10+ Daftar Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Menarik Dikunjungi

Dipublikasikan oleh karina dan Diperbarui oleh anni ∙ 16 September 2023 ∙ 13 menit membaca

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan selalu punya magnet tersendiri untuk memikat masyarakat datang ke sini. Salah satunya adalah dari destinasi tempat wisata di Jakarta Selatan yang cukup beragam. Bahkan, peruntukkan wisata di Jaksel ini bisa ditujukan bagi keluarga, pasangan, teman-teman, hingga lokasi yang ramah anak. 

Anda yang berdomisili di Jabodetabek tak perlu khawatir kesulitan dalam mencari tempat wisata. Berbagai pilihan tempat jalan-jalan di Jakarta Selatan ini bisa jadi opsi menarik untuk dikunjungi di hari kerja maupun akhir pekan. Apa saja daftarnya? Yuk, simak melalui ulasan berikut!

Kebun Binatang Ragunan

Popularitas Kebun Binatang Ragunan sebagai tempat liburan di Jakarta Selatan yang menghadirkan berbagai jenis hewan masih berada di posisi teratas. Sebab tempat yang punya nama lain Ragunan Zoo ini kerap jadi tujuan bagi masyarakat yang ingin bertamasya bersama keluarga dengan melihat hewan-hewan. Bahkan, Kebun Binatang Ragunan cocok sekalia dijadikan destinasi wisata bila Anda memliki anak dan ingin memperkenalan ragam jenis binatang pada si kecil.

Sesuai dengan namanya, Kebun Binatang Ragunan berada di daerah Ragunan, Pasar Minggu. Dilihat dari lokasinya, tempat wisata ini dekat dengan wilayah Cilandak Timur, Pejaten Barat, Pejaten Timur, Jati Padang, dan lainnnya. Dengan begitu, Anda yang bertempat tinggal maupun sewa kontrakan di Pasar Minggu maupun daerah di sekitarnya memiliki tempat jalan-jalan terdekat yakni Kebun Binatang Ragunan. Sementara untuk Anda yang berdomisili di luar daerah ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti Bus Transjakarta, MRT, hingga KRL.

Jika ingin berkunjung ke sini, Anda perlu membeli tiket masuk sebesar Rp4 ribu untuk dewasa dan Rp3 ribu untuk anak-anak. Ada pula tiket karcis kendaraan yang perlu dibayar sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan. Agar lebih mudah, Anda bisa membayar menggunakan kartu Jakcard dengan harga Rp45 ribu dan Rp75 ribu. Sementara untuk jam bukanya, Kebun Binatang Ragunan ini beroperasi hari Selasa sampai Minggu jam 07.00 hingga 16.00 WIB. 

Di sini, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selain melihat berbagai satwa. Misalnya, berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer dengan membeli tiket masuk lagi, piknik bersama keluarga, hingga menaiki sepeda yang disewakan. Pusat Primata Schmutzer termasuk salah satu fasilitas yang tidak akan temukan di tempat wisata lainnya. Fasilitas lain dari kebun binatang ini di antaranya ada Taman Satwa Anak dan Taman Refleksi. 

Tebet Eco Park

Sumber: tebetecopark.id

Salah satu keuntungan tinggal di Jakarta Selatan adalah dekat dengan berbagai fasilitas dan tempat wisata di sini, termasuk ke Tebet Eco Park. Tebet Eco Park adalah tempat main sekaligus rekreasi di Jakarta Selatan berupa taman kota. Taman dengan luas 7,3 hektar ini dulunya bernama Taman Tebet, tapi kini sudah direvitalisasi guna mengoptimalkan fungsi rekreasi, ekologi, edukasi, dan sosialnya. Maka tak heran bila di Tebet Eco Park tersedia berbagai fasilitas dan permainan yang terbagi ke dalam beberapa zona. 

