BlogKesehatanMengenal 16 Manfaat Biji Selasih Ketika Dikonsumsi untuk Kesehatan
0
0

Mengenal 16 Manfaat Biji Selasih Ketika Dikonsumsi untuk Kesehatan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat-biji-selasihtop-right-banner

Biji selasih adalah salah satu bahan makanan yang sering ditemui pada saat bulan puasa. Umumnya, biji selasih digunakan sebagai hiasan pada makanan ataupun minuman. Tahukah kamu banyak sekali manfaat biji selasih? Rasa dari biji selasih itu sendiri cenderung tidak memiliki rasa atau hambar. Meskipun begitu, biji selasih mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sekilas biji selasih mempunyai kemiripan dengan biji chia secara tampilan. Akan tetapi, biji selasih mempunyai fisik yang lebih besar jika dibandingkan dengan biji chia. Biji selasih bisa didapatkan dari tanaman selasih yang masih satu keluarga dengan daun kemangi. Biji-bijian ini akan mengembang dan terasa kenyal jika dicampurkan dengan air.

Tanaman selasih dikatakan berasal dari daerah tropis di Afrika Tengah atau Asia Tenggara. Saat ini, tanaman ini dapat ditemukan di berbagai negara seperti Mesir, Hungaria, Perancis, Indonesia, Yunani, Amerika Serikat, Israel, Maroko, Dan masih banyak lagi.

Biji selasih itu sendiri mempunyai kandungan zat-zat penting seperti serat, zat besi, polifenol, protein, senyawa fitokimia, dan masih banyak lainnya. Tidak heran, manfaat biji selasih sangatlah banyak karena kandungannya yang kaya akan zat-zat yang bagus untuk kesehatah. Manfaat biji selasih sangat beragam, ya Pins! seperti fungsi dari fitur PinValue untuk cek harga rumah. Pins bisa menemukan rumah sekunder di kota Jakarta Barat atau rumah baru di kota Bogor dengan berbagai infrastruktur dan informasi.

Baca juga:

Manfaat Biji Selisih untuk Kesehatan

Dengan beragam nutrisi yang terkandung pada biji selasih, tentunya sayang jika biji selasih hanya digunakan sebagai pelengkap minuman dingis saja. Biji selasih itu sendiri sebenarnya sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurvedia. Meski begitu, penelitian tentang manfaat dari biji selasih ini masih tergolong sedikit.

Berikut adalah penjelasan dari biji selasih, disimak ya Pins!

1. Menyehatkan Rambut

(Pixabay)

Dalam biji selasih terdapat kandungan zat besi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Sementara itu, antioksidan yang terkandung dalam biji selasih dapat mencegah peradangan pada kulit kepala. Peradangan pada kulit kepala merupakan salah satu penyebab dari terjadinya kerontokan rambut. Banyak cara lain juga untuk mengatasi penyebab kerontokan rambut seperti mengoleskan minyak kemiri pada rambut.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Sebuah penelitian menunjukan bahwa, pektin mempunyai manfaat prebiotik. Hal itu berarti, kandungan pektin pada biji selasih bisa memelihara dan meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus. Bakteri baik bisa kamu temukan dalam kandungan manfaat dari yogurt juga!

Biji selasih juga mempunyai efek yang dapat membuat gas di usus secara berlebihan, sehingga hal tersebut dapat mengurangi efek kram perut atau konstipasi.

3. Kaya Antioksidan

Biji selasih kaya akan senyawa antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Flavonoid mempunyai fungsi untuk melindungi sel-sel tubuh yang dapat rusak oleh radikal bebas. Senyawa yang ada pada tanaman selasih juga memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker.

Dalam sebuah studi, Ekstrak dari biji selasih dapat membunuh bakteri yang bisa berbahaya bagi tubuh.

