BlogLifestyleEdukasi5 Tips Memperkuat Teknik Smash Pada Bulu Tangkis
0
0

5 Tips Memperkuat Teknik Smash Pada Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tips memperkuat pukulan smashtop-right-banner

Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa menguasai semua teknik dalam olaharaga ini. Mulai dari teknik pukulan lob, push, dropshots, dan drive. Salah satu teknik yang tidak boleh dilupakan dalam bulu tangkis adalah smash.

Smash dapat menjadi salah satu teknik yang diandalkan untuk mendapatkan poin. Ada beberapa tips untuk memperkuat pukulan smash yang bisa Pins lakukan saat bermain bulu tangkis atau badminton, yaitu:

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis Detail dan Lengkap

Manfaatkan Pergelangan Tangan

teknik smash bulu tangkis
Source : Kompas

Tips memperkuat teknik smash bulu tangkis pertama adalah dengan cara melatih pergelangan tangan ketika bermain. 

Dalam melakukan smash, ada beberapa trik agar tidak melukai tangan akibat terkilir atau terlalu kuat dalam memukul. Sebab, jika melakukan pukulan terlalu kuat, maka smash berikutnya akan tidak maksimal lagi.

Oleh karena itu, Pins harus tahu cara tepat saat memegang raket. Usahakan jangan terlalu kaku dalam memegang raket karena akan mempengaruhi kecepatan dan akurasi pada pukulan.

Jika di awal-awal permainan Pins langsung menggunakan tenaga secara full, maka saat ada kesempatan dalam memukul shuttlecock dengan smash, hal ini bisa jadi tidak efektif.

Baca juga: Sejarah Tenis Meja, Pengertian, Teknik dan Tujuannya

Oleh karena itu, kondisikan dulu pergelangan tangan ketika memegang raket sebelum melakukan smash. Karena dengan pergelangan tangan, Pins bisa melakukan smash yang menukik dan akurat. 

Kebanyakan para pemain bulu tangkis pemula saat melakukan smash, mereka mengandalkan pundak dan lengan atas. Padahal kalau mereka mengkombinasikan antara pundak, lengan atas dan pergelangan tangan, maka hasil pukulan yang dihasilkan bisa sangat tajam dan cepat.

Oleh karena itu, tips memperkuat pukulan smash yang utama adalah memanfaatkan pergelangan tangan sebaik mungkin.

Lakukan Adu Cepat dengan Shuttlecock

Source : Productnations

Kalau Pins ingin menjadi pemain profesional dalam melakukan smash, maka Pins harus melatih fisik dengan baik dan benar.

Dalam permainan bulu tangkis, ada dua kecepatan yang harus Pins kuasai. Pertama adalah kecepatan dalam berlari dan kedua adalah kelincahan dalam merespon shuttlecock.

Pins harus melatih fisik saat mengejar shuttlecock. Sehingga shuttlecock tersebut bisa Pins kembalikan kepada musuh. Akan tetapi, membalikan shuttlecock saja kepada musuh tidak akan membuatmu menang dalam pertandingan. Artinya ada hal lain yang harus Pins kuasai dalam melakukan pukulan.

Salah satunya adalah melatih kecepatan dalam mengejar shuttlecock. Ketika shuttlecock sudah Pins lihat dengan jelas, persiapkan diri sebaik mungkin untuk melakukan smash. Tapi sebaliknya, apabila shuttlecock terkejar tapi timing-nya sedikit sekali, otomatis shuttlecock yang Pins lontarkan kepada musuh tidak akan beraturan.

Oleh karena itu, latihlah kecepatan berlari sampai kecepatannya bisa melebihi kecepatan shuttlecock.

Usahakan lompatan Pins tidak pelan dan juga tidak tergesa-gesa. Lalu condongkan badan Pins ke depan dan pukulah bola shuttlecock dengan keras dan tajam ke arah lawan.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis Detail dan Lengkap

Buat Otot Dalam Kondisi Rileks

teknik smash bulu tangkis
Source : Detik Health

Ketika sedang bermain di lapangan, biasanya Pins akan merasakan tekanan, entah itu tekanan dari orang lain atau tekanan dari diri sendiri.

Kekhawatiran seorang pemain ketika berada di lapangan akan semakin besar apalagi jika Pins bermain untuk mewakili klub besar.

Kondisi pikiran yang khawatir akan berakibat pada kondisi otot yang mengeras dan menegang. Dan ini bisa menjadi bahaya, karena akan mempengaruhi jalannya permainan bulu tangkis.

Terkadang otot yang terlalu tegang akan memperlambat gerak seorang pemain, termasuk mempengaruhi pukulan smash.

Selain itu, tubuh Pins akan terasa begitu kaku dan membuat kamu kehilangan konsentrasi. Maka itu, pastikan sebelum melakukan smash, tenaga Pins harus benar-benar dalam keadaan prima. 

Jadi, usahakan untuk tetap rileks ketika bermain dan jangan sampai otot Pins berada dalam kondisi tegang. 

Ayunkan Lengan Secara Lembut

Source : Olahraganesia

Tips memperkuat pukulan smash berikutnya adalah memperhatikan ayunan tangan Pins. Sebelum melakukan pukulan shuttlecock dengan pergelangan tangan, berikan juga tenaga pada lengan dan pundak Pins.

Namun, pastikan juga bahwa tenaga yang diberikan pada lengan dan pundak Pins tidak sekuat tenaga yang disalurkan ke pergelangan tangan.

Jadi ayunan lengan Pins itu tidak boleh di ketahui oleh musuh untuk menipu gerakan. Sehingga musuh akan terkecoh dengan pukulan smash Pins.

Untuk mempraktikan strategi ini, pertama Pins harus berikan tenaga yang kuat kepada pergelangan tangan, lalu berikan seperempat tenaga lainnya kepada lengan dan pundak.

Setelah itu, gerakan yang awalnya biasa saja, mulai dipercepat dan dilontarkan langsung ke shuttlecock.

Jadi, tips yang keempat ini adalah memberikan tenaga kepada lengan. Tetapi tenaga yang disalurkan juga tidak boleh teralu kuat agar membantu tembakan smash yang tajam dan cepat.

Baca juga: 9 Cara Latihan Fisik Bola Voli yang Idea

Lakukan Scissor Jump

teknik smash bulu tangkis
Source : Badminton and Beyond

Tips memperkuat pukulan smash terakhir adalah dengan melakukan Scissor Jump. Scissor Jump adalah strategi melakukan pukulan smash yang kuat dan cepat dengan loncatan tinggi dan akurat. 

Lebih jelasnya lagi, Scissor Jump merupakan teknik melompat, yang mana kaki kanan berada di belakang dan kaki kiri berada di depan. 

Setelah itu, putarlah tubuh Pins ke arah kiri horizontal ke saat melompat ke udara. Dengan melakukan lompatan seperti itu, Pins akan mendapatkan tenaga yang kuat dan maksimal.

Nah, itu adalah lima tips memperkuat teknik smash dalam bulu tangkis. Akan tetapi, perlu di ingat bahwa tips di atas tidak bisa langsung Pins kuasai tanpa melakukan latihan fisik lainnya. Selamat mencoba!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download