BlogLifestyleEdukasi10+ Gambar Peta Dunia HD Terbaru Hingga yang Paling Kuno
0
0

10+ Gambar Peta Dunia HD Terbaru Hingga yang Paling Kuno

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 23, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Melalui gambar peta dunia HD dengan resolusi yang tinggi mampu memberikan gambaran lebih jelas terkait wilayah yang ada di dunia. Pemakaian peta sendiri sudah ada sejak beberapa abad yang lalu dan masih digunakan hingga kini, dilansir dari projectekno.com.

Setiap wilayah di bumi memiliki karakteristiknya tersendiri, seperti beberapa hunian di berbagai tempat. Salah satu contohnya Perumahan di Kota Tangerang yaitu Bali Resort Tangerang dengan suasana alam yang sejuk.Melalui Pinhome kamu bahkan dapat memperoleh rumah dijual di Jagakarsa hingga rumah bekas di Kab Mojokerto. Kamu juga bisa menemukan hunian terbaik di Rumah Ekslusif dari Pinhome.

Apa itu Peta Dunia?

Dalam dunia geografi, memahami bagian-bagian wilayah di bumi bisa dilihat berdasarkan gambar peta dunia. Peta dunia sendiri adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi secara keseluruhan sehingga dapat dilihat secara umum dan dipakai dalam berbagai proyeksi peta. Jenisnya bisa berupa peta politik maupun fisik.

Tujuan dibuatnya peta politik adalah menunjukkan batas teritorial, sementara peta fisik digunakan untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah termasuk penggunaannya. Dari peta dunia bisa menunjukkan penampakan alam dan buatan manusia.

Selain peta dunia yang terbaru, kamu juga bisa menemukan beberapa peta dunia kuno yang telah dibuat sejak zaman dahulu. Peta dunia HD yang kuno bisa Pins gunakan juga untuk mempelajari sejarah. Berikut 10+ gambar peta dunia yang disediakan!

1. Peta Dunia HD Terbaru

Source : Tata Ruang

Peta yang pertama adalah peta dunia terbaru dengan gambar HD. Pins bisa menemukan banyak hal di dalamnya terkait beberapa bagian di dunia, mulai dari benua Afrika, Amerika, hingga Asia, terlihat jelas. Selain itu, kamu bisa menemukan detail kontur di dalam peta ini

Baca juga: Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

2. Peta Dunia Globe

Peta Dunia Globe
Source : Reference-guides.com

Dalam bentuk Globe, Pins bisa menemukan hal yang sama dengan atlas atau peta dunia seperti gambar sebelumnya. Kamu bisa menemukan berbagai detail di dalamnya termasuk samudera, kutub hingga batas negara.

3. Peta Dunia Resolusi Tinggi

Source : iStockphoto

Ingin Mendapatkan Peta dunia beresolusi tinggi? kamu bisa mencoba untuk melihat gambar di atas dengan detail warna yang lebih lengkap.

4. Peta Benua di dunia

Source : Grid.id

Peta benua dunia tentu akan berbeda dengan peta pada umumnya. Kamu akan menemukan banyak sekali benua yang tersebar di berbagai dunia. Mulai dari benua Asia, Amerika, Antartika, dan lain sebagainya.

5. Peta Buta Dunia Berwarna

Peta Buta Dunia Berwarna
Source : MDPI.com

Ingin mendapatkan peta tanpa keterangan di dalamnya? Pins bisa mendownload atau melihat gambar peta buta di atas. Di dalamnya tidak terdapat detail yang lengkap.

6. Peta Buta Dunia Hitam Putih

Peta Buta Dunia Hitam Putih
Source : MDPI.com

Peta buta tidak hanya terdiri dari gambar peta yang berwarna saja. Kamu juga bisa menemukan peta buta dengan gambar yang hitam putih berikut ini.

7. Peta Negara di Dunia

Peta Negara di Dunia
Source : Mapsofworld.com

Peta negara memiliki gambaran lengkap terkait beberapa negara yang terdapat di berbagai benua. Kamu bisa menemukan banyak sekali negara di dalamnya dengan berbagai benua.

8. Peta Dunia Datar

Peta Dunia Datar
Source : Buffalo Electrotype and Engraving co.

Peta dunia datar ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk melihat berbagai detail dunia. Kamu bisa melihat dengan detail apa saja yang ada di dalamnya.

9. Peta Dunia Hitam Putih

Peta Dunia Hitam Putih
Source : Mapsoftheworld.com

Peta dunia hitam putih dengan detail di dalamnya juga bisa Pins jadikan referensi untuk bahan belajar. Kamu bisa melihat gambar selengkapnya di atas.

