BlogPemilik PropertiDesain HunianMau Buka Usaha Car Wash? Simak 10 Desain Tempat Cuci Mobil Sederhana Ini!
0
0

Mau Buka Usaha Car Wash? Simak 10 Desain Tempat Cuci Mobil Sederhana Ini!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 6, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tempat cuci mobil adalah sebuah tempat yang didesain khusus untuk mencuci kendaraan roda empat,atau mobil. Cucian mobil mempunyai berbagai jenis desain dan tipe, mulai dari yang sederhana sampai mewah. Pada artikel kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa desain tempat cuci mobil sederhana namun tetap menarik di mata pengunjung.

Pins bisa menyimak artikel ini sampai selesai untuk menemukan inspirasi dalam membuka usaha cuci mobil. Tempat cuci mobil sendiri sangat bermanfaat bagi pemiliki mobil guna menjaga kebersihan dan keindahan mobil mereka. Dengan mencuci mobil di tempat yang tepat, maka mobil dapat terlihat lebih fresh, bersih, dan terawat. Hal inilah yang membuat tempat cuci mobil juga dapat menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan.

Terlepas dari kebutuhan untuk desain tempat cuci mobil sederhana, Pins bisa memulai pencarian hunian impian di aplikasi Pinhome.Aplikasi ini punya fitur Pengajuan KPR ataupun PinValue yang memberikan informasi harga rumah bekas di Kab Bekasi Selatan hingga rumah di Jagakarsa. Ataupun hunian dekat Mall Lampung untuk mengoptimalkan pengembangan bisnis.

Baca juga: 

Desain Tempat Cuci Mobil Sederhana

Ketika ingin memulai bisnis cuci mobil, ada banyak persiapan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah desain tempat cucinya. Nah, Pins tak perlu khawatir karena Pinhome telah merangkum beberapa desain tempat cuci mobil sederhana yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Desain Tempat Cuci Mobil dengan Sistem Jet Cuci

desain tempat cuci mobil sederhana
Source : Freepik

Desain tempat cuci mobil sederhana dengan sistem jet cuci adalah salah satu desain yang modern dan canggih. Sistem jet cuci menggunakan teknologi air bertekanan tinggi yang dapat membersihkan mobil dari segala kotoran dengan efektif dan cepat.

Kelebihan dari desain tempat cuci mobil dengan sistem jet cuci yaitu kemampuannya dalam membersihkan mobil dengan sangat efektif, cepat, dan menyeluruh. Tidak hanya itu, proses pencucian menggunakan air yang memiliki tekanan tinggi ini juga bisa mengurangi risiko goresan pada mobil.

Untuk menggunakan tempat cuci mobil dengan sistem seperti ini, pemilik mobil tinggal memilih layanan yang diinginkan. Lalu, mobil akan diletakkan di area yang sudah disediakan dan proses pencucian pun akan dilakukan oleh petugas menggunakan peralatan jet cuci yang modern.

Biaya yang akan dikenakan untuk menggunakan tempat cuci mobil dengan sistem jet cuci ini pun bervariasi mulai dari fasilitas dan teknologi yang digunakan. Harga yang biasanya dikenakan adalah sekitar Rp50.000 -Rp300.000 per mobil.

Baca juga:

2. Desain Tempat Cuci Mobil Sederhana dengan Area Penyimpanan

desain tempat cuci mobil sederhana
Source : Aspera

Desain tempat cuci mobil dengan area penyimpanan adalah salah satu desain yang sangat digemari oleh para pemilik mobil. Desain satu ini menawarkan kelebihan dalam menyediakan area khusus untuk menyimpan mobil dengan lebih aman setelah proses pencucian usai.

Kelebihan dari desain tempat cuci mobil dengan area penyimpanan yaitu memberikan kemudahan bagi para pemilik mobil dalam menyimpan mobil sehabis dicuci. Dengan terdapatnya area penyimpanan yang aman, pemilik mobil tidak usah khawatir tentang keamanan mobil setelah melakukan proses pencucian.

Cara pemakaian tempat cuci mobil dengan area penyimpanan hampir sama dengan desain tempat cuci mobil lainnya. Setelah mobil dibersihkan, pemilik mobil hanya perlu memarkirkannya pada area penyimpanan yang ada. Mobil akan diamankan di dalam ruangan yang aman sehingga pemilik mobil dapat menjemputnya kapan pun.

