BlogLifestyleEdukasi3 Jenis Pakaian Adat Bangka Belitung
0
0

3 Jenis Pakaian Adat Bangka Belitung

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jul 20, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Pakaian adat bangka belitungtop-right-banner

Bangka Belitung merupakan pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera. Provinsi ini pertama kali diresmikan pada 9 Februari 2001. Para pendatang memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap budaya di Bangka Belitung karena letaknya yang strategis dengan jalur perdagangan laut dunia. Salah satu yang bisa Pins lihat dengan mudah pada pakaian adat bangka Belitung.

Ada tiga jenis pakaian adat Bangka Belitung yang dipakai pada acara yang berbeda-beda. Pakaian adat di rumah Bangka Belitung terlihat unik menarik karena ada pengaruh Arab dan Tionghoa. Yuk pelajari lebih jauh mengenai pakaian adat Bangka Belitung.

Baca juga: Pakaian adat Riau

Baju Seting

Pakaian adat bangka belitung
Source : Twitter @Bundadiyanra

Pada prosesi pernikahan, pengantin akan menggunakan baju adat yang bernama Seting. Baju Seting sendiri biasanya dibuat dari kain sutra atau kain beludru.

Baju Seting pada pria umumnya berbentuk seperti jubah dengan ukuran panjang. Jubah tersebut memiliki ciri khas corak Arab dengan warna merah gelap atau merah tua. Pins juga bisa melihat selendang yang diselempangkan pada bahu kanan ketika pria menggunakan jubah itu.

Sementara pada pengantin perempuan bajunya terlihat lebih simpel dengan corak Arab. Pengantin perempuan biasanya akan menggunakan aksesoris sebagai berikut:

  • Paksian (Mahkota emas).
  • Hiasan teratai pada penutup dada.
  • Bunga cempaka.
  • Bunga goyang.
  • Daun Bambu.
  • Kuntum Cempaka.
  • Pagar Tenggalung.
  • Sari Bulan.
  • Tutup sanggul atau kembang hong.
  • Kalung anting panjang.
  • Seput udang.
  • Gelang pending.
  • Hiasan ronce melati.

Baca juga: Pakaian adat Lampung

Kain Cual

Pakaian adat bangka belitung
Source : Wikipedia

Pada acara resmi atau formal misalnya keperluan sekolah, acara pemerintah dan kantor swasta akan menggunakan kain Cual. Kain ini dibuat dengan metode tenun ikat. Ada dua motif pada kain Cual yaitu Penganten Bekecak (Corak penuh) dan Jande Bekecak (motif ruang kosong).

Kain Cual biasanya dijual dengan harga yang tinggi. Hal ini dikarenakan kain Cual dibuat dengan teknik khusus dan bahan polyster, sutra, katun, seat kayu dan benang emas 18 karat.

Kain Cual sendiri awalnya bernama Limar Muntok. Motifnya mirip seperti Songket khas Palembang. Perbedaannya ada pada motif hiasanya yang berupa motif bunga-bungaan, motif tumbuhan dan hewan.

Motif pada kain Cual sendiri melambangkan arti khusus. Pada motif bunga melambang kesucian, keagungan rezeki dan semua kebikan. Sedangkan motif bebek melambangkan persatuan dan kesatuan. Motif naga melambangkan perkasaan dan motif tumbuhan melambangkan kekayaan alam.

Baju Paksian

paksian pakaian adat bangka belitung
Source : Kompas

Pakaian adat Bangka Belitung selanjutnya adalah baju Paksian. Baju Paksian sendiri pernah dipakai oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna.

Sejarah baju Paksian ini awalnya dari pedagang dari Arab yang sedang tertarik dengan gadis Tionghoa ketika ia hendak menyiarkan Agama Islam. Kemudian mereka memutuskan untuk menikah dan menggunakan pakaian yang sudah dikombinasikan antar dua budaya Arab dan Tionghoa.

Ada sedikit perbedaan antara baju Paksian yang dipakai oleh pria dan wanita. Pada wanita biasanya menggunakan pakaian kurung yang berbahan dasar beludru. Sedangkan pada pria biasanya menggunakan sorban yang dinamakan sungkon.

Perbedaan lainnya ada pada mahkota yang digunakan. Pada wanita biasanya mahkota akan dihiasi dengan kuntum cempaka yang berjumlah dua puluh lima tangkai. Sedangkan pada pria menggunakan Sungkon dengan satu tangkai Cempaka.

Untuk perhiasannya, pengantin wanita akan menggunakan kalung stangkel, anting-anting dan pending. Sedangkan pengantin pria menggunakan perhiasan pending saja.

Itulah 3 jenis pakaian adat Bangka Belitung dengan sejarah dan penggunaan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download