BlogLifestyleEdukasiPeta Pulau Bali Lengkap dengan Kabupaten dan Kota
0
0

Peta Pulau Bali Lengkap dengan Kabupaten dan Kota

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di antara 34 provinsi di Indonesia, Bali merupakan salah satu pulau yang paling populer di Indonesia. Dalam peta pulau Bali terdapat berbagai Kota dan Kabupaten yang menawarkan pemandangan khasnya masing-masing.

Tak hanya itu saja, beberapa Kota dan Kabupaten di Bali juga menawarkan keindahan pantai yang ciamik dan memanjakan mata. Pulau Dewata ini juga kerap dikenal berkat adat dan budayanya yang masih sangat kuat.

Meski Bali relatif kecil dibandingkan pulau lainnya di Indonesia, namun pulau ini menyimpan banyak sejarah yang perlu dilestarikan. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan Bali sebagai destinasi utama untuk berlibur.

Jika kamu ingin mengenal pulau Bali lebih dalam lagi, berikut ini serba-serbi tentang adat, budaya, sejarah, serta peta pulau Bali lengkap dengan nama Kabupaten dan Kota-nya.

Peta Pulau Bali

peta pulau bali
Source : Tata Ruang Nasional

Seperti telah disinggung di atas, provinsi Bali merupakan sebuah pulau yang relatif kecil. Pulau yang satu ini merupakan pertemuan antara Bali dan Jawa Timur yang terletak di bagian barat berbatasan dengan Selat Bali.

Sementara bagian utara berbatasan dengan laut Bali, bagian timur berbatasan dengan Selat Lombok, dan bagian selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Baca juga: 10+ Gambar Peta Dunia HD Beresolusi Tinggi

Peta Kabupaten dan Kota di Bali

peta pulau bali
Source : Tata Ruang Nasional

Jika kamu ingin mengetahui apa saja nama Kota dan Kabupaten yang terdapat di Bali, simak daftar berikut ini:

Berhubung wilayahnya yang relatif kecil, hanya ada 8 Kabupaten dan 2 Kota saja di Bali hanya sedikit saja. Jika kamu ingin mengetahui lebih lengkapnya tentang peta pulau Bali ini, kamu bisa mengunjungi situs resminya di www.baliprov.go.id.

Sejarah Pulau Bali

Source : Ayana Hotels

Berdasarkan peta pulau Bali di atas, kita bisa melihat bahwa ini terletak di bagian timur pulau Jawa. Pulau yang satu ini juga dikelilingi oleh berbagai pantai yang akan memanjakan mata. Tak heran jika banyak wisatawan lokal yang datang dari Jawa ke pulau Dewata ini.

Selain pulau Bali, wilayah ini juga terdiri dari kepulauan kecil yang letaknya tersebar di sekitarnya. Seperti pulau Nusa Lembongan, pulau Nusa Penida, pulau Serangan dan pulau Nusa Ceningan. Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu dengan Pura sebagai tempat ibadahnya.

Pulau-pulau kecil tersebut juga terkenal sebagai tempat tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan asing yang senang mengunjungi pulau ini, terutama wisatawan Australia dan Jepang.

Pulau ini telah dihuni bangsa dari Austronesia dan Taiwan sekitar tahun 2000 sebelum Masehi dengan cara migrasi lewat Maritime Asia Tenggara. Bahasa dan budaya dari orang Bali berkaitan erat dengan orang-orang dari kepulauan Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Oseania.

Jumlah Penduduk Bali 2018

peta pulau bali
Source : Bisnis Bali

Pulau yang memiliki sebutan sebagai Dewata ini ternyata semakin mengalami lonjakan jumlah penduduk yang sangat signifikan setiap tahunnya. Bahkan menurut data terakhir yang diterima, jumlah penduduk pulau Bali mencapai 4,2 juta jiwa pada 2018 silam.

Tentunya ini bukan jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan populasi Bali beberapa tahun yang lalu. Tidak heran jika jumlah penduduk yang tinggal di pulau Bali dari tahun ke tahun semakin bertambah banyak.

