BlogPemilik PropertiDesain HunianIkuti Cara Memasang Fitting Lampu yang Benar
0
0

Ikuti Cara Memasang Fitting Lampu yang Benar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara-memasang-fitting-lamputop-right-banner

Di dalam sebuah rumah pencahayaan merupakan hal yang sangat penting untuk menerangi seisi rumah ketika gelap malam datang. Mungkin tidak hanya pada malam hari, pencahayaan di dalam rumah juga sangat berguna pada siang hari jika minimnya cahaya yang masuk ke dalam rumah. Selain pencahayaan dari matahari pada siang hari, rumah juga membutuhkan bantuan lampu untuk penambah penerangan. Maka dari itu, penting bagi Pins untuk tahu cara memasang fitting lampu yang benar.

Sumber penerangan dari lampu dihasilkan dari listrik yang mengalir ke lampu dan membuatnya menyala terang. Namun ternyata tidak sesederhana itu proses menyalanya lampu. Sebelum lampu dapat digunakan untuk memberi pencahayaan, lampu harus memiliki ‘rumah’ terlebih dahulu agar dia dapat menyala. 

Proses memasang rumah lampu tersebut biasa disebut dengan fitting lampu. Biasanya jika Pins baru membangun sebuah rumah terdapat kabel-kabel yang sengaja dibuat menjulur keluar dari permukaan plafon rumah. Dari kabel tersebut rumah lampu akan dipasangkan dengan proses fitting lampu. 

Proses fitting lampu sangat penting untuk Pins ketahui jika fitting lampu yang lama sudah usang. Tidak jarang fitting lampu rusak akibat pemakaian yang sudah terlalu lama. Jika fitting lampu sudah rusak maka akan menimbulkan risiko bahaya yang tidak diinginkan. 

Fitting lampu yang sudah uzur dapat menyebabkan konsleting listrik dan bisa memancing kebakaran pada rumah. Pastinya hal tersebut tidak Pins inginkan sampai terjadi di rumah. Oleh karena itu, Pins harus paham bagaimana cara memasang fitting lampu yang baik dan benar. 

Proses fitting lampu tidaklah serumit yang Pins mungkin pikirkan, tanpa perlu memanggil tukang Pins sudah dapat memasangnya sendiri di rumah. Mari simak informasi di bawah ini yang akan memberikan langkah-langkah cara pasang fitting lampu yang baik dan tidak menimbulkan bahaya. 

Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

(Pinterest)

Sebelum Pins memulai memasang fitting lampu di rumah, Pins perlu menyediakan beberapa peralatan yang akan digunakan. Peralatan berikut perlu disiapkan agar kemudian memudahkan Pins dalam proses pemasangan fitting lampu. 

Peralatan yang perlu Pins siapkan di antaranya adalah pisau cutter yang tajam untuk melepas fitting jika terlanjur dicat dengan plafon, obeng, tang lancip, pengupas kabel, alat tes tegangan, dan lasdop. Itulah beberapa peralatan yang biasa digunakan oleh tukang listrik untuk bekerja. 

Siapkan Fitting Lampu Baru

(Pinterest)

Langkah kedua dalam proses cara memasang fitting lampu adalah menyiapkan fitting lampu yang baru. Sebelumnya Pins cek dulu kabel yang akan disambungkan ke fitting lampu yang baru pada plafon rumah sudah dalam keadaan yang siap untuk disambung. 

Saat proses memasang fitting lampu kalau bisa gunakan penyangga pada fitting tersebut agar tidak menggantung. Gunakan tangga lipat untuk memudahkan proses ini. Lalu pastikan ujung kabel yang terbuka setidaknya harus sesuai spesifikasi lasdop yang dipakai, sekitar 1 cm hingga 1,25 cm. 

Sambungkan Kabel-Kabel Fitting

(Pinterest)

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel-kabel fitting yang baru. Kabel yang menjulur dari plafon tadi harus disambungkan kembali dengan kabel baru sama seperti kabel fitting yang sebelumnya. 

Pins sambungkan beberapa kabel yang sama-sama berwarna putih dengan putih, hitam ke hitam, dan kabel ground dengan logam yang tersedia pada junction box. Sambungkan kabel netral yang juga berwarna putih dengan kabel netral lainnya. Setelah itu pertemukan kedua ujung kabel dan lilit kedua kabel tersebut bersamaan sesuai arah pemasangan lasdop. 

Baca juga: Kelebihan Lampu LED, Cahaya Lebih Nyaman Dan Hemat Energi!

Pastikan Kabel Sudah