Mulai dari children playgroud, community garden, community lawn, forest buffer, thematic garden, wetland broadwalk, hingga infinity link bridge. Anda bisa datang ke sini bersama keluarga, teman, kekasih, bahkan sendiri saja tidak masalah karena ada berbagai hal yang bisa dilakukan. Misalnya, bersantai, berolahraga, bermain bersama si kecil, berfoto, memberi makan ikan di kolam, dan sebagainya. 

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa aturan yang perlu dipatuhi selama berada di Tebet Eco Park. Di antaranya Anda dilarang merokok, merusak tanaman, memberi makan hewan peliharaan Anda, membawa makanan dan minuman sambil bermain, membuang sampah sembarangan, dan lainnya. Peraturan-peraturan ini biasanya tertulis di dalam dan sekitar area taman. 

Dengan pemandangannya yang bagus dan udaranya yang sejuk, tempat wisata dan main di Jaksel ini bebas biaya alias bisa masuk dengan gratis. Hanya saja, Anda yang ingin berkunjung ke Tebet Eco Park harus mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi JAKI yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. 

Bagi Anda yang berdomisili di Tebet, seperti memiliki hunian di Tebet, tentu memiliki akses yang mudah untuk berkunjung ke taman kota ini. Untuk bisa datang ke sini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum menggunakan KRL dan Bus Transjakarta dengan stasiun KRL terdekat ada di Stasiun Cawang dan Stasiun Tebet. Agar bisa menikmati fasilitas di Tebet Eco Park, Anda bisa datang ke sini mulai jam 06.00 sampai 18.00 WIB. 

Jika Anda tertarik untuk sewa kontrakan di Tebet atau sewa ruko di Tebet, Anda bisa menemukan daftar listingnya di Pinhome.

Pondok Indah Water Park

Jika Anda sedang mencari tempat hiburan seru dan menarik di Jakarta Selatan berupa wisata air, maka pilihannya bisa ke Pondok Indah Water Park. Menariknya, lokasi Pondok Indah Water Park berada di Pondok Indah Mall 1, salah satu mall terbaik di Jakarta Selatan. Jadi, Anda yang berencana berkunjung ke mall setelah berenang tidak perlu berpindah terlalu jauh. 

Berdasarkan lokasinya, tempat wisata air ini dekat untuk masyarakat yang tinggal maupun sewa kontrakan di Kebayoran Lama, Gandaria, bahkan Pondok Indah. Namun, Anda yang tinggal di wilayah Jakarta Selatan, misalnya sewa apartemen di Jakarta Selatan, ataupun di luar wilayah ini tetap bisa menjangkau Pondok Indah Water Park.

Pondok Indah Water Park hampir tidak pernah sepi pengunjung karena ada berbagai fasilitas dan wahana menarik yang bisa dinikmati. Misalnya, wave pool, lazy river, water slides, flow rider, serta aqua play. Sementara untuk fasilitasnya, di sini tersedia ruang bilas, toilet, ruang ganti, loker, ruang ibu dan anak, musala, food court, area parkir, serta penyewaan ban dan pelampung. 

Untuk bisa masuk ke tempat hiburan air di Jakarta Selatan ini Anda perlu membeli tiket seharga Rp100.000 ribu di hari Senin – Kamis, Rp125.000 di hari Jumat, serta Rp200.000 di hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Pondok Indah Water Park beroperasi mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Urban Forest Cipete

Mencari tempat healing yang bagus dengan pemandangan taman yang asri di Jakarta Selatan tidak sulit. Salah satu pilihannya yakni Urban Forest Cipete. Berbeda dari taman kota, Urban Forest Cipete sebenarnya adalah ruang terbuka hijau yang menyerupai hutan kota. Anda akan menemukan area hijau, rerumputan, hingga pepohonan asri di tempat ini. Sebagai pelengkap, hadir pula beberapa kafe yang membuat sesi kunjungan menjadi lebih nyaman. 

