BlogLifestyleEdukasiMengenal Pakaian Adat Bengkulu dan Keunikannya
0
0

Mengenal Pakaian Adat Bengkulu dan Keunikannya

Dipublikasikan oleh Bekti  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Pakaian adat Bengkulutop-right-banner

Pinhome – Bengkulu merupakan provinsi yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Provinsi ini merupakan daerah yang kaya akan keanekaragaman budayanya. Salah satunya adalah pakaian adat Bengkulu yang memang dikenal unik.

Perlu kamu ketahui bahwa masyarakat Bengkulu merupakan masyarakat multi-etnis sehingga ini pun mempengaruhi keragaman busana adat mereka. Beberapa etnis yang berada di Bengkulu adalah suku Melayu, Rejang, Muko-Muko, Kaur dan lainnya.

Pakaian Adat Bengkulu

Pakaian tradisional Bengkulu
Source : Pinterest

Pakaian adat provinsi Bengkulu atau bisa disebut sebagai pakaian tradisional Melayu Bengkulu memang memiliki kemiripan dengan pakaian yang berasal dari suku Melayu Riau, Melayu Deli, Palembang, atau Lampung.

Biasanya, masyarakat di sana mengenakan pakaian adat Bengkulu dalam acara-acara tertentu seperti saat mengadakan acara pernikahan, tarian adat, pertemuan antar petinggi suku, serta festival-festival atau hari khusus.

Pakaian pengantin adat Bengkulu terdiri atas pakaian khusus pria dan khusus wanita. Nama lain dari pakaian adat Bengkulu biasanya dikenal dengan sebutan rejang lenong.

Baca Juga :

Pakaian Adat Pria Bengkulu

Pakaian Adat Pria Bengkulu
Source : realitapost.com

Pakaian adat Bengkulu khsus pria biasanya terdiri jas, celana panjang, penutup kepala atau peci, yang masing-masingnya terbuat dari bahan wol, beludru dan memiliki warna hitam.

Sedangkan untuk celananya biasanya terbuat dari kain satin yang memiliki warna gelap. Lalu di bagian penutup kepalanya memiliki bentuk sedikit merucut ke atas, bahkan mirip dengan penutup kepala yang biasa digunakan oleh masyarakat Melayu Riau.

Penutup kepala ini dikenal dengan nama ‘detar’. Sedangkan pakaian pengantin adat untuk pria dapat berupa baju panjang, sarung lipat, celana panjang, sunting, dan songkok.

Penggunaan celana panjang pada umumnya juga disertai dengan lipatan sarung yang dipasang pada pinggang setinggi lutut sebagai aksesoris. Sarung ini ialah sarung songket dan menggunakan motif emas yang ditenun.

Sesuai cara pemakaiannya, oleh masyarakat Melayu Bengkulu, sarung tersebut dinamai sarung segantung. Sebagai aksesori, pemakain busana adat Bengkulu pada pria umumnya juga dilengkapi hiasan gelang emas pada tangan kanan, serta sebilah keris yang merupakan senjata tradisional sebagai sarana perlindungan diri.

Di samping itu, para pria di sana juga biasanya menggunakan aksesori tambahan seperti kalung sribulan, emping, hiasan pinggang dengan bentuk pending, gelang, dan keris, dengan motif keemasan.

Baca Juga : Pakaian Adat Betawi

Pakaian Adat Wanita Bengkulu

Pakaian Adat Wanita Bengkulu
Source : Budayanesia.com

Pakaian adat Bengkulu khusus wanita pada dasarnya terdapat kesamaan dengan pakaian adat Melayu, yakni menyerupai baju kurung dengan desain lengan panjang terbuat dari kain beludru.

Baju kurung tersebut memiliki motif sulaman emas dan berbentuk bulat-bulat menyerupai lempengan uang logam. Lalu untuk warna pada baju kurung tersebut biasanya berwarna merah tua, lembayung, biru tua, dan hitam.

Baju kurung wanita Bengkulu biasanya akan dipadupadankankan dengan pakaian busana bawahan seperti kain songket yang berbahan dari sutera dan memiliki motif benang berwarna emas. Sarung yang digunakan oleh wanita Bengkulu ini memang sangat mirip dengan sarung yang biasa digunakan oleh pakaian adat pria.

Demi menambah kecantikan, para wanita disana juga sering menggunakan aksesori tambahan lainnya seperti sanggul yang lengkap dengan tusuk kondenya, anting, giwang emas, mahkota, ikat pinggang, kalung yang bersusun, gelang emas, dan sepasang alas kaki yang berupa slop yang warna emas.

Baca Juga : Pakaian Adat Lampung

Mengenal Kain Besurek dan Kain Kaganga Khas Bengkulu

Bengkulu memiliki bangunan benteng yang sangat bersejarah bernama Fort Marlbourgh atau dikenal dengan budaya batiknya yang khas. Berikut adalah 2 jenis motif batik adat Bengkulu yang sering digunakan oleh masyarakat setempat.

1. Motif Batik Besurek

Motif Batik Besurek Bengkulu
Source : Pinterest

Motif batik khas Bengkulu ini begitu terkenal dan memiliki motif kaligrafi dengan huruf Arab. Tulisan Arabnya itu sendiri diambil dari potongan ayat-ayat Suci Al-Quran sehingga membuat batik ini begitu sakral dan tak bisa digunakan sembarangan.

Biasanya, batik besurek ini hanya dapat digunakan untuk menutupi tubuh bagian atas seperti ikat kepala, alas bayi ketika melakukan upacara cukur rambut, dan terakhir sebagai kain untuk penutup jenazah.

Sedangkan untuk motif kaligrafi yang terdapat pada kain besurek ini sengaja dibuat dengan menggunakan teknik batik tulis. Oleh sebab itu, saat ini kain besurek memang cukup sulit ditemui seiring berkurangnya para pengrajin pakaian adat Bengkulu.

Baca Juga: 6 Jenis Pakaian Adat Riau, Filosofi dan Penjelasanya

2. Motif Batik Kaganga

Source : Batik Bumi

Berikutnya adalah motif batik Kaganga yang merupakan Batik Kaganga ini terbuat dari hasil karya masyarakat suku Rejang yang dulunya terinspirasi dari sebuah batik Besurek.

Batik besurek juga bersifat sakral karena motif yang dimilikinya terdapat tulisan ayat suci Al Quran. Namun pada dasarnya, batik Kaganga ini merupakan sebuah batik yang bertuliskan susunan aksara Kaganga, yakni tulisan aksara asli dari khas suku Rejang.

Demikianlah pembahasan mengenai pakaian adat Bengkulu pria dan wanita. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu yang ingin mengenal lebih luas terkait adat budaya Bengkulu. Baca juga artikel mengenai pakaian adat Nusantara lainnya hanya di Pinhome.

Baca Juga : 11 Pakaian Adat Gorontalo Terlengkap Beserta Penjelasanya


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download