5 Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap

Dipublikasikan oleh pandu.pamungkas ∙ 25 May 2023 ∙ 4 menit membaca

Banyak dari Pins yang nyaman tinggal di perumahan di Jakarta Selatan seperti rumah eksklusif dari Pinhome yaitu Vasa Jagakarsa karena menawarkan keamanan dan kenyamanan. Tidak berbeda jauh, Kalimantan Timur juga memiliki segudang keindahan dan kenyamanan untuk ditinggali. Salah satunya pakaian adat Kalimantan Timur yang unik dan memiliki makna tersendiri.

Berdasarkan data yang ada, bahwa dulunya Kalimantan Timur memang sudah banyak ditinggali oleh penduduk yang berasal dari beberapa suku dari luar daerah. Banyaknya orang dari luar daerah ini mempengaruhi banyak budaya yang ada di Kalimantan timur. Salah satu yang dipengaruhi adalah pakaian adat Kalimantan Timur.

Pakaian adat yang digunakannya terbagi menjadi beberapa jenis dengan ciri khas yang berbeda-beda. Bagi Pins yang belum mengetahui ragam jenis dan nama pakaian adat Kalimantan Timur, yuk pelajari lebih lengkap melalui artikel ini.

Pakaian Adat Kustin

Kustin
(Borneo24.com)

Kustin merupakan nama pakaian adat Kalimantan timur yang memiliki bentuk dan motif menyerupai busana resmi pernikahan. Perlu untuk kita ketahui bahwa pakaian adat kustin berasal dari Bahasa Kutai yang berarti “Busana”.

Sedangkan untuk bahan yang digunakanya yakni berasal dari bahan beludru dengan warna hitam lengkap dengan aksesoris dodot rambut bundar yang berhias wapen. Untuk pada wanita umumnya terdapat perpaduan rambut yang disanggul menyerupai adat Jawa.

Pakaian Sapei Sapaq

Sapei Sapaq
(Wego)

Ta’a dan sapei sapaq adalah baju adat Kalimantan Timur yang berasal dari suku Dayak kenyah Kalimantan timur yang terbagi menjadi dua jenis diantaranya sebagai berikut ini:

Pakaian adat pria atau yang biasa dikenalnya dengan “Sape Sapaq”. Jika dilihat dari bentuk dan motif pakaian adat pria dan wanita pada dasarnya memiliki bentuk yang hampir sama, namun tetaplah berbeda. Untuk perbedaanya sendiri terdapat pada rompi serta celana yang ketat.

Salah satu keunikan baju adat Kalimantan Timur yaitu sapei sapaq terdapat pada bahan dan filosofi yang menggambarkan tentang sebuah kearifan masyarakat Dayak. Selain itu terdapat hiasan lain seperti ikat kepala yang terbuat dari daun pandan dengan hiasan bulu burung enggan. Serta lengkap untuk aksesoris lainya yang biasa digunakan untuk pria Kalimantan timur yakni senjata tradisional yang berupa perisai dan madau.

Baca juga: Pakaian Adat Sumatera Selatan

Pakaian Adat Bulang Kuurung

Bulang Kuurung
(Yukisinau)

Pakaian adat bulang kuurung adalah jenis pakaian adat yang biasa dipakai oleh para dukun Kalimantan selatan. Jenis pakaian adat ini terbagi menjadi 2 jenis diantaranya adalah pakaian adat tanpa lengan atau yang disebutnya dengan “Dekot Tangan”, dan pakaian adat “Lengke” atau yang dikenalnya dengan lengan panjang.

Pakaian Adat Bulang Burai King

Burai King
(Silontong)

Bulang burai king adalah jenis pakaian adat Dayak, jenis pakaian ini biasanya digunakan untuk upacara adat Dayak. Selain itu, jenis pakaian adat burai king memiliki aksesoris tambahan yang berupa manik-manik yang biasa dipakai bersamaan degan hiasan kepala yang terbuat dari bulu burung enggang.

Pakaian Adat Sakai

Pakaian adat sakai
(Diskominfotik)

Pakaian adat sakai adalah baju ada Kalimantan Timur yang dikhususkan untuk wanita, jenis pakaian adat ini memiliki model yang menyerupai Kebaya panjang lengkap dengan bawahanya yang berupa tapeh badong.

Baca juga: Pakaian Adat Aceh

Penutup

Nah, begitulah penjelasan mengenai pakaian adat Kalimantan timur lengkap beserta gambar, keunikan, serta filosofinya. Dengan ini, semoga kita dapat ikut serta untuk melestarikan pakaian adat, agar budaya serta warisan nenek moyang tidak hilang atau sirna. Sekian penjelasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image: Youtube @Asie Mikha


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan Rumah di Bandung melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini:

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.PinhomePINtar jual beli sewa properti.