Seperti namanya, Urban Forest Cipete berada di daerah Cipete, tepatnya beralamat di Jl. RS. Fatmawati Raya No.45, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Dekat sekali bila Anda memiliki rumah atau sewa kontrakan di Cilandak, Cipete, Fatmawati, dan sekitarnya. Telah berdiri sejak tahun 2022, wisata di daerah Jakarta Selatan ini menawarkan berbagai berbagai kegiatan menarik. 

Misalnya, berpiknik, bersantai, bersantap, berkumpul, bersepada, berfoto, bermain bersama si kecil di playground yang tersedia, hingga bekerja atau work from cafe (WFC). Anda bisa datang ke sini seorang diri maupun bersama keluarga maupun teman. Dengan suasananya yang asri dan rindang, asyik sekali menjadikan wisata di Jakarta Selatan ini sebagai spot foto yang bagus. 

Sementara untuk fasilitasnya, Urban Forest Cipete berupaya memberikan kenyamanan dengan menyediakan area parkir yang luas, toilet, stop kontak, akses WiFi, serta area playground untuk anak. Sembari menikmati suasana di sini, ada pula sejumlah tenant makanan dan minuman seperti Solo Pizza, Little Talk Bistro, Kohai Izakaya, El Profesor, dan lainnya. 

Jika Anda tertarik berkunjung ke sini, Urban Forest Cipete buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. Namun, salah satu waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di weekend karena biasanya ada acara-acara menarik yang diselenggarakan. 

Baca Juga: Rekomendasi Cafe Terbaik di Jakarta Selatan

Como Park

Como Park adalah tempat main di Jakarta Selatan dengan suasana santai dan fasilitas lengkap. Satu dari berbagai daerah terkenal di Jaksel ini cukup unik karena menyediakan ruang terbuka yang nyaman untuk Anda yang ingin membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Tak hanya itu, Anda juga bisa berolahraga, berpinik, berfoto, maupun bersantai dari penatnya hiruk pikuk ibu kota. 

Selain cocok untuk pecinta hewan, Como Park juga cocok bila Anda ingin membawa si kecil bermain karena tersedia taman atau arena bermain anak. Ada pula lapangan basket, lapangan sepak bola mini, berbagai spot untuk berfoto, hingga kafe dan restoran. 

Como Park berlokasi di Jl. Kemang Timur No.15 Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, sehingga cocok untuk Anda yang bertempat tinggi atau sewa apartemen di Mampang Prapatan, Kemang, dan sekitarnya. Jika ingin berkunjung, Como Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan

Statue 4 Heroes Gallery

Apakah Anda termasuk kolektor atau penggemar karakter superhero atau action figure? Jika ya, ada sebuah tempat hiburan di Jakarta Selatan yang sebenarnya merupakan toko action figure, tapi juga bisa Anda kunjungi untuk melihat-lihat. Namanya adalah Statue 4 Heroes Gallery. 

Seperti yang dijelaskan sebelumya, tempat ini sebenarnya adalah toko yang menjual berbagai karakter superhero tapi telah disulap juga menjadi sebuah galeri. Jadi, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata hits di Jakarta Selatan ini untuk melihat-lihat maupun membeli karakter yang Anda sukai. 

Ada sekitar 500 koleksi superhero, seperti Dragon Ball, Marvel, DC Comics, Monster Inc, Mickey Mouse, Transformer, One Piece, dan masih banyak lagi. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB, Statue 4 Heroes Gallery bertempat di lantai 4 dalam Lotte Shopping Avenue atau tepatnya di Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav 3-5, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Lokasinya tentu sangat dekat bagi Anda yang bertempat tinggai maupun sewa kontrakan di daerah Setiabudi Jakarta Selatan, Kuningan, dan sekitarnya.

ATV Cilandak Adventure

ATV Cilandak Adventure adalah tempat wisata outdoor di Jakarta Selatan yang menyediakan keseruan bermain wahana menantang. Jika Anda suka permainan yang menguji adrenalin, maka Anda wajib datang dan coba bermain ATV di sini. 