4. Menguatkan Tulang dan Otot

(Pixabay)

Dalam satu sendok makan biji selasih dapat memenuhi 15 persen kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh kamu sehari-hari. Seperti yang kita tahu, kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk fungsi otot sekaligus kekuatan tulang.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat biji selasih untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menguntungkan bagi orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa pengidap diabetes tipe 2 yang rutin mengosumsi 10 gram biji selasih setelah makan setiap hari, mengalami penurunan gula darah pascamakan sebesar 17 persen lebih rendah daripada saat awal penelitian.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Biji selasih dikatakan dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Menurut sebuah riset, manfaat dari biji selasih ini diduga terkait dengan serat larut yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, serat tersebut bisa membantu tubuh dalam hal mengikat kolesterol.

7. Menurunkan Stress Oksidatif

Tingginya radikal bebas bisa memicu stres oksidatif yang dapat memengaruhi metabolisme tubuh. Dalam hal mengatasi stres oksidatif, kamu bisa mengosumsi biji selasih secara rutin.

8. Membantu Meredakan Peradangan

(Pixabay)

Stres oksidatif juga dapat memicu dan menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Manfaat biji selasih untuk kesehatan juga disebabkan adanya kandungan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan atau mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

9. Sumber Lemak Omega-3

Sama seperti ikan gabus, biji selasih juga menganduk lemak omega 3. Asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh orang dewasa kira-kira sekitar 1.100 mg – 1.600 mg dalam sehari. Sedangkan dengan cara mengosumsi satu sendok biji selasih setiap hari dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3.

Karena, di dalam satu sendok biji selasih biasanya terdapat 2,5 gram lemak. Dari total lemak ini, sekitar setengah atau 1.240 mg per sendok makannya merupakan asam alfa-linolenat (ALA) atau biasa dikenal sebagai Omega-3. Kamu juga bisa menemukan sumber Omega-3 dari ikan ya!

10. Meredakan Batuk

Biji selasih juga mempunyai efek antipasmodik, yang berfungsi untuk membantu mengontrol batuk dan dapat menguatkan imunitas tubuh.

11. Mengurangi Sakit Maag

Manfaat mengosumsi biji selasih selanjutnya yaitu berguna untuk meredakan sakit mag yang disebabkan asam lambung yang berlebihan. Manfaat ini bisa di dapat dengan cara biji selasih direndam pada air.

Air rendaman biji selasih tersebut dapat membantu menenangkan bagian dinding perut dan mengurangi rasa terbakar dari sakit mag.

12. Menjaga Kesehatan Hati

Source : Pexels

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengosumsi selasih memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan organ hati. Selasih dianggap memiliki efek untuk mencegah kerusakan organ hati.

Biji selasih mengandung enzim yang dapat membantu detoksifikasi dan mempunyai kemampuan sebagai antioksidan. Hal tersebut dapat membantu mengurangi kandungan lemak yang ada di sekitar hati.

13. Menjaga Kesehatan Mental

Karena paparan dari radikal bebas yang berlebihan bisa memicu stres pada tubuh. Nah, biji selasih mempunyai kandungan beberapa zat antioksidan yang dianggap mempunyai potensi untuk meredakan rasa cemas yang belebih, stres, dan juga depresi.

14. Membantu Melawan Infeksi

Manfaat mengosumsi biji selasih selanjutnya yaitu berguna untuk melawan mikroba atau bakterin. Karena, biji selasih mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang berguna untuk melawan infeksi.

15. Tinggi Zat Besi

Di dalam biji selasih mengandung zat besi yang berguna untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, biji selasih juga bisa dijadikan sumber zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak mengonsumsi daging ataupun produk susu.

16. Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

(Pixabay)

Selain baik untuk usus, pektin diketahui dapat meningkatkan kadar hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang. Jadi, bagi pins yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Bisa mencoba mengosumsi biji selasih dengan rutin.

Demikian penjelasan dari manfaat mengosumsi biji selasih untuk kesehatan tubuh kamu. Ayo mulai memakan makanan ataupun minuman yang sehat agar kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat juga ya. Salah satu yang bisa dicoba yaitu mengosumsi biji selasih. Namun, jangan lupa untuk berolahraga ya, Pins!

Semoga bermanfaat untuk Pins yang ingin mengetahui manfaat biji selasih.

Baca juga:

Source Feature Image: KITCHN


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download