BlogPemilik PropertiFinansialJenis-jenis Bisnis Laundry yang Perlu Anda Tahu
0
0

Jenis-jenis Bisnis Laundry yang Perlu Anda Tahu

Dipublikasikan oleh Karinta Ariani dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Sep 9, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
jenis-jenis usaha laundrytop-right-banner

Tertarik untuk memulai bisnis laundry? Agar tak salah langkah, Anda perlu tahu dulu jenis-jenis usaha laundry yang ada. Pasalnya, tak hanya satu macam, ada lebih dari 5 jenis bisnis laundry yang ada di pasaran. Dengan mengetahui masing-masing jenisnya, Anda bisa memilih mana yang paling mungkin untuk dijalankan dan tentunya menghasilkan keuntungan maksimal. Berikut jenis-jenis bisnis laundry yang bisa dijadikan pertimbangan.

Laundry Kiloan

Laundry kiloan adalah jasa cuci pakaian  yang menggunakan perhitungan tarif per kilogram. Biasanya layanan ini digunakan untuk mencuci pakaian sehari-hari seperti baju dan celana.

Bisnis laundry kiloan memiliki beberapa kelebihan, meliputi:

  • Pasar yang luas, ini karena permintaan jasa laundry satu ini cukup tinggi. Apalagi jika Anda membuka usaha di area kampus, kos-kosan, dan perumahan. Keuntungan bisnis laundry satu ini bisa dengan mudah Anda dapatkan.
  • Biaya operasional yang terjangkau. Anda bisa memulainya dengan modal mesin cuci 1 tabung dan setrika.
  • Proses mudah dan cepat. Prosesnya sesederhana seperti mencuci, menjemur, dan menyetrika di rumah.
  • Harga kompetitif. Karena menggunakan hitungan biaya per kilogram, layanan ini cukup terjangkau bagi konsumen sehingga bisa menarik banyak pelanggan.

Sementara itu, kekurangan usaha laundry kiloan yang juga perlu diketahui, yaitu:

  • Keuntungan kecil. Dikarenakan harga per kilogramnya yang terjangkau, otomatis margin keuntungannya lebih rendah dibandingkan dengan laundry satuan.
  • Persaingan ketat. Banyaknya bisnis serupa membuat Anda perlu pintar-pintar membuat strategi agar bisnis laundry kiloan Anda tetap ramai didatangi.
  • Sulit menjamin kualitas. Dengan proses pencucian yang langsung sekaligus, ini bisa membuat kualitasnya kurang terjamin. Terlebih jika ada noda di baju.
  • Manajemen waktu yang cukup ketat. Saat pelanggan sedang banyak dengan kuantitas cucian yang juga melimpah, Anda mungkin akan kesulitan untuk memastikan cucian selesai sesuai tanggal yang dijanjikan. Apalagi jika jumlah karyawannya masih terbatas.

Untuk mereka yang tidak memiliki cukup waktu mencuci sendiri, laundry kiloan biasanya menjadi pilihan. Ini karena harganya cukup terjangkau dan tentu saja menghemat waktu daripada mengerjakan sendiri.

Lantas, apa bedanya laundry kiloan dan satuan? Jika laundry kiloan menghitung tarif pencucian per kilogram, laundry satuan dihitung per satu jenis pakaian. 

Biasanya jasa cuci ini juga dipakai untuk membersihkan pakaian dengan bahan khusus, misalnya jas, kebaya, atau dress berbahan satin. Karena butuh perawatan ekstra, maka dibutuhkan jasa laundry satuan.

Laundry Koin

Laundry koin adalah jenis usaha laundry dengan menggunakan mesin cuci yang dioperasikan dengan koin. Pelanggan melakukan proses pencucian dan pengeringan secara mandiri dengan memasukkan koin sesuai durasi penggunaan mesin.

Jenis laundry satu ini cukup populer di area perkotaan yang dekat dengan kampus atau apartemen. Selain itu, usaha ini juga cukup menjamur di area penginapan di kota tujuan wisata. Biasanya, para turis yang membawa baju terbatas akan menggunakan jasa laundry satu ini karena dirasa lebih efisien.

Bisnis laundry koin memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Minim tenaga kerja, ini karena laundry koin termasuk layanan yang dilakukan secara mandiri oleh pelanggan. Kemungkinan, Anda hanya butuh 1-2 pegawai saja sebagai kasir sekaligus penjaga.
  • Efisiensi waktu, ini karena pelanggan bisa mencuci dan mengeringkan pakaian sendiri lebih cepat. Biasanya prosesnya bisa ditunggu dengan total waktu sekitar 1-3 jam.
  • Otomatisasi penuh, karena menggunakan koin yang diawasi langsung oleh pelanggan. Itu sebabnya, karyawan laundry tidak perlu melakukan pendampingan apa pun. Kecuali di awal untuk menjelaskan cara kerja mesin cuci dan penggunaan koin.

Selain kelebihan, adapula kelemahan bisnis laundry koin, yakni:

  • Modal awal sangat besar. Ini karena Anda perlu menyediakan beberapa unit mesin cuci dan pengering khusus untuk membuka bisnis satu ini.
  • Biaya perawatan tinggi. Penggantian suku cadang, pembersihan mesin, semua hal-hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Laundry Retail

Laundry retail merupakan jenis usaha laundry yang menawarkan beragam layanan, mulai dari laundry kiloan, dry cleaning, hingga perawatan khusus pada pakaian. 