Belum lagi ditambah dengan jumlah bayi yang lahir pada setiap harinya. Program Keluarga Berencana (KB) yang dianjurkan pemerintah juga menjadi pilihan paling tepat untuk menunda laju pertambahan penduduk di pulau ini.

Sama seperti pulau lainnya di Indonesia, Bali juga memiliki budaya, kesenian, tarian, dan alat musik tradisionalnya sendiri. Jika kamu penasaran apa saja adat dan budaya yang ada di pulau Bali, simak ulasan lengkap di bawah ini!

Baca juga: Peta Dunia

Kesenian Tari Bali

Source : Detik Travel

Jika kamu menyukai wisata kesenian yang masih kental dengan budaya keseniannya, nampaknya Bali bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi. Pulau yang satu ini memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri untuk keseniannya.

Salah satu kesenian tari Bali yang cukup populer adalah tari kecak. Bahkan, beberapa tempat wisata seperti Tanah Lot, menyuguhkan tarian ini sebagai pertunjukan untuk menyambut para wisatawan yang datang ke sana.

Selain tari kecak, ada juga berbagai tarian khas Bali yang cukup menarik dan bisa kamu nikmati sebagai pertunjukan. Berikut ini macam-macam tarian tradisional Bali:

Tari Pendet

Awalnya, tari Pendet merupakan jenis tari pemujaan yang banyak dipertunjukkan pada pura Bali. Masyarakat lokal mengartikan tarian ini sebagai lambang penyambutan atas turunnya para dewa ke alam dunia.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, para seniman Bali mengubah tarian Pendet menjadi “ucapan selamat datang” untuk para wisatawan yang datang. Jenis tarian ini dilakukan oleh para gadis dengan pola gerak yang sangat dinamis.

Tari Panji Semirang

Selanjutnya, ada tari Panji Semirang yang menggambarkan pengembaraan dari seorang laki-laki. Tarian yang satu ini diciptakan oleh I Nyoman Kaler sekitar tahun 1942. Menariknya lagi, ada makna khusus yang terdapat di dalam kesenian tari ini.

Pasalnya, ini menceritakan seorang putri raja bernama Galuh Candrakirana yang mengembara dengan menyamar jadi laki-laki dengan nama Raden Panji. Tari Panji Semirang ditarikan oleh perempuan dengan penampilan layaknya laki-laki.

Tari Condong

Jenis tarian ini memiliki durasi yang panjang dab cukup sulit untuk ditiru. Ini merupakan seni tarian klasik Bali dengan gerakan yang sangat kompleks yang menggambarkan abdi raja. Meskipun sangat sulit diperagakan, namun jenis tarian ini paling digemari oleh penikmat seni tari.

Tari Kecak

Seperti yang telah kami bahas di atas, tari kecak merupakan salah satu tarian yang paling populer di pulau Bali. Sama halnya dengan jenis tarian Bali di atas, Kecak juga memiliki cerita yang menarik di balik tariannya.

Pasalnya, tari kecak ini menggambarkan cerita pewayangan khususnya Ramayana. Ini merupakan bentuk kesenian tradisional yang berupa seni drama tari khas dari pulau Bali. Tarian ini di ciptakan oleh seniman Bali Wayan Limbak bersama Walter Spies (pelukis Jerman) pada tahun 1930.

Baca juga: Peta Indonesia

Alat Musik Gamelan Bali

peta pulau bali
Source : LinkAja

Selain seni tari dan pemandangan alam yang mempesona, Bali juga memiliki alat musik tersendiri yaitu gamelan. Sebenarnya, gamelan merupakan salah satu alat musik yang juga dimiliki oleh pulau lainnya di Indonesia, seperti halnya pulau Jawa.

Namun, gamelan asal Bali memiliki perbedaan sendiri jika dibandingkan dengan gamelan daerah lain. Salah satu perbedaan itu adalah ritme pada gamelan Bali dimainkan dengan ritme yang cepat.

Tak hanya gamelan saja, pulau ini juga memiliki alat musik tradisional yang kerap disebut sebagai Rindik. Alah musik tradisional Bali yang satu ini terbuat dari beberapa potongan bambu pilihan.

