BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Jenis Desain Dinding Rumah Modern yang Keren
0
0

6 Jenis Desain Dinding Rumah Modern yang Keren

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 25, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dinding merupakan bagian struktur bangunan, penyangga atap dan langit-langit serta pemisah ruangan. Selain fungsi utamanya, dinding juga merupakan unsur estetika interior rumah. Sampai saat ini, ada banyak jenis dinding yang diklasifikasikan menurut bahan yang digunakan. Setiap penutup dinding memiliki manfaat dan karakteristik unik yang sesuai dengan kebutuhan rumah Kamu. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan enam jenis dinding rumah yang cocok untuk rumah modern.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait pembahasan ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Konsep Rumah Modern

Banyak ahli percaya bahwa masa keemasan desain modern dimulai pada tahun 1920-an hingga akhir tahun 1950-an. Artinya konsepnya sangat dekat dengan desain retro. Konsep rumah ini  berusia 100 tahun dan dasar penerapannya mengarah pada gaya hidup modern Abad Pertengahan. Kebanyakan  rumah modern menggunakan konsep  terbuka dan furnitur minimalis sehingga memberikan kesan lebih lapang. Plastik, kayu, beton ekspos, dan baja semakin banyak digunakan dalam furnitur konsep perumahan modern. Furnitur juga menggunakan  bahan yang kemudian dipoles, seperti kaca atau krom.

Karakteristik Rumah Modern

Berikut ini adalah karakteristik dari rumah modern:

1. Sederhana

Konsep rumah ini  mengurangi hal-hal yang  tidak perlu dan tidak penting. Bentuknya juga lebih sederhana dan biasanya menampilkan lantai terbuka dan dinding interior minimalis.

2. Dominan Warna Putih atau Warna Cerah

Menggunakan warna cerah  akan membuat ruangan Kamu lebih terang. Cahaya yang tersebar di area luas juga merupakan cahaya alami sehingga ramah terhadap anggaran pencahayaan Kamu. Selain penyangga cat fasad, juga  menggunakan jendela besar dan panel surya sehingga cocok tidak hanya bagi mereka yang mencari rumah asri, tetapi juga bagi gerakan penghijauan.

3. Furniture Minimalis

Furnitur yang digunakan di dalam rumah juga  minimalis, atau semakin sederhana semakin bagus. Furnitur seperti rak TV dan kursi memberikan kesan yang jelas.

 Ada yang multifungsi, menyatu dengan furnitur lain atau menyembunyikannya. Yang mengesankan adalah tidak banyak orang yang menggunakan furnitur berukuran besar dan memakan tempat.Modern dalam istilah desain umumnya akan mengacu pada rumah yang memiliki garis bersih juga tajam.

Fungsi Dinding Rumah

Sebelum membeli rumah, penting untuk memperhatikan detail bangunannya, seperti dinding  rumah.

 Selain sebagai penyangga atap dan langit-langit, dinding juga mempunyai fungsi lain, antara lain:

  • Melindungi isi rumah dari cuaca panas, hujan dan angin
  • Memisahkan ruangan dalam bangunan
  • Mengurangi gangguan  luar seperti pencemaran udara dan suara
  • Mendukung nilai estetika suatu bangunan.

 Sebelum membangun rumah, kami akan memperkenalkan jenis-jenis dinding rumah yang bisa Kamu jadikan referensi. Penggunaan dinding  bata sudah meluas di perumahan Indonesia.

Jenis Dinding Rumah Modern

Berikut ini jenis-jenis dari dinding rumah modern yang perlu Kamu tahu!

1. Jenis Dinding Batu Bata

Source : Pixabay

Batu bata umumnya berwarna merah dengan bahan baku tanah liat yang dicetak, kemudian dijemur hingga kering lalu dibakar. Jenis dinding batu bata memiliki sejumlah keunggulan, yaitu:

  • Harga yang terjangkau
  • Menjaga hunian sejuk
  • Dinding yang tahan api membuatnya lebih aman
  • Tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Jenis Dinding Batako

Source : Pixabay

Hampir sama dengan bata merah, dinding bata jenis ini juga sering digunakan sebagai dinding rumah. Tipe dinding ini cocok digunakan pada konsep perumahan modern.

Adapun keunggulan batako dibandingkan jenis dinding lainnya, ialah:

  • Beratnya lebih ringan
  • Ukuran atau dimensinya lebih besar
  • Memiliki harga yang murah
  • Bahan tahan lama dan kedap air.

3. Jenis Dinding Bata Ringan

Source : Freepik

Berikutnya adalah bata ringan yang biasa disebut tuas. Bahan ini terdiri dari campuran berbagai bahan seperti semen, pasir silika, dan gipsum. Kelebihan dinding ringan jenis ini adalah bahannya tidak berat, dapat menyerap panas dan cocok digunakan pada perumahan tahan gempa.

4. Jenis Dinding Kayu

Source : Pixabay

Saat ini dinding kayu sering digunakan pada desain rumah minimalis dan  modern. Bahan ini sudah teruji kekuatannya dan dikenal tahan lama. Bahan ini juga cocok untuk menunjang estetika sebuah rumah karena memiliki unsur seni dan menciptakan suasana alami.

5. Jenis Dinding Beton Ekspos

Source : Pixabay

Yang selanjutnya, beton ekspos ini sering terlihat pada rumah produksi dan desain rumah tropis modern. Dinding beton ini dibuat dari bahan asli tanpa finishing apapun. Keunggulan dinding beton ini adalah daya tahannya yang tinggi. Bahan ini juga memiliki biaya perawatan yang minimal, pelat beton berbiaya rendah, dan tahan  panas.

6. Jenis Dinding Batu Alam

Source : Pixabay

Penggunaan dinding batu alam dapat membuat rumah Kamu semakin menarik sekaligus memberikan nuansa unik. Batu alam  hadir dalam berbagai jenis dan corak, sehingga Kamu dapat mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan Kamu. Dinding jenis  ini juga tahan gores dan noda serta mudah perawatannya.

Itu dia Jenis Desain Dinding Rumah Modern Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli atau Membangun Rumah.

 Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download