10. Peta Kuno

imajinasi bagaimana bentuk daratan, lautan, pegunungan dan semua yang ada di bumi ini yang ditumpahkan dalam gambar peta kuno.

Seorang peneliti dan penulis berkebangsaan Inggris telah menghabiskan waktu 2 tahun hanya untuk mengumpulkan peta dunia kuno dan antik. Dalam bukunya yang berjudul The Golden Atlas: The Greatest Explorations, Quests and Discoveries on Maps ia menggambarkan peta dunia yang saat ini jarang diketahui orang pada umumnya.

Peta dunia kuno versi aslinya laku dijual hingga jutaan dolar AS atau dalam rupiah puluhan miliar. Harga ini berbanding lurus dengan langkanya peta dunia kuno. Di bawah ini adalah 5 macam peta kuno yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

Baca juga: Sejarah Singkat Kerajaan Mataram Kuno

Peta Tahun 1375

Peta Dunia Tahun 1375
Source : Wikimedia.org

Peta ini menunjukkan batas wilayah kerajaan yang tersebar di dunia khususnya wilayah eropa. Setiap wilayah memiliki simbol hewan dan negara serta perairan di dunia.

Peta Tahun 1550

Peta Tahun 1550
Source : Wikipedia.org

Peta ini lebih lengkap dengan menampilkan penampakan alam wilayah tersebut. Gambaran datarannya diilustrasikan lebih mendetail.

Peta Tahun 1580

Peta Tahun 1580
Source : Huffpost.com

Peta kuno satu ini menunjukkan gambaran wilayah binatang di dataran. Tujuannya untuk mengetahui teritorial binatang buas.

Peta Tahun 1783

Peta Tahun 1783
Source : Wikipedia.org

Gambaran wilayah di dunia semakin jelas ditunjukan lewat peta 1783 di atas. Hampir seluruh negara sudah digambarkan dengan jelas termasuk kawasan perairan.

Peta Fra Mauro

Peta Fra Mauro
Source : Society6

Peta ini juga menunjukkan jalur perairan yang biasa digunakan. Batas wilayah daratan menggunakan warna berbeda agar mudah diidentifikasi.

Garis Bujur dan Garis Lintang

Source : Kafe Astronomi

Tentunya tidak asing lagi ditelinga Pins, sejak sekolah dasar sudah dikenalkan oleh guru tentang letak astronomi. Garis bujur dan lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk membagi peta bumi secara tegak lurus antara utara ke selatan dan timur ke barat. Berikut selengkapnya!

1. Garis Bujur

Garis bujur adalah garis khayal yang membagi bumi dari utara ke selatan, biasa disebut juga garis meridian. Fungsi garis bujur adalah sebagai penentu waktu dan penanggalan. Garis bujur 0 derajat berada di Greenwich, Inggris yang menjadi patokan awal perhitungan waktu internasional (GMT, Greenwich Mean Time). Garis bujur dibagi menjadi dua, yaitu: bujur timur (BT) dan bujur barat (BB). Baik bujur timur maupun barat membentang antara 0 sampai 180 derajat.  

2. Garis Lintang

Garis lintang adalah garis khayal yang melintang dari timur ke barat barat. Fungsi dari garis lintang adalah membagi bumi menjadi belahan utara dan belahan selatan. Garis lintang 0 derajat disebut juga garis ekuator/garis lini, dan di Indonesia disebut garis khatulistiwa. Garis lintang utara (LU) berada di sisi ekuator dan lintang selatan (LS) berada di sisi selatan.

Di peta dunia terdapat garis lintang istimewa, antara lain: 0 derajat, 23½ derajat, 66½ derajat, dan 90 derajat.

  • 0 derajat adalah garis ekuator
  • 23½ derajat disebut sebagai garis balik yang merupakan garis batas peredaran semu matahari
  • 66½ derajat disebut garis lingkar kutub dan 90 derajat merupakan titik kutub.

Garis lintang juga digunakan sebagai patokan perbedaan iklim di bumi, yaitu:

  • 0 – 23½ derajat adalah iklim tropis
  • 23½ – 66½ derajat merupakan iklim sub tropis
  • 66½ – 90 derajat beriklim kutub.

Wilayah beriklim tropis dibagi menjadi 2 musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Wilayah subtropis memiliki 4 musim, yaitu musim panas, gugur, dingin, dan semi. Sedangkan iklim kutub hanya ada musim dingin, satu siang dan satu malam selama setahun. Pergantian siang dan malam terjadi setiap 6 bulan sekali.

Itulah beberapa gambar peta dunia HD yang bisa Pins jadikan sebagai acuan untuk bahan pembelajaran. Bagaimana Pins, sudah menemukan peta yang dicari?

Baca juga: Sejarah Permainan Catur dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Featured image source: pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen Nuansa Pondok Kelapa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download