Biasanya pelanggan jasa laundry satu ini datang karena membutuhkan perawatan khusus untuk pakaian atau barang yang dimilikinya. Sebut saja jas, kemeja berbahan khusus, kebaya berpayet, dan sejenisnya.

Oleh karena itu, pegawai laundry retail biasanya perlu pelatihan khusus untuk bisa memberikan servis yang maksimal.

Dengan berbagai layanan yang ditawarkan dan karyawan yang profesional di bidangnya, modal yang dibutuhkan juga cukup besar. 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membuka usaha satu ini, Anda perlu riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya supaya modal yang dikeluakan tepat sasaran dan tepat guna.

Membuka usaha ini di area perumahan berlokasi strategis atau dekat perkantoran bisa meningkatkan peluang keberhasilan bisnis Anda.

Salah satu tips penting, jika tertarik dengan bisnis laundry ini,  Anda bisa membeli franchise yang sudah populer, ya!

Laundry Industri

Laundry industri melayani kebutuhan bisnis dalam skala besar seperti hotel, rumah sakit, restoran, hingga perkantoran atau pabrik.

Tak seperti jenis-jenis sebelumnya, jenis usaha laundry ini tidak melayani permintaan perorangan, melainkan perusahaan atau bussiness to bussiness (B2B).

Biasanya layanannya ini mencakup pencucian handuk, sprei, bedcover, seragam, kain, dan sejenisnya dalam skala yang besar. 

Karena pelanggannya adalah skala besar atau perusahaan, biasanya keuntungan yang didapatkan cukup stabil. Umumnya, antara perusahaan laundry dan pelanggannya memiliki kontrak jangka panjang dengan jangka waktu tertentu.

Untuk Anda yang tertarik menjalankan jenis usaha laundry satu ini, modal yang perlu disiapkan bisa mencapai hitungan miliar. Ini karena peralatan usaha laundry yang digunakan biasanya lebih besar dan canggih untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Selain itu, tenaga terlatih dengan jumlah yang banyak juga diperlukan karena operasionalnya yang kompleks. 

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan kualitas layanan yang diberikan memuaskan. Tujuannya agar perusahaan tersebut terus memperpanjang kontrak dan lebih banyak perusahaan lain yang tertarik menggunakan jasa laundry Anda.

Laundry Express

Laundry express adalah layanan laundry yang menawarkan jasa pencucian dan pengeringan pakaian dalam waktu beberapa jam atau satu hari. Layanan ini disediakan untuk pelanggan yang membutuhkan proses cepat karena keperluan mendesak.

Karena prosesnya yang instan, pelanggan bersedia membayar dengan harga lebih tinggi daripada layanan laundry biasa.. Untuk itu, meski prosesnya cepat, Anda perlu memastikan pelanggan mendapatkan kualitas layanan terbaik. 

Namun, pasar untuk laundry express tentu tidak sebanyak laundry kiloan. Ini karena kebutuhannya hanya sewaktu-waktu, tidak setiap hari. Untuk itu, Anda bisa menggabungkan jenis bisnis laundry satu ini dengan layanan lain seperti laundry kiloan. 

Untuk Anda yang sedang mencari ruko untuk usaha laundry satu ini, bisa cek di sini, ya!

Dry Cleaning

Dry cleaning adalah metode pencucian tanpa menggunakan air, melainkan dengan pelarut kimia. Proses ini biasanya cocok untuk pakaian yang terbuat dari bahan sensitif seperti sutra, wol, atau bahan yang akan menyusut atau rusak jika dicuci dengan air.

Prosesnya, setelah pakaian direndam dalam pelarut, pelarutnya akan diuapkan dan pakaian dikeringkan dengan suhu rendah. Meski tidak menggunakan air, proses pencucian kering ini efektif menghilangkan noda minyak dan lemak.

Dengan berbagai bahan dan metode yang digunakan, harga yang ditawarkan untuk proses dry cleaning biasanya lebih mahal. Selain itu, layanan ini pun membutuhkan waktu lebih lama untuk selesai dibandingkan laundry biasa.

Baca juga: Strategi Pemasaran Bisnis Laundry

Laundry Sepatu

jenis bisnis laundry
Sumber: Shutterstock

Laundry sepatu merupakan layanan khusus untuk membersihkan, merawat, dan memperbaiki sepatu. Layanan ini cukup populer untuk mereka yang ingin menjaga sepatunya tetap bersih dan terjaga kualitasnya.

Membersihkan noda membandel dan memperbaiki kerusakan yang ringan biasanya termasuk dalam layanan laundry sepatu. Tak perlu khawatir, dengan bahan dan teknik khusus, sepatu akan dibersihkan secara menyeluruh tanpa merusak bahan.

Tak hanya bahan kanvas, jasa laundry sepatu biasanya menerima sepatu dengan berbagai bahan mulai dari kulit, suede, hingga karet. 

Bahkan, ada juga jasa laundry sepatu yang sekalian menawarkan jasa cat ulang atau reparasi kulit sepatu. Jenis bisnis laundry satu ini cocok dibuka di area kampus dan perumahan.

Apa saja jenis layanan di bisnis laundry?

Cuci-setrika, cuci-lipat, setrika, dry cleaning, layanan pencucian dan perawatan bahan khusus, hingga jasa antar jemput.

Apa saja yang bisa dilaundry?

Selain pakaian, ada beragam jenis barang yang bisa dilaundry, seperti pakaian sehari-hari (baju, celana, pakaian dalam), seprai, sarung bantal, dan sarung guling, selimut dan bedcover, handuk, sajadah, karpet, sepatu, boneka, gorden, jas, jaket, dan kebaya.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download