Tempat ini cocok sekali dikunjungi oleh siapa pun yang suka liburan sambil bermain. Trek dengan jalanan yang berbatu, tidak rata, dan penuh dengan tanah bisa menambah keseruan permainan. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa datang ke sini bersama pasangan, keluarga, maupun teman-teman. 

ATV Cilandak Adventure buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Tersedia beberapa pilihan harga permainan di sini, yakni Rp100 ribu untuk 1 tiket APV (3 lap per tiket) dan Rp150 ribu untuk 1 tiket motor (3 lap per tiket). 

Sementara untuk harga paket, tersedia beli 10 tiket dapat 12 tiket, beli 20 tiket dapat 24 tiket, dan beli 30 tiket dapat 35 tiket. Dengan membeli harga paket, Anda mendapatkan 2 free motor atau ATV. Ada pula opsi kombinasi yakni 10 tiket (5 ATV dan 5 motor) dan dapat 2 free ATV semuanya di harga Rp1,2 juta.

Untuk bisa menikmati wahana ini, Anda perlu datang ke ATV Cilandak Adventure yang berlokasi di Jl. Margasatwa No.44B,Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasi ini dekat dengan berbagai perumahan maupun sewa ruko di Pasar Minggu, Cilandak, serta Ragunan bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal atau ruko di daerah ini.

Kidzania Jakarta

idzania Jakarta adalah sebuah tempat wisata anak-anak yang mengusung konsep bermain sambil belajar. Berlokasi di Pasific Place Mall, di Kidzania Jakarta si kecil dapat menikmati berbagai aktivitas layaknya sebuah kota mini. Ada banyak aktivitas atau peran yang bisa diikuti si kecil, seperti:

  • Acting academy
  • Aesthetic clinic
  • Animation studio
  • Archaeological site
  • Aviation academy
  • Bank
  • Beauty salon
  • Bread house
  • Building climbing
  • Burger shop
  • Car design center, race track, and training center
  • Chocolate factory
  • City Oclock
  • City parade
  • City tour
  • Dental clinic
  • Detective agency
  • Earthquake survival intitute
  • Fire station
  • Hospital
  • National investigation agency
  • Theater
  • TV Studio
  • Dsb

Ya, memang ada banyak sekali profesi yang dapat dilakukan dan dimainkan si kecil di sini dengan tetap mengedepankan unsur edukasi. Permainan-permainan ini bisa diikuti oleh anak-anak dari usia 2–16 tahun. Sementara untuk orang dewasa, tidak bisa mengikuti kegiatan bermain peran kecuali menjadi penonton di Metropolitan Theatre of Kidzania. Orang dewasa bisa masuk, tetapi hanya dapat mengamati kegiatan anak dari luar. 

Di sini, tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luas. Semua dapat dibeli di Kidzania. Namun, Anda bisa membawa air minum dalam bentuk nonkemasan alias di botol minum sendiri. 

Kidzania buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 19.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya berbeda di hari weekday dan weekend. Berikut daftarnya:

  • Harga tiket weekday

    • Anak dan remaja: Rp325 ribu
    • Dewasa: Rp260 ribu
    • Half day pass anak: Rp275 ribu
    • Half day pass dewasa: Rp215 ribu

  • Harga tiket weekend

    • Anak dan remaja: Rp350 ribu
    • Dewasa: Rp285 ribu
    • Half day pass anak: Rp325 ribu
    • Half day pass dewasa: Rp235 ribu

Jika ingin mengajak si kecil menikmati aktivitas di Kidzania, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Anda bisa turun di Halte Transjakarta Senayan Bank DKI, Stasiun Sudirman, maupun Stasiun MRT ASEAN. 