Biaya yang dikenakan untuk menggunakan tempat cuci mobil dengan area penyimpanan bervariasi tergantung dari fasilitas yang disediakan. Harga yang biasanya dikenakan yaitu sekitar Rp50.000 – Rp150.000 per mobil.

Baca juga: Ini Dia, Solusi Cuci Mobil Tanpa Air Waterless Dari Pinhome!

3. Desain Tempat Cuci Mobil dengan Teknologi Otomatis

desain tempat cuci mobil sederhana
Source : Pixabay

Desain yang satu ini adalah salah satu desain yang sangat modern dan simple. Sistem teknologi otomatis memungkinkan mobil untuk dibersihkan tanpa perlu campur tangan manusia. Kelebihan dari desain ini yaitu kemudahan dan kenyamanan dalam mencuci mobil.

Pemilik mobil tinggal memilih jenis layanan yang ingin digunakan dan mobil akan otomatis melewati proses pencucian yang telah diprogram. Prosedur pencucian dilakukan secara otomatis dan hasilnya pun akan sangat rapi dan bersih.

Biaya yang akan dikenakan untuk menggunakan jasa tempat cuci mobil dengan teknologi otomatis juga bervariasi tergantung dari fasilitas dan teknologi yang digunakan. Harga yang biasanya dikenakan yaitu sekitar Rp50.000-Rp200.000 per mobil.

Baca juga: 6 Alat Cuci Mobil Terbaik Rumahan yang Super Berguna

4. Desain Tempat Cuci Mobil Sederhan dengan Area Cuci Terbuka

desain tempat cuci mobil sederhana
Source : Behance

Desain yang satu ini adalah salah satu desain yang paling sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Desain ini memberikan kesan yang luas dan memungkinkan mobil untuk dicuci dengan jumlah yang banyak. Area cuci terbuka juga akan memberikan kesan yang lebih tidak sesak dan segar.

Kelebihan dari desain satu ini yaitu bisa menampung banyak mobil dalam satu waktu dan memberikan kesan yang terbuka. Akan tetapi, kekurangan dari desain ini yaitu sangat rentan terhadap cuaca ekstrem seperti panas matahari yang berlebihan dan hujan.

Cara pemakaian tempat cuci mobil dengan area cuci terbuka adalah dengan memarkirkan mobil di area yang sudah disediakan. Lalu, pemilik mobil dapat memilih layanan yang diinginkan, seperti membersihkan body mobil, mencuci kaca, atau mencuci mesin mobil. Sehabis itu, mobil akan dicuci oleh petugas dan pemilik dapat menunggu pada area yang terbuka atau di ruang tunggu yang sudah disediakan.

Harga dari tempat cuci mobil dengan area cuci terbuka bervariasi tergantung dengan fasilitas yang disediakan. Harga yang biasanya dikenakan yaitu sekitar Rp35.000-Rp150.000 per mobil.

Baca juga: Ini Dia Ukuran Carport Ideal untuk 1 Mobil atau 2 Mobil

5. Desain Tempat Cuci Mobil Sederhana dengan Area Cuci Tertutup

desain tempat cuci mobil sederhana
Source : Dibo

Desain tempat cuci mobil dengan area cuci tertutup juga adalah salah satu desain yang populer di kalangan masyarakat. Desain satu ini menawarkan kelebihan dalam memberikan perlindungan lebih kepada mobil dari cuaca ekstrem seperti sinar matahari yang terik dan hujan deras.

Selain itu, desain ini juga memberikan keamanan dan perlindungan ekstra kepada mobil. Bahkan, pada saat cuaca sedang tidak bersahabat, mobil bisa tetap dicuci dengan nyaman pada area yang tertutup. Akan tetapi, kekurangan dari desain ini yaitu terbatasnya jumlah mobil yang dapat dicuci dalam satu waktu.

Cara pemakaian tempat cuci mobil dengan desain ini hampir sama dengan desain area cuci terbuka. Tetapi, terdapat sedikit perbedaan yaitu mobil akan diparkirkan di dalam area yang tertutup. Sehabis itu, pemilik mobil dapat memilih layanan yang ingin digunakan dan mobil akan diberikan perlindungan ekstra pada saat proses pencucian.

