BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Ukuran Dapur Ideal Agar Aktivitas Memasak Bisa Maksimal
0
0

Ini Dia Ukuran Dapur Ideal Agar Aktivitas Memasak Bisa Maksimal

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 1, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengetahui ukuran dapur ideal sangatlah penting, terutama saat membangun rumah di lahan terbatas. Penyebabnya adalah dapur sering terasa panas dan pengap akibat asap hasil masakan. Tentu saja, ada berbagai ukuran furnitur yang dapat memenuhi seluruh dapur. Oleh karena itu, ukuran dapur yang tidak tepat dapat mempengaruhi kenyamanan penghuninya. Lalu berapa ukuran dapur yang ideal? Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Ketahui Ukuran Dapur Ideal

Lantas, berapa standar ukuran  dapur yang direkomendasikan para ahli desain interior? Simak pembahasannya berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

1. Tinggi Dapur yang Ideal

Source : Pixabay

Hal pertama yang harus diperhatikan saat melihat ukuran dapur stKamur adalah tingginya. Ketinggiannya bisa setinggi kompor, wastafel atau meja dapur. Pakar desain interior menyarankan agar semua area ini setinggi pinggang orang dewasa. Ini berguna dalam pengolahan makanan.

Bayangkan harus membungkuk saat memasak karena kompor terlalu kecil. Ini dapat menyebabkan nyeri otot dan merampas energi Kamu. Lebih tepatnya, tinggi kompor, meja dapur, dan wastafel harus antara 85 cm dan 90 cm dari lantai. Namun, Kamu dapat mengubah ketinggian ini tergantung tinggi badan Kamu.

2. Ukuran Meja Dapur

Beralih ke ukuran meja dapur. Desainer interior merekomendasikan meja dengan lebar minimal 60 cm di dapur. Kamu dapat menyesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan Kamu.

Bisa juga dipasang di meja masak dengan lebar 60 cm atau lebih. Namun, desainer interior mengatakan dengan meja selebar ini, para ibu bisa leluasa bergerak saat menyiapkan makanan. Selain itu, lebar meja 60 cm memungkinkan Kamu menempatkan wastafel dan kompor sejajar atau di lokasi yang sama dengan meja dapur.

3. Tinggi Kabinet Atas

Source : Pixabay

Banyak orang yang ingin memasang lemari dinding di dapurnya. Kamu juga bisa memasang lemari atas di dapur Kamu. Selanjutnya, Kamu perlu mengetahui ketinggian ideal lemari atas Kamu.

Disarankan agar kabinet atas dipasang pada ketinggian 2,4 hingga 2,5 meter dari lantai. Hal ini berlaku untuk rumah dengan ketinggian plafon 3 meter atau kurang. Pemasangan lemari dinding ini tidak harus dilakukan di dapur. Jika lemari bagian atas membuat dapur Kamu terasa kecil dan pengap, jangan memasangnya.

Cukup gunakan lemari dasar untuk menyimpan perabotan dapur Kamu. Ini adalah kabinet dasar yang bisa dipasang langsung di bawah meja dapur.

4. Jarak Meja dengan Kabinet Atas

Source : Pixabay

Jarak ideal antara meja dapur dan lemari atas Untuk memahami ukuran dapur standar, sebaiknya perhatikan juga jarak antara meja dapur dan lemari atas. Desainer interior menyarankan jarak ideal antara meja dapur dan lemari bagian atas adalah sekitar 50-60 cm. Dengan jarak sejauh ini, tidak sulit menjangkau perabot dapur yang disimpan di lemari atas.

Selain itu, jarak ideal ini memastikan operasi pemrosesan makanan di meja tidak “terhambat”. Bayangkan jarak antara kabinet atas dan meja dapur terlalu sempit. Kamu mungkin sering terbentur benda atau kesulitan bergerak di meja dapur. Jika lemari atas terlalu tinggi akan sulit menyimpan barang

5. Area Kerja yang Ideal

Mempertimbangkan ruang kerja ideal ini sangat penting untuk memahami ukuran dapur stKamur. Area kerja yang dimaksud adalah area di dapur dimana makanan dapat diolah dengan leluasa tanpa ada hambatan.

Pakar desain interior merekomendasikan jarak ruang kerja ideal 90 cm. Misalnya, jika Kamu memiliki dua meja yang saling berhadapan di dapur, maka jarak antara kedua meja tersebut sebaiknya 90 cm.

Hal ini memungkinkan Kamu bebas berdiri untuk memotong dan memasak makanan, berjongkok untuk menyimpan barang di lemari dasar, dan berjalan bolak-balik untuk keperluan tertentu. Harap dicatat bahwa ukuran minimum adalah 90cm. Oleh karena itu, jika dapur Kamu cukup luas, Kamu juga bisa mengatur ukuran lebih besar dari 90cm. Misalnya 110-120cm.

Baca juga: 10 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

Cara Tata Dapur dengan Tepat dan Ideal

Source : Pixabay

Setelah Kamu mengetahui dimensi standar sebuah dapur, sekarang saatnya mempelajari cara menata dapur Kamu dengan baik dan rapi. Tidak hanya terlihat lebih bersih, tapi juga membuat dapur Kamu tampak lebih luas. Hal ini juga bisa dijadikan “taktik” untuk membuat dapur minimalis terlihat lebih besar. Berikut beberapa cara menata dapur Kamu dengan tepat dan ideal.

Baca juga: 15 Desain Dapur Warna Putih yang Otentik dan Cantik

1. Mengkategorikan Peralatan Dapur

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan saat menata dapur adalah mengelompokkan peralatan dapur berdasarkan jenisnya. Misalnya panci, wajan, pisau, dan bumbu dapur diletakkan pada satu area yang sama. Usahakan letakkan di dekat kompor agar proses memasak mudah dan lancar. Dengan begitu kamu juga bisa meletakkan piring, sendok, garpu, gelas dan “temannya” di area yang sama. Coba letakkan di dekat meja makan Kamu agar Kamu bisa makan lebih hemat.

2. Perbanyak Laci

Tambahkan saja laci untuk membuat dapur Kamu rapi. Ya, Kamu dapat menyimpan peralatan dan peralatan dapur dalam jumlah besar. Terdapat juga laci sehingga Kamu dapat dengan mudah mengeluarkan dan menyimpan barang. Ditambah lagi, ada laci sehingga Kamu bisa mengakses setiap sudut dan celah. Perhatikan rutinitas yang benar dalam menggunakan dapur.

3. Periksa Alur Penggunaan Dapur

Seperti yang Kamu ketahui, pengolahan makanan dimulai dari menyiapkan bahan, mencuci, memotong, dan memasaknya. Kegiatan-kegiatan ini harus didukung di lokasi yang sesuai dan berdekatan. Dengan demikian, kegiatan pengolahan pangan menjadi lebih efisien dan efektif seiring berjalannya waktu. Hal ini juga mengurangi rasa lelah saat menangani makanan karena tidak perlu terlalu sering bolak-balik.

Itulah dia penjelasan mengenai ukuran dapur ideal yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download