BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Penyebab Kamar Mandi Bau Septic Tank dan Cara Mengatasinya
0
0

5 Penyebab Kamar Mandi Bau Septic Tank dan Cara Mengatasinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 15, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bau toilet seringkali membuat anggota keluarga tidak nyaman dan membuat mereka enggan menggunakan kamar kecil. Toilet dan kamar mandi merupakan bagian penting dari rumah Kamu dan harus dijaga untuk mencegah penyakit dan menjamin keamanan saat ada tamu yang berkunjung. Lantas, apa penyebab WC tetap bau meski tidak mampet? Penyebabnya bermacam-macam, seperti septic tank yang hampir penuh, toilet yang sudah lama tidak digunakan, keramik toilet yang retak, dan masalah ventilasi. Berikut Pinhome akan jabarkan penyebab kamar mandi bau septic tank.

Apakah Kamu sudah sering-sering dibersihkan toiletnya kok masih bau? Kamu dapat menggunakannya tanpa masalah meskipun toilet tidak tersumbat. Hal ini tentu saja tidak menyenangkan. Apalagi jika ada tamu yang ingin duduk di kursi belakang, bisa jadi memalukan.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait pembahasan ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Penyebab Kamar Mandi Bau Septic Tank

Source : Pixabay

Berikut ini adalah penyebab dari kamar mandi bau septic tank:

1. Adanya Penumpukan Jamur

Bau yang menyengat dan menyengat pada toilet bisa jadi disebabkan oleh  jamur yang tumbuh di dalam toilet. Jika toilet Kamu masih berbau setelah dibersihkan secara menyeluruh, hal ini mungkin disebabkan oleh jamur yang tumbuh di tepi toilet tanpa pengawasan.

 Cara Atasi: Gosok pinggiran kloset yang terlihat kotor Gunakan sikat gigi bekas dan cuka untuk membersihkan tepi bawah kloset. Jangan lupa  membersihkan bagian belakang dudukan toilet.

2. Kamar Mandi Lama Tak Digunakan

Source : Pixabay

Jika tidak digunakan dalam waktu lama, air di mangkuk dan mangkuk toilet akan menguap. Hal ini menyebabkan bau gas dari saluran septic tank naik dari toilet ke saluran pembuangan.

Cara Atasi: Cukup isi ulang mangkuk toilet. Kamu mungkin perlu melakukan ini beberapa kali untuk menghilangkan bau tidak sedap.

3. Adanya Sumbatan di Saluran Pembuangan

Penyebab  bau tidak sedap yang keluar dari toilet selanjutnya adalah pipa pembuangan yang tersumbat. Jika saluran air tersumbat, toilet membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalirkan  dan mengisi ulang sehingga menyebabkan ketinggian air turun. Dalam hal ini, bau gas di septic tank akan kembali  dan toilet akan mulai mengeluarkan bau yang menyengat.

Cara Atasi: Hati-hati saat menyiram, karena air bisa meluap jika saluran air tersumbat. Solusinya adalah mencari tahu penyebab WC mampet. Jika penyebabnya adalah kotoran seperti pembalut wanita atau tisu toilet, pilihan paling aman adalah menghubungi layanan pembersihan toilet. Namun jika penyebab penyumbatan toilet adalah pembusukan tinja yang buruk, B-MAX dapat digunakan.

4. Segel dari WC Rusak

Tahukah Kamu WC duduk memiliki wax ring berbentuk cincin di dasar WC? Dampak dari segel WC rusak adalah bau dan air akan bocor ke dalam ruangan. Selain itu WC akan bergoyang karena tidak menancap ke lantai dengan benar.

Cara Atasi: Menghubungi profesional atau tukang ledeng untuk mengatasinya.

5. Tangki Septic Tank Tidak Bekerja Seharusnya

Limbah toilet dari toilet dikumpulkan di septic tank dan diurai oleh bakteri pengurai tinja. Jika septic tank bermasalah maka akan menimbulkan bau tidak sedap hingga WC tersumbat.

Cara Atasi: Segera hubungi profesional atau tukang septic tank untuk mengatasinya.

Cara Hilangkan Bau Tidak Sedap di WC

Source : Pixabay

Berikut ini adalah tips dalam hilangkan bau tidak sedap pada WC:

1. Memakan Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi adalah alternatif aplikasi aromaterapi secara inhalasi (penghirupan) dan akan menghasilkan aroma yang memberikan efek terapi bila dibakar seperti anti serangga, pengobatan alternatif, penghias, dan pengharum ruangan.

Kamu dapat memanfaatkan lilin aromaterapi sebagai pengharum kamar mandi agar tidak berbau lagi, dan membuat kamar mandi rumah Kamu jadi wangi, Pins!

2. Minyak Essensial

Source : Pixabay

Sekali lagi, Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial aromaterapi, yang harganya murah dan mudah didapat. Jika Kamu memiliki toilet dengan kantong tisu toilet yang digulung, Kamu beruntung. Kali ini, teteskan minyak esensial, yang biasanya digunakan sebagai pengharum ruangan alami,  ke atas tisu yang digulung.

Pilih wewangian seperti lemon yang segar dan menetralisir bau dengan cepat. Letakkan gulungan kertas di dekat toilet duduk atau jongkok di kamar mandi Kamu. Tak hanya menghilangkan bau, Kamu juga bisa menikmati aromanya yang menyegarkan.

3. Memanfaatkan Baking Soda

Berikut tips menghilangkan bau toilet dengan cepat dan mudah: Kamu bisa menggunakan baking soda atau baking powder. Kamu bisa langsung menaburkan baking soda di sekitar lubang dan  toilet, namun menambahkan bahan lain akan lebih efektif.

Pilihan lainnya adalah menambahkan seperempat soda kue, lalu tambahkan minyak esensial dan aduk. Tutupi gelas kaca dengan  plastik bening dan buat lubang kecil di dalamnya untuk mengeluarkan aroma minyak esensial.

4. Jaga Toilet Tetap Kering

Tips menghilangkan bau toilet selanjutnya adalah dengan menjaga  kamar mandi dan toilet tetap kering. Cara mudahnya adalah dengan membuka pintu kamar mandi dan memberikan ventilasi agar udara segar mudah masuk.

Kamu juga bisa menyiram toilet setelah buang air besar dan mengelapnya hingga kering. Lantai dan dinding kamar mandi yang lembap dapat menimbulkan bau tidak sedap. Cara  memasang exhaust fan di kamar mandi agar tetap kering. Kemampuan kipas angin dalam mengeringkan  toilet  mengurangi kelembapan dan bakteri  penyebab bau.

5. Pakai Cuka

Source : Pixabay

Tips menghilangkan bau toilet selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka yang mudah didapat. Kali ini, kamu bisa menghilangkan bau dan menghilangkan bau pada kloset akibat bakteri dengan cara membilasnya menggunakan air cuka. Caranya juga sederhana. Tuangkan cuka ke bagian dalam toilet  dan siram toilet untuk membantu mendistribusikan cuka. Pilihan lainnya adalah dengan mengoleskan cuka ke area tertentu seperti dinding, lantai, dan wastafel.

Untuk mengurangi  bau  asap rokok di kamar mandi, Kamu bisa menaburkan sedikit cuka pada handuk kering. Kemudian kocok di kamar mandi dan gantung di gantungan. Dengan cepat menghilangkan bau  tidak sedap di toilet.

Itulah dia penyebab kamar mandi bau septic tank, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download