaan warna mesin cuci, motif lantai, dan wallpaper dinding. Seluruhnya beirisan dengan tema musik.

Mesin cuci menggunakan warna tosca yang lembut. Kemudian motif lantai yang digunakan seperti warna tuts piano. Ditambahkan juga bangku di tengah-tengah ruangan untuk menunggu para pelanggan.

Itulah beberapa ide desain tempat usaha laundry yang simple. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu menciptakan desain laundry yang terbaik!

Baca juga:

Feature Source Image: StrategyDriven


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download