10 Keuntungan Tinggal di Kota Besar Seperti Jakarta

Dipublikasikan oleh puri ∙ 5 August 2024 ∙ 4 menit membaca

Pins, kalau kamu punya hunian di Jakarta, dapat merasakan berbagai keuntungan yang banyak dan memudahkan kamu, lho. Salah satunya adalah mobilisasi yang gampang, infrastruktur yang mumpuni, dan masih ada banyak lagi. Makanya, kamu harus simak apa saja keuntungan tinggal di Jakarta pada artikel ini!

Walaupun ada banyak kawasan hunian yang cukup dengan harga terjangkau, kota besar seperti Jakarta masih sampai sekarang menjadi pilihan utama para kaum urban metropolitan.

Tidak bisa dipungkiri, Jakarta memang dikenal sebagai wilayah yang dapat memfasilitasi dengan banyak keuntungan untuk siapa pun yang tinggal di wilayahnya. Tentunya banyak keunggulan dan hal lainnya yang menarik dari Jakarta yang tidak ada wilayah lainnya. Salah satunya ialah kemajuan infrastruktur yang terus meningkat yang berperan besar dalam mendukung pada ekonomi hingga skala nasional.

Lalu selain itu, infrastruktur yang sangat bagus juga dapat memberi kemudahan  pada akses warga dalam beraktivitas sehari-hari seperti pergi ke kantor, berolahraga, atau berwisata!

Kalau kamu berencana tinggal di kota besar seperti Jakarta, berikut ini Pinhome jabarkan keuntungan tinggal di kota Jakarta yang perlu kamu ketahui!

Keuntungan Tinggal di Kota Besar Seperti Jakarta

Tinggal di kota besar memiliki berbagai keuntungan yang menarik. Berikut ini merupakan keuntungan yang bisa kamu rasakan!

1. Akses ke Pendidikan yang Mudah

Sekolah, sampoerna academy
(Sampoerna Academy)

Kota besar sering kali memiliki berbagai institusi pendidikan berkualitas, mulai dari sekolah dasar hingga universitas ternama, memberikan banyak pilihan bagi kamu atau keluargamu untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan “akar” dari segala hal, maka dari itu faktor keunggulan ini sangat diperhitungkan bagi banyak orangtua yang ingin anaknya mengenyam pendidikan yang bagus di Jakarta.

Baca juga: Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta

2. Peluang Bisnis

pusat bisnis
(Pixabay/Geralt)

Untuk kamu para pengusaha, kota besar seperti jakarta memiliki keunggulan yang  sangat menguntungkan. Karena dengan banyaknya penduduk dan berbagai latar belakang, cocok sekali untuk kamu menjalankan bisnis di Jakarta. Akses untuk terhubung ke jaringan profesional dan investor juga lebih mudah.

3. Kehidupan Sosial yang Dinamis

(Pixabay)

Kota besar menyediakan banyak kesempatan untuk bersosialisasi melalui acara sosial, budaya, hiburan, dan komunitas yang beragam. Ini bisa membuat kehidupan sosial kamu lebih aktif dan beragam.

4. Banyak Lowongan Pekerjaan

lowongan pekerjaan
(Pixabay/Moondance)

Salah satu keuntungan tinggal di Jakarta yaitu ada banyak lowongan pekerjaan dan kesempatan kerja yang lebih tinggi. Faktanya, pusat kota biasanya merupakan pusat perekonomian pula. Terdapat banyak perkantoran, ritel, usaha, dan pabrik yang bisa kamu temukan di Jakarta. 

Maka dari itu, peluang kerja di Jakarta pun cukup tinggi untuk berbagai kalangan.Untuk mereka dengan pendidikan tinggi hingga pendidikan minim pun. Selain itu, UMP yang diberlakukan pun cenderung lebih tinggi dibanding daerah pedesaan.

5. Fasilitas Umum yang Memadai

(Pixabay)

Kalau kamu tinggal di perkotaan, tak perlu bingung meski tidak memiliki kendaraan pribadi. Karena fasilitas umum seperti alat transportasi di perkotaan banyak pilihan dan lebih lengkap. Kamu bisa dengan leluasa menggunakan angkot, bus, KRL, dan berbagai angkutan umum lainnya untuk mobilisasi.

Selain fasilitas moda transportasi, ada juga tempat ibadah, warung makan, hypermarket, dan minimarket juga bisa dengan mudah kamu jumpai.

Jakarta juga mempunyai fasilitas publik dengan gaya yang artistik, contohnya yaitu:

  • Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)
  • Gelora Bung Karno (GBK)
  • Bundaran Senayan

6. Berbagai Pilihan Hunian yang Modern

ruang tv minimalis
(Freepik)

Untuk kamu yang memiliki ketertarikan mengenai kehidupan modern, tinggal di perkotaan tentu akan cocok. Pasalnya, terdapat banyak pilihan hunian yang ada di sini. Konsep desain bangunannya pun lebih ke arah modern dengan teknologi yang canggih. Juga, ada pilihan rumah pintar yang bisa untuk kamu mengontrol hunian hanya dengan ponsel pintar.

7. Tingkat Kematian Akibat Kecelakaan Rendah

tol jagorawi
(Shutterstock)

Menurut penelitian dalam Annals of Emergency Medicine, tinggal di perkotaan cenderung lebih aman dari sudut pandang medis. Tingkat kematian akibat cedera lebih rendah di daerah perkotaan dibandingkan di daerah pinggiran kota dan pedesaan.

Alasan utamanya adalah tinggal di kota memberikan akses yang lebih mudah terhadap fasilitas medis darurat. Klinik dan rumah sakit hanya berjarak 1 km.

8. Perkembangan Teknologi yang Cepat

future technology
(Pixabay/Hansuan)

Tidak bisa dipungkiri bahwa daerah pedesaan tidak lebih cepat untuk perkembangan teknologinya dibandingkan dengan perkotaan. Yang mana manusia pada zaman ini tidak bisa terlepas dari teknologi. Untuk aktifitas sehari-hari pun diperlukan yang namanya teknologi. Baik itu kendaraan, alat elektronik, sistem listrik rumah tangga dan juga sistem keamanan rumah.

9. Transportasi yang Modern

(Pixabay)

Keuntungan sangat menarik yang ada di Jakarta adalah dengan adanya moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

Dengan transportasi berbasis rel ini bisa menyaingi teknologi kota besar di negara-negara maju. Kemudahan MRT dan LRT juga berperan besar dalam meningkatkan harga tanah dan properti, khususnya di Jakarta Selatan, Pins!

10. Upah yang Tinggi

Rupiah Upah cash
(Pixabay/Kayato)

Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jakarta tergolong salah satu yang paling tinggi di Indonesia. Pada tahun 2024 ini saja, pemerintah provinsi menetapkan  UMR Jakarta 2024 sebesar Rp5.067.381 juta per bulan. Menurut Pins ini sebanding dengan mahalnya biaya hidup di Jakarta, tidak?

Itulah dia keunggulan tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bagaimana, apakah Pins tertarik untuk menetap di Jakarta?