BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPABegini Cara Mengubah Tenor KPR Melalui dengan Restrukturisasi Kredit
0
0

Begini Cara Mengubah Tenor KPR Melalui dengan Restrukturisasi Kredit

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 8, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ketika Kamu mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR), mungkin ada saat di mana Kamu ingin mengubah tenor KPR tersebut. Ada berbagai alasan mengapa seseorang mungkin ingin melakukan perubahan ini. Misalnya, ada perubahan dalam situasi keuangan Kamu, ingin menyesuaikan angsuran dengan kemampuan baru, atau berusaha untuk mengurangi beban bulanan. Salah satu cara untuk mengubah tenor KPR adalah melalui restrukturisasi kredit. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan cara mengubah tenor KPR melalui dengan restrukturisasi kredit.

Kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga:

Apa Itu Restrukturisasi Kredit ?

Source : Pixabay

Restrukturisasi kredit adalah proses di mana pihak pemberi pinjaman dan peminjam melakukan perubahan terhadap syarat-syarat utama dari pinjaman yang telah disepakati sebelumnya. Ini bisa melibatkan perubahan suku bunga, periode pembayaran, jumlah angsuran, atau bahkan tenor pinjaman. Hal ini telah tercantum dalam Peraturan OJK No. 11/PJOK.03/2015 Pasal 1 Ayat 1.

Syarat Pengajuan Restrukturisasi Kredit

Walaupun terlihat mudah, faktanya adalah pengajuan restrukturisasi tenor KPR rumah tidak dapat dilakukan sembarangan. Pastinya, cara restrukturisasi KPR BTN dan restrukturisasi KPR BNI akan berbeda. Akan tetapi, setidaknya terdapat beberapa syarat utama yang kurang lebih akan sama agar nasabah bisa mendapatkan fasilitas yang satu ini:

  • Nasabah mengalami kesulitan membayar cicilan pembayaran pokok dan/atau bunga kredit.
  • Nasabah mempunyai prospek usaha yang baik dan diperkirakan dapat memenuhi kewajiban setelah kredit direstrukturisasi.
  • Nasabah bersikap kooperatif
  • Nasabah dapat menunjukkan itikad baik misalnya memiliki cara untuk melunasi utang.

Selain itu, terdapat beberapa dat dan dokumen yang diperlukan sebagai syarat administrasi untuk melakukan restrukturisasi kredit, di antaranya:

  • Menigisi formulir surat permohonan restrukturisasi
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi rekening (giro/tabungan)

Cara Mengubah Tenor KPR Melalui Restrukturisasi Kredit

Source : Pixabay

Mengubah tenor Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan keputusan yang penting dalam mengelola keuangan Kamu. Restrukturisasi kredit bisa menjadi solusi ketika Kamu ingin menyesuaikan tenor KPR dengan situasi keuangan yang berubah. Berikut adalah langkah-langkah terperinci untuk melakukan restrukturisasi KPR:

1. Komunikasi dengan Pihak Bank atau Lembaga Keuangan

Cara mengubah tenor KPR yang pertama adalah berkomunikasi dengan pihak bank atau lembaga keuangan yang memberikan KPR Kamu. Jadwalkan pertemuan atau hubungi mereka untuk membahas niat Kamu untuk mengubah tenor KPR.

Jelaskan dengan jelas alasan di balik keinginan restrukturisasi, apakah itu untuk mengurangi beban bulanan, memperpanjang tenor, atau tujuan keuangan lainnya. Dalam diskusi ini, pastikan untuk memahami kebijakan bank terkait restrukturisasi kredit dan apa saja persyaratan yang mereka butuhkan dari Kamu.

2. Evaluasi Kondisi Keuangan Kamu

Source : Pixabay

Sebelum mengajukan permohonan restrukturisasi, penting untuk mengevaluasi kondisi keuangan Kamu. Tinjau ulang pendapatan, pengeluaran, aset, dan utang lainnya. Ini akan membantu Kamu memiliki pemahaman yang jelas tentang kemampuan finansial Kamu dan membantu pihak bank dalam menilai permohonan restrukturisasi Kamu.

3. Ajukan Permohonan Resmi untuk Restrukturisasi Kredit

Cara mengubah tenor KPR yang berikutnya yaitu mengajukan permohonan resmi untuk restrukturisasi kredit. Berdasarkan evaluasi keuangan Kamu, buatlah permohonan restrukturisasi kredit yang resmi kepada pihak bank. Pastikan untuk melampirkan dokumen-dokumen yang mendukung seperti laporan keuangan terbaru, slip gaji, dan informasi lain yang diminta oleh bank.

4. Tunggu Proses Evaluasi dari Pihak Bank

Setelah mengajukan permohonan, pihak bank akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi keuangan Kamu. Proses ini melibatkan peninjauan dokumen, analisis keuangan, dan pertimbangan atas risiko yang terkait dengan perubahan yang diminta. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa minggu.

5. Tinjau Kembali Ketentuan yang Diajukan oleh Bank

Jika permohonan Kamu disetujui, pihak bank akan memberikan penawaran baru berupa perubahan tenor KPR beserta syarat-syaratnya. Teliti dengan seksama semua perubahan yang diusulkan, seperti suku bunga, jumlah angsuran, dan periode pembayaran baru. Pastikan Kamu memahami implikasi dari perubahan ini terhadap keuangan Kamu.

6. Tandatangani Perjanjian Baru

Source : Pixabay

Setelah menyetujui syarat-syarat yang diajukan oleh bank, tandatangani perjanjian baru yang mencakup restrukturisasi kredit. Pastikan untuk membaca dengan teliti setiap klausa dan butir perjanjian. Jika ada hal yang tidak jelas, mintalah penjelasan lebih lanjut sebelum menandatanganinya.

7. Pantau Perubahan dan Pelunasan Kredit

Setelah restrukturisasi dilakukan, awasi secara cermat perubahan yang terjadi pada KPR Kamu. Pastikan bahwa pembayaran dilakukan sesuai dengan kesepakatan baru. Jika ada kesulitan atau perubahan situasi keuangan lainnya, segera komunikasikan dengan pihak bank untuk mencari solusi yang sesuai.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Mengubah Tenor KPR?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin mengubah tenor KPR melalui restrukturisasi kredit:

·       Penyesuaian keuangan: Situasi keuangan bisa berubah sejak Kamu mengambil KPR. Mungkin Kamu sekarang memiliki penghasilan yang lebih besar dan ingin membayar lebih cepat atau sebaliknya, Kamu membutuhkan periode pembayaran yang lebih panjang untuk mengurangi beban bulanan.

·       Mengurangi Beban Bulanan: Dalam beberapa kasus, mengubah tenor KPR bisa membantu mengurangi beban bulanan yang terlalu berat, memberikan kelonggaran keuangan yang dibutuhkan.

·       Perubahan dalam Tujuan Finansial: Tujuan finansial Kamu bisa berubah dari saat Kamu mengambil KPR. Mungkin Kamu ingin fokus pada investasi atau pengeluaran lainnya, sehingga ingin mengurangi jumlah uang yang dibayarkan setiap bulannya untuk KPR.

Itu dia beberapa cara mengubah tenor KPR melalui restrukturisasi kredit. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download