BlogPemilik PropertiDesain HunianBerapa Tinggi Rumah Ideal 1 Lantai? Begini Cara Menentukannya!

Berapa Tinggi Rumah Ideal 1 Lantai? Begini Cara Menentukannya!

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Okt 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tinggi rumah ideal

Tinggi rumah ideal 1 lantai merupakan pertimbangan penting dalam desain bangunan yang optimal. Dengan mengetahui kriteria yang relevan dapat dipastikan bahwa rumah Pins memenuhi standar kenyamanan dan keamanan. 

Pins juga menelusuri Rumah Eksklusif dengan desain menarik dan tinggi rumah ideal untuk kenyamanan dan estetika terbaik, seperti Kronjo Regency atau rumah di Tangerang Selatan lainnya.

Tidak hanya itu, ada juga rumah second di Tangerang yang bisa jadi alternatif pilihan untuk Pins. Melalui layanan PinValue Pins dapat dengan mudah mencari tahu harga rumah impian yang Pins inginkan.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti penggunaan ruangan dan kebutuhan Pins, pemilihan tinggi dinding yang tepat dapat membentuk suasana yang nyaman dan seimbang di dalam rumah. 

Yuk, simak cara menentukan tinggi rumah ideal 1 lantai yang bisa menjadi panduan bagi Pins alam merencanakan pembangunan rumah!

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Rumah Tingkat Minimalis

Faktor Penentu Tinggi Rumah Ideal

Source : iStock

Berikut adalah faktor penentu tinggi dinding rumah ideal yang bisa jadi inspirasi untuk Pins. Yuk, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1. Keseimbangan yang tepat

Source : iStock

Penempatan desain yang tepat merupakan faktor yang harus diperhatikan. Meskipun Pins ingin memilih desain rumah sendiri tetapi tetap harus mengutamakan proporsi yang seimbang .

Untuk menciptakan kesan luas dan mewah rekomendasi tinggi ideal rumah adalah 4 meter untuk lantai pertama dan 3,75 meter untuk lantai kedua. 

Dengan menggunakan rumus tersebut Pins dapat memperkirakan tinggi plafon rumah ideal untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan fungsional, mengingat ukuran ruangan sebesar 4 x 5 meter.

Hasil perhitungan tersebut akan memberikan panduan awal untuk menentukan tinggi plafon yang sesuai dengan tinggi rumah ideal yang dapat memberikan ruang gerak yang memadai dan terlihat pas.

Baca juga: Begini Perhitungan Ukuran Tangga Rumah dengan Tinggi 4 Meter

2. Ruang Kosong / Void

Source : Pixabay

Penting untuk memperhatikan konsep void dalam desain rumah, baik itu berlantai satu atau dua.

Saat merencanakan rumah dua lantai adanya void secara otomatis menciptakan plafon yang tinggi karena ada ruang kosong di lantai atas yang membuka pandangan ke lantai dua. 

Dengan memperhatikan dan mengoptimalkan kemiringan atap secara keseluruhan dapat tercipta plafon yang menarik serta memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. 

Melalui penyesuaian kemiringan atap yang tepat, ruang di dalam bangunan dapat terlihat lebih menarik memberikan kesan lapang.

Serta meningkatkan sirkulasi udara yang lebih baik, menciptakan atmosfer yang nyaman dan berfungsi untuk Pins.

Selain itu, void juga merujuk pada ruang terbuka tanpa atap dengan satu akses pada umumnya dari depan yang membantu meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan matahari merata di dalam rumah.

Baca juga: 12 Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Agar Terlihat Luas

3. Cuaca

Source : Pixabay

Perbedaan dalam penentuan tinggi plafon rumah ideal dan dinding rumah memang berkaitan erat dengan kondisi cuaca di wilayah tersebut. 

Di daerah-daerah beriklim dingin seperti Jepang dan sebagian wilayah Eropa, plafon yang rendah sering dipakai guna mengurangi konsumsi energi.

Mengingat perlunya mempertahankan suhu dalam ruangan agar tetap hangat. 

Namun, beralih ke daerah-daerah beriklim tropis seperti sebagian besar wilayah di Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Afrika

Bangunan desain rumah cenderung mempertimbangkan dinding yang lebih tinggi. 

Hal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi udara yang lebih baik di dalam ruangan. 

Dengan dinding yang lebih tinggi, panas yang terakumulasi di ruang bawah cenderung bergerak ke atas dan keluar melalui ventilasi dan menciptakan suasana yang lebih sejuk dan nyaman tanpa terlalu bergantung pada penggunaan AC yang konsumtif energi.

Selain pertimbangan energi, tinggi plafon rumah ideal juga dapat memengaruhi estetika keseluruhan rumah. 

Plafon yang rendah cenderung memberikan kesan intim dan nyaman, sementara dinding yang lebih tinggi dapat memberikan ruang yang lebih terbuka dan luas. 

Tinggi Standar Dinding untuk Rumah 1 Lantai

Source : Freepik

Mungkin Pins menganggap bahwa plafon tinggi adalah pilihan yang cocok untuk segala jenis rumah padahal hal tersebut sebenarnya tidak tepat.  Kesalahan dalam menentukan tinggi dinding yang tidak sesuai dengan tinggi rumah ideal dapat mengakibatkan ketidakseimbangan pada rumah Pins. 

Untuk rumah berukuran sekitar 54 m2 yang terbagi menjadi beberapa ruangan dalam rumah, tinggi plafon yang ideal adalah sekitar 2,7 meter, terutama untuk kamar tidur yang memiliki ukuran sekitar 3 x 3 meter. 

Ruang yang terbatas dengan plafon yang tinggi bisa menimbulkan beberapa masalah misalnya kesulitan membersihkan debu di langit-langit. Dan menyesuaikan penempatan perabotan dengan ketinggian plafon, dan penumpukan udara panas di bagian atas. 

Apabila Pins ingin menciptakan kesan ruangan yang lebih luas pertimbangkanlah untuk menetapkan tinggi plafon rumah sekitar 3 meter yang cocok untuk ruang tamu atau kamar tidur utama dengan luas sekitar 15 meter persegi. 

Seperti halnya dengan plafon yang rendah, plafon yang tinggi juga membutuhkan sirkulasi udara yang memadai.  Adapun manfaat dari menentukan tinggi rumah ideal adalah untuk meningkatkan sirkulasi udara, menciptakan kesan luas dari luar, serta menyesuaikan estetika dengan kondisi lingkungan sekitar.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas Pins dapat menentukan tinggi rumah ideal 1 lantai yang tidak hanya memenuhi persyaratan fungsional tetapi juga estetika yang sesuai. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Berapa Ukuran Ruang Tamu yang Ideal? Ini Dia Jawabannya!

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download