Namun, dilihat dari lokasinya, Anda yang tinggal dan sewa rumah di Jakarta Selatan khususnya di daerah Senayan, Blok M, Sudirman, SCBD, dan sekitarnya akan lebih mudah untuk menjangkau Kidzania.

Pasar Santa

Pasar Santa adalah sebuah pasar unik di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Kebayoran Baru. Jadi, dekat sekali bila Anda memiliki tempat tinggal maupun sewa kontrakan di daerah Kebayoran Baru. 

Pasar Santa dulunya memang merupakan pasar tradisional, tapi kini telah direvitalisasi sehingga Anda bisa menemukan berbagai hal dijual di sini. Misalnya, ada area khusus untuk kios sayuran, sembako, daging, ayam, ikan, dan sebagainya. Ada pula area perlengkapan rumah tangga, toko emas, toko ponsel, sampai tukang jahit. 

Selain itu, salah satu hal yang membuat Pasar Santa kerap dikunjungi oleh banyak anak muda yakni terdapat sejumlah tempat makan dan nongkrong. Ya, ada toko-toko makananan yang bisa dikunjungi bersama teman, saudara, maupun pasangan. Bahkan, beberapa di antaranya cukup viral sehingga menjadi tujuan kuliner, misalnya Puding Pak Solihin yang buka dari pukul 11.00 sampai 19.00 WIB.

Sementara untuk Pasar Santa sendiri, rata-rata toko-toko di lantai atas beroperasi dari jam 11.00 sampai 20.00 WIB. Namun, untuk toko-toko di lantai basement yang menjual sayur dan daging-dagingan sudah buka sejak pukul 05.00 dan tutup di jam 18.00 WIB. 

Jika Anda tertarik untuk sewa rumah kontrakan di Kebayoran Baru, Anda bisa melihat daftar rumahnya di sini.

Komunitas Salihara Arts Center

Sumber: sewa.salihara.org

Komunitas Salihara Arts Center adalah sebuah komunitas seni dan budaya yang menampilkan berbagai unsur kesenian, seperti tari, teater, musik, hingga pameran. Berdiri sejak tahun 2008, Komunitas Salihara didirkan oleh Goenawan Mohamad yang sebenarnya telah mulai membentuk komunitas budaya ini tahun 1994 dengan nama Utan Kayu. 

Hanya saja, Komunitas Utan Kayu baru benar-benar dikembangkan setelah usianya cukup matang, yakni di tahun 2008 silam. Komunitas Salihara Arts Center berlokasi di Jl. Salihara Nomor 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang bisa dikunjungi oleh siapa saja, khususnya bila Anda tertarik dengan seni apalagi seni pertunjukan. 

Anda bisa datang ke sini dengan membuat perjanjian terlebih dahulu tanpa perlu tiket masuk bila hanya ingin melihat-lihat. Komunitas Salihara ini bisa dikunjungi setiap hari Senin sampai Jumat jam 10.00 sampai 17.00 WIB. 

Tempat Wisata Gratis di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan selalu punya hal menarik untuk dijelajahi, termasuk soal tempat wisata yang bisa didatangi tanpa berbayar. Berikut daftar tempat wisata gratis di Jakarta Selatan:

  • Taman Ayodya
  • Taman Literasi Martha Christina Tiahau
  • Museum Pancasila Sakti
  • Taman Langsat
  • Taman Tabebuya
  • Mataram City Park
  • Museum di Tengah Kebun

Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Cocok untuk Piknik

Bila ingin piknik bersama teman maupun keluarga, beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan berikut bisa Anda coba:

  • Taman Tabebuya
  • Taman Spathodea
  • Taman Ayodya

Tempat Wisata Hidden Gem di Jakarta Selatan

Jika ingin berkunjung bersama keluarga maupun teman ke tempat yang unik, berikut daftar tempat wisata hidden gem di Jakarta Selatan:

  • Museum di Tengah Kebun
  • Taman Literasi Martha Christina Tiahau
  • Mataram City Park
  • Climb on Plaza Semanggi