Sehingga membuat rindik ini tidak mudah pecah serta menghasilkan suara yang bagus. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul memakai alat tabuh secara ganti-gantian hingga menghasilkan suara merdu.

Kebudayaan Upacara Bali

peta pulau bali
Source : Antara News Bali

Meski sebagian besar masyarakat Bali beragama Hindu dan masih menerapkan budaya yang cukup kental, namun ini tidak mempengaruhi masyarakat lain yang bukan pemeluk agama Hindu. Bahkan, mereka bisa hidup secara berdampingan, rukun, saling menghargai dan gotong royong. Berikut ini beberapa jenis upacara yang sering dilakukan oleh masyarakat Bali:

Upacara Pernikahan

Bali memiliki adat pernikahannya sendiri. Adat ini secara turun temurun sudah diwariskan dari jaman nenek moyang mereka. Untuk acara pernikahan ini ada beberapa jenis upacara adat yang memang harus dilewati, yaitu:

  • Upacara Ngekep, ini merupakan upacara persiapan calon pengantin wanita dari masa remaja hingga menjadi istri dan ibu rumah tangga.
  • Mungkah Lawang (Buka Pintu), ini merupakan adat yang dilakukan pengantin pria untuk mengetuk pintu rumah pengantin wanita sebanyak tiga kali.
  • Masegehagung, ini merupakan jenis upacara untuk menyambut kedatangan calon mempelai wanita dari pengantin pria.
  • Madengen-dengen, upacara yang satu ini bertujuan untuk mensucikan diri kedua calon pengantin dari energi negatif.
  • Mewidhi Widana, ini merupakan acara penyempurnaan dari pernikahan adat Bali.
  • Mejauman Ngabe Tipat Bantal, ini merupakan upacara pamitan kepada keluarga pengantin wanita karena telah sah menjadi keluarga besar suaminya.

Semua bentuk upacara pernikahan di atas masih dilestarikan sampai saat ini. Sejak dulu kala, masyarakat pulau Bali memang sudah terkenal sangat taat dan menjunjung tinggi nilai agama yang mereka miliki. Semua itu mereka wujudkan dalam tindak-tanduk serta perilaku sehari-sehari.

Upacara Potong Gigi

Selain upacara pernikahan, Bali juga memiliki upacara potong gigi yang masih kerap dilestarikan hingga kini. Ini merupakan upacara yang wajib dilakukan oleh wanita dan pria yang beranjak dewasa.

Bagi wanita ditandai dengan datangnya menstruasi, sedangkan bagi pria ditandai dengan membesarnya pita suara. Potong gigi ini hanya merapikan (mengikir) enam gigi rahang atas dengan tujuan untuk menghilangkan 6 sifat buruk pada diri seseorang.

Upacara Kematian

Jenis kebudayaan upacara Bali yang terakhir adalah upacara kematian. Masyarakat pulau Bali selalu mengadakan upacara kematian pada saat ada kerabanya meninggal dunia. Upacara kematian ini terkenal dengan nama Ngaben yaitu upacara pembakaran bagi orang yang meninggal dunia.

Tujuan dari upacara Ngaben ini dilakukan untuk mengembalikan roh orang yang meninggal dunia (roh leluhur) kembali ke tempat asalnya.

Baca juga: Peta Sumatera

Penutup

Berbicara tentang Bali rasanya memang tak pernah lekang oleh watu. Berbagai keunikan budaya yang kental, dan suguhan panoramanya yang sangat menakjubkan memang kerap membuat para wisatawan yang datang ingin terus kembali ke pulau ini.

Berkat pulaunya yang indah, Bali sering mendapatkan dipuji oleh dunia, terutama wisatawan Jepang dan Australia. Bali selalu memberikan kesan yang istimewa bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya. Ini tentu menjadi kebanggaan sendiri bagi rakyat Indonesia karena memiliki tempat wisata yang sudah mendunia.

Demikianlah serba-serbi tentang sejarah, kebudayaan, serta peta pulau Bali yang harus kamu ketahui. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen The Spring Residences dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download