Sebelum Beli Rumah, Cek Daerah Bebas Banjir di Bekasi!

Dipublikasikan oleh puri ∙ 15 August 2024 ∙ 5 menit membaca

Mau beli rumah di Bekasi? Daerah bebas banjir di Bekasi seperti Jatimelati, Lembangjaya, Tambun Utara dll bisa menjadi pilihan terbaik. Mau tau daerah anti banjir lainnya? Simak di bawah ya!

Rumah yang dibeli harus jauh dari risiko banjir karena rumah yang terkena banjir mudah rusak. Ini disebabkan oleh fakta bahwa air yang menggenangi bagian banguan rumah akan merusak kualitas struktur bangunan. Contohnya, bagian cat di dinding yang tergenang banjir akan mudah mengelupas, menyebabkan penampilan rumah menjadi lebih buruk. Dinding yang tergenang air, di sisi lain, akan mudah retak, terutama selama masa genangan yang lama.

Oleh karena itu, setelah banjir surut, akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk merenovasi rumah, dan tentunya akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, rumah yang berada di daerah banjir akan sulit untuk dijual lagi, dan bahkan jika rumah itu laku, margin keuntungan akan sangat rendah atau bahkan rugi. Karena itu, jika kamu berencana membeli rumah di Bekasi, pastikan bahwa unit rumah kamu berada di tempat yang aman dari banjir. Keluarga akan merasakan tingkat kenyamanan tinggi dengan memilih unit rumah yang bebas banjir. Selain itu, pilihan ini akan meningkatkan nilai jual unit rumah di masa depan.

Daftar Daerah Bekasi yang Tidak Banjir

(Pixabay)

Di Bekasi, ada beberapa wilayah yang tidak berisiko banjir, dan pengembang telah membangun rumah di tempat-tempat tersebut. Rumah-rumah yang jauh dari potensi banjir inilah yang harus ditebus. Supaya keluarga yang tinggal dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat. Kualitas hidup juga meningkat. Saat musim hujan tiba, kamu dapat tetap tenang dan beraktivitas, seperti pergi ke kantor atau bekerja. Berikut dua perumahan di wilayah Bekasi yang berpotensi aman dari banjir :

1. Sriamur, Tambun Utara

Sriamur adalah sebuah kawasan perumahan yang terletak di Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat. Kawasan ini menawarkan berbagai keunggulan bagi mereka yang mencari hunian yang bebas banjir di wilayah Bekasi.

Salah satu perumahan yang berada di Sriamur adalah Grup Damai Putra yang membangun perumahan Tera Damai Bekasi berdasarkan konsep kawasan mandiri yang berdiri di atas lahan 100 hektar. Kawasan perumahan Bekasi Tera Damai Bekasi memiliki konsep yang luar biasa. Tata kelola lingkungan perumahan menerapkan sistem sistem water sensitive urban design (WSUD). Dengan demikian, kawasan perumahan Tera Damai Bekasi menjadi lebih asri dan bebas dari banjir.

Sebaliknya, wilayah Tera Damai ini memiliki danau yang luas. Danau buatan ini berfungsi sebagai tempat untuk menampung air dan bersantai. Selain itu, unit rumah berada di lokasi yang sangat dekat dengan pintu Tol Cibitung-Cilincing. Rumah dengan harga mulai dari Rp 480 jutaan juga cukup murah.

2. Lambangsari, Tambun Selatan

(Pixabay)

Lambangsari terletak di Tambun Selatan, Bekasi, yang memiliki akses strategis ke berbagai fasilitas umum dan jaringan transportasi. Lokasi ini dekat dengan jalan utama serta akses ke jalan tol seperti Tol Jakarta-Cikampek dan Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road), memudahkan penghuni untuk bepergian ke Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Keberadaan akses transportasi ini menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang bekerja di Jakarta tetapi ingin tinggal di area yang lebih tenang. 

Salah satu perumahan yang ada di Lambangsari adalah Perumahan Dukuh Bima, salah satu kawasan perumahan yang terletak di Bekasi, Jawa Barat. Terkenal dengan lingkungan yang asri dan fasilitas yang lengkap, Dukuh Bima menawarkan berbagai keunggulan bagi keluarga yang mencari hunian yang nyaman dan terjangkau di wilayah Bekasi.Tercatat selama 4 tahun terakhir, perumahan ini hanya pernah banjir satu kali pada 2020.

3. Lambangjaya, Tambun Selatan

Lambang Jaya terletak di Tambun Selatan, Bekasi, yang menawarkan akses mudah ke berbagai fasilitas umum dan jalan raya utama. Lokasinya yang strategis memudahkan penghuni untuk bepergian ke Jakarta dan kota-kota sekitarnya melalui jalan tol seperti Tol Jakarta-Cikampek. Keberadaan akses transportasi ini menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang bekerja di Jakarta namun ingin tinggal di area yang lebih tenang di Bekasi.

Salah satu perumahan yang ada di Kecamatan Lambangjaya adalah Perumahan Grand Wisata, salah satu proyek perumahan terbesar dan paling berkembang di Bekasi, Jawa Barat. Dikenal dengan konsep perumahan modern dan fasilitas lengkap, Grand Wisata menawarkan berbagai keunggulan bagi mereka yang mencari tempat tinggal yang nyaman dengan harga yang lumayan fantastis di kawasan Bekasi.

4. Jatimelati, Pondok Gede, Bekasi

(Pixabay)

Kelurahan Jatimelati adalah salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Kelurahan ini dikenal dengan lingkungan yang berkembang dan fasilitas yang mendukung kehidupan sehari-hari.

Dalam kelurahan tersebut terdapat Komplek Bulog atau Perumahan Bulog yang bebas dari banjir, kamu bisa memasukkan komplek rumah satu ini ke dalam daftar perumahan yang nyaman dan bebas banjir yang bisa kamu tinggali.

Cara Siaga Banjir yang Perlu Kamu Ketahui dan Pelajari

(Pixabay)

Ini jelas tidak akan membantu mengatasi banjir di Indonesia dengan hanya mengetahui lokasi banjir daripada banjir itu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengantisipasi banjir, yang akan kamu pelajari di ulasan berikutnya! Kerja bakti di lingkungan, karena sampah dan kotoran yang menumpuk adalah penyebab utama banjir. Akibatnya, kamu dan masyarakat sekitar harus rajin membersihkan, bukan hanya satu tetapi semua.

Amankan dan siapkan segala sesuatu untuk menangani banjir, dikarenakan, meskipun upaya pencegahan banjir telah dilakukan, banjir masih mungkin terjadi jika lingkungan sekitar kamu tidak dikelola dengan baik. Kamu dapat mempersiapkan semua dokumen sebelum banjir, serta perlengkapan lainnya. Selalu update dalam informasi, terutama tentang informasi tentang lokasi banjir dan informasi lainnya. Jika kamu memiliki informasi terbaru tentang banjir, maka kamu akan lebih siap untuk menghadapi banjir.

Pastikan kamu memiliki pompa celup, untuk menyedot air banjir yang akan menerjang wilayah kamu. Pompa celup memungkinkan air banjir tersedot dan surut dengan cepat.

Itulah dia daerah bebas banjir di Bekasi, semoga bermanfaat ya, Pins!

Featured Image: Kelurahan Jatimelati Web