Biaya yang biasa dikenakan cukup bervariasi. Harga yang umumnya dikenakan yaitu sekitar Rp50.000-Rp200.000 per mobil.

Baca juga: 12 Mobil Bekas Dibawah 80 Juta dengan Body Menarik

6. Car Wash dan Cafe

Source : Sylmi.design

Desain lain yang dapat Pins pertimbangkan adalah mengombinasikan tempat cuci mobil dan cafe. Kedua usaha ini bisa berjalan beriringan. Kamu bisa menargetkan pelanggan car wash untuk belanja makanan dan minuman di cafe, ataupun sebaliknya.

Pangsa pasar jenis cucian mobil ini cukup luas yakni para pemilik mobil yang hobi hangout dan tidak masalah untuk mengeluarkan biaya lebih. Untuk harga layanan cuci mobil bisa Pins sesuaikan dengan teknologi ataupun cara pencucian yang digunakan. Semakin canggih teknologinya, maka semakin mahal pula tarif cuci mobil.

Baca juga: Mengapa Orang Lebih Memilih Punya Mobil Tapi Tidak Punya Rumah?

7. Tempat Cuci Mobil Serve Self dengan Parkiran

desain tempat cuci mobil sederhana
Source : Mindful Design Consulting

Desain lain yang dapat kamu pertimbangkan adalalh tempat cuci mobil serve self dengan area parkir memadai. Untuk desain ini, kamu butuh lahan yang cukup atau setidaknya tidak terlalu sempit. Keberadaan tempat parkir ini untuk membuat antrian lebih terorganisir.

Mengingat konsel tempat cuci mobilnya adalah self serve, maka kehadiran petugas tidak terlalu diperlukan sehingga kamu perlu membuat aturan dan penempatan desain sedemikian rupa untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 15 Desain Garasi Mobil Rumah Kecil

8. Tempat Cuci Mobil dengan Kanopi

Source : ShadeSailsHouston

Jika Pins memiliki bujet sangat terbatas, maka desain sederhana ini dapat kamu aplikasikan. Tempat cuci mobil dengan tutup kanopi bagian atas. Desain tempat ini cocok untuk cuci mobil manual maupun menggunakan stream jet.

Kamu juga bisa menggabungkan konsep ini dengan bengkel sehingga kanopi diletakkan tepat di samping atau depan bengkel. Kelebihannya, kamu mungkin lebih mudah mendapat pelanggan karena kedua usaha saling terkait.

Baca juga: 5 Contoh Garasi Mobil di Luar Rumah yang Aman

9. Car Wash Semi Terbuka

Source : Mapa Cleaning Technologies

Ide desain lainnya adalah membuat tempat cuci mobil semi terbuka. Pins bisa bermain di bagian atap dan samping bangunan. Konsep ini memudahkan pengawasan oleh pemilik mobil maupun pemilik usaha.

Konsep semi terbuka juga memudahkan residu air dan sabun untuk mengalir ke saluran pembuangan. Sirkulasi udara dan cahaya juga berjalan dengan baik melalui konsep ini.

Baca juga: Berapa Daya Listrik Rumah untuk Mobil Listrik Bisa Dicharge dengan Aman?

10. Car Wash dengan Eating Corner

Source : WikiHow

Menunggu mobil untuk selesai dicuci mungkin cukup melelahkan dan membosankan bagi sebagian orang. Belum lagi jika terjadi antrian. Oleh karena itu, Pins perlu peka dengan menyediakan eating corner. Akan lebih baik jika pihak pemilik bisnis menyediakan snack dan minuman gratis.

Selebihnya, kamu juga bisa menjual camilan tambahan untuk melengkapi kebutuhan pelanggan saat menghabiskan waktu dalam menunggu mobil selesai dicuci. Jangan lewatkan untuk memasang WiFi agar pelanggan lebih nyaman.

Itu dia beberapa ide desain tempat cuci mobil sederhana. Pins bisa mempertimbangkan opsi mana saja atau mungkin memodifikasinya sesuai kebutuhan. Ingat, dalam membangun usaha tidak hanya soal dana yang dipertimbangkan. Pastikan lokasi untuk membuka tempat cuci mobil kamu punya potensi bagus agar hasilnya optimal. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download