BlogPropertiWah! Harga Kos-kosan IKN Sampai 55 Juta/Tahun, Apakah Benar?
0
0

Wah! Harga Kos-kosan IKN Sampai 55 Juta/Tahun, Apakah Benar?

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 3, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, sudah tahu belum belakangan ini lagi ramai di media sosial perbincangan dan diskusi yang membahas tentang tingginya biaya hidup di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara? Terlebih lagi bahasan mengenai harga sewa hunian. Contohnya saja, harga kos-kosan di sekitar IKN tersebut mencapai Rp 55 Juta per tahunnya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah berapa biaya sewa yang bisa dianggap wajar untuk wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara?

Menurut Associate Director Research & Consultancy Services PT Leads Property Indonesia, Martin Hutapea, mengatakan bahwa seharusnya harga dari sewa hunian di wilayah sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengikuti standar dari daerah sekitarnya seperti Balikpapan yang harga kos-kosan pada umumnya sekitar Rp 1-2 juta per bulan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Harga Sewa yang Tidak Mencerminkan Standar

Source : Pixabay

Adanya perbedaan yang jauh melambung yang mana harga sewa seharusnya mencerminkan kenyataan ekonomi dan standar biaya hidup di suatu daerah yang mana tidak sesuai harga Rp 55 Juta untuk sebuah sewa hunian. Oleh karenanya, sangat direkomendasikan harga kos-kosan di IKN Nusantara lebih realistis dan sesuai dengan standar yang ada di sekitar wilayah tersebut agar terdapat kestabilan perekonomian dan biaya hidup yang terjangkau untuk masyarakat.

Kualitas Hunian Berpengaruh pada Biaya Sewa

Berdasarkan informasi yang telah beredar, dapat diketahui bahwa harga sewa kos-kosan di sekitar IKN Nusantara merogoh kocek antara Rp 1 hingga Rp 5 juta per bulan. Yang mana dalam perihal ini, tingkat kualitas dari sebuah hunian bervariasi tergantung dengan besaran biaya sewa yang harus dibayar.

Martin menilai kenaikan harga sewa  merupakan fenomena biasa. Karena memang pemilik kos sudah menentukan harga sewa rumah yang sesuai. Namun, ketika mengevaluasi peningkatan ini, sebaiknya pertimbangkan juga pendapatan dan biaya hidup  daerah tersebut. Hal ini penting untuk memastikan kenaikan harga sewa tidak melebihi daya beli dan kemampuan keuangan masyarakat.

Harga yang Sesuai Standar

Source : Pixabay

Meneliti hubungan antara biaya hidup, pendapatan dan harga sewa adalah pendekatan yang bijaksana untuk memastikan bahwa harga sepadan dengan standar hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian,  harga sewa dapat disesuaikan dengan kondisi perekonomian setempat, sehingga harga rumah tetap terjangkau sesuai dengan kondisi perekonomian penghuninya.

Pentingnya Fasilitas Hunian

Source : Pixabay

Sementara itu, harga sewa di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 5 juta per bulan dianggap wajar di wilayah  Ibu Kota (IKN), menurut pengawas dan pakar real estate Steve Sudijanto. Namun Steve menegaskan, pentingnya fasilitas yang diberikan harus sebanding dengan biayanya. Fasilitas tersebut antara lain penggunaan AC, kamar mandi, dan keamanan 24 jam.

Pernyataan ini mencerminkan penilaian bahwa kualitas fasilitas apartemen merupakan faktor penting yang  mempengaruhi tingkat harga sewa.Melalui fasilitas tersebut, penyewa diharapkan mendapat nilai tambah yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, meskipun harga sewa terjangkau, ketersediaan fasilitas yang memadai bagi masyarakat tetap menjadi pertimbangan penting  dalam memilih tempat tinggal, terutama di daerah berkembang seperti di sekitar IKN.

Harga Kos-kosan IKN yang Viral

Source : Pixabay

Berdasarkan informasi  dari akun @viralbener pada Rabu (27 Desember 2023), salah satu postingannya membahas tentang biaya sewa guesthouse bulanan hingga tahunan di kawasan IKN. Topik ini memicu diskusi luas di media sosial, menyoroti betapa tingginya harga rumah di wilayah tersebut dibandingkan dengan standar yang berlaku umum.

Berikut rincian harga dan kualitas hunian pada postingan tersebut:

Beda Harga, Beda Fasilitas Pula

Dari foto-foto yang ada di postingan tersebut, terlihat  harga sewa wisma di Kawasan Ibu Kota Kepulauan (IKN)  berkisar antara Rp 45 juta hingga Rp 55 juta per tahun. Apalagi biaya sewa bulanannya bisa antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Perlu diketahui bahwa fasilitas yang diberikan berbeda-beda tergantung harga sewa.

Selain itu, terdapat rumah dengan harga sewa 2,5 juta Rupiah berupa rumah dengan rangka kayu dan atap genteng seng.Rumah itu tidak memiliki langit-langit. Rumah ini juga memiliki kamar mandi pribadi, dapur, dan ruang tamu. Ukuran rumahnya 4×6 atau 24 meter persegi.

Harga Murah, Kualitas Murahan

Misalnya saja harga sewa sebuah rumah per bulan adalah 1 juta rupiah, maka terlihat bangunannya terbuat dari kayu, termasuk  lantai dan dindingnya.Beberapa bagian dilapisi dengan seng. Kualitas dan jenis bangunan yang tersedia akan bervariasi tergantung kontribusi penyewa.

Demikian pembahasan mengenai harga kos-kosan IKN Nusantara yang ramai jadi perbincangan. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download