BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPABegini 4 Cara Menghapus Blacklist BI Checking
0
0

Begini 4 Cara Menghapus Blacklist BI Checking

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Supaya dapat menghindari penolakan pengajuan kredit di bank maupun lembaga finansial lainnya, kamu perlu menghapus blacklist BI Checking atau melakukan pemutihan. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghapus blacklist BI Checking. 

Bukan tanpa alasan, BI Checking menjadi salah satu syarat yang wajib kamu penuhi saat hendak melakukan pengajuan kredit termasuk Pengajuan KPR ke lembaga pembiayaan. Melalui fitur pencarian Pinhome, temukan banyak pilihan properti dekat Transmart Jogja, kontrakan Blimbing Malang, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence.

Baca juga: Ini Dia Cara Melihat Dan Membersihkan BI Checking

Apa Itu BI Checking?

Source : LandX

Sebelum masuk pada cara menghapus blacklist BI Checking, kamu perlu mengetahui dulu apa sebenarnya BI Checking itu. Ini adalah Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang merekam lancar atau tidaknya pembayaran angsuran atau kolektibilitas.

Sebelumnya, BI Checking menjadi salah satu bentuk layanan informasi histori kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SiD). Melalui SID, bank dan lembaga pembiayaan lain dapat saling menukar informasi yang berkaitan dengan histori kredit dari nasabah.

Sekarang SID telah berubah nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. Dalam SLIK, layanan informasi histori kredit setiap nasabah dari bank atau lembaga finansial lain disebut dengan layanan informasi debitur atau iDeb. 

Dengan adanya iDeb, semua bank maupun lembaga finansial akan memiliki akses data pemberi pinjaman dan wajib untuk melaporkan data tersebut dalam SID. Selanjutnya, kreditur akan mendapatkan skor sesuai dengan histori kredit yang pernah dilakukan, mulai dari angka 1-5.

Alasan Penyebab Seseorang Masuk Blacklist BI Checking

Cara Menghapus Blacklist BI Checking

Nilai 3 pada BI Checking menunjukkan bahwa nasabah pernah memiliki cicilan tertunggak alias kredit macet. Tentu saja, hal ini dapat menyulitkan apabila kamu nantinya ingin kembali mengajukan kredit.

Meski demikian, nilai yang rendah pada BI Checking dapat kamu hilangkan. Berikut cara menghapus blacklist BI Checking atau memiliki sebutan lain pemutihan BI Checking: 

1. Segera Melunasi Kredit yang Menunggak

Source : Finansial Bisnis

Cara pertama ini wajib kamu lakukan. Sebab, nilai BI Checking yang rendah akan membuat kamu lebih sulit ketika hendak mengajukan kredit baru di bank atau lembaga pembiayaan mana saja. Bahkan, angka yang rendah membuat pengajuan kredit kamu tidak bisa mendapat persetujuan. 

2. Memantau BI Checking Berkala

Source : Kibrispdr

Cara menghapus blacklist BI Checking berikutnya adalah melakukan pengecekan secara berkala pada SLIK. Setelah kamu selesai melunasi semua cicilan yang menunggak, kamu bisa memperhatikan apakah nilai Bi Checking kamu mengalami perubahan. Apabila belum, kamu bisa mengajukan keluhan ke lembaga keuangan atau pembiayaan tempat kamu mengajukan kredit. 

3. Membuat Surat Pernyataan Klarifikasi

Source : Suara.com

Cara yang ketiga adalah membuat surat klarifikasi dari bank tempat kamu melakukan kredit. Selanjutnya, informasikan pada OJK kalau kamu sudah menyelesaikan semua kewajiban utang. Setelahnya, kamu hanya perlu menunggu hingga pihak Bank Indonesia menyatakan bahwa riwayat BI Checking kamu bersih sepenuhnya.

4. Ajukan Permohonan Penghapusan Nama dari Blacklist BI Checking

Source : Pexels

Periksa alasan masuk daftar blacklist BI Checking kemudian penuhi syarat yang diajukan. Ajukan permohonan penghapusan nama dari daftar Blacklist BI Checking.

Isi formulir permohonan dan melampirkan dokumen yang diperlukan. Setelah itu, kirimkan permohonan tersebut ke Bank Indonesia atau ke Biro Informasi Kredit (BIK).

Baca juga: Mudah dan Gratis! Ini Cara Cek BI Checking Secara Online

Dokumen Untuk Menghapus Blacklist BI Checking

Source : Pexels

Ada beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk menghapus nama kamu dari daftar hitam BI Checking. Adapun persyaratan yang dibutuhkan antara lain ialah:

  • Salinan identitas diri seperti KTP
  • Salinan bukti pembayaran pinjaman online yang belum lunas (jika ada)
  • Salinan bukti pembayaran cicilan kredit (jika ada)
  • Salinan NPWP (jika ada)
  • Salinan bukti pembayaran tagihan kartu kredit (jika ada)

Baca juga: Cara Cek BI Checking Via Hp

Tips Supaya Tidak Masuk Daftar Hitam BI

Sebenarnya, cara menghapus blacklist BI Checking tidak sulit dilakukan. Sebab, kamu hanya perlu membayar semua kredit yang macet alias menunggak. Supaya kamu tidak masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini. 

1. Mengajukan Kredit Sesuai Kemampuan

Source : CIMB Niaga

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan sebelum mengajukan kredit adalah mengetahui batas kemampuan. Hal ini memiliki kaitan dengan kondisi finansial kamu.

Sebaiknya, hindari untuk mengambil agunan yang memiliki nilai lebih besar dari 40% penghasilan bulanan kamu. Sebab, sudah pasti kamu akan mengalami kesulitan untuk membayar cicilan bulanannya.

Alhasil, bukan tidak mungkin kamu akan memiliki cicilan tertunggak alias kredit macet yang membuat angka BI Checking kamu rendah. Meski kamu sudah melunasi agunan, riwayat kredit macet juga dapat menjadi kendala saat kamu hendak mengajukan kredit baru. 

2. Jangan Menumpuk Hutang Baru

Source : MoneyDuck

Tips berikutnya adalah menyelesaikan satu kredit dahulu sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan kredit baru pada bank. Misalnya, kamu sedang memiliki tanggungan kredit kendaraan roda empat dan ingin mengajukan kredit untuk membeli rumah. 

Sudah pasti, apabila besar cicilan dua kredit tersebut lebih dari setengah pendapatan kamu setiap bulannya, bank tidak akan memberi persetujuan dan meminta kamu menyelesaikan kredit kendaraan terlebih dahulu.

Apalagi jika kamu memiliki bentuk cicilan lain seperti KTA dengan kartu kredit. Meski terlihat sepele, kepemilikan kartu kredit juga tidak lepas dari pertimbangan bank saat hendak memberikan pinjaman.

3. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Source : DBS Bank

Selanjutnya, pastikan kamu selalu melakukan pelunasan atau pembayaran kredit tepat pada waktunya. Lebih baik lagi jika kamu membayar sebelum waktu jatuh tempo. Pasalnya, apabila kamu terlambat atau bahkan lupa melakukan pembayaran kredit, kamu wajib membayar denda keterlambatan angsuran. 

Sudah tentu, ini akan membuat nominal kredit yang harus kamu bayarkan jadi lebih besar. Selain itu, terlambat melakukan pembayaran kredit juga memberikan dampak pada nilai BI Checking kamu. Semakin sering kamu terlambat membayar, maka nilai yang kamu dapat akan semakin rendah.

Demikian tadi informasi tentang cara menghapus blacklist BI Checking yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu tidak punya kredit yang menunggak, ya, Pins!

Baca juga: Blacklist BI Checking Berapa Lama Ya? Yuk Simak!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan The Mutiara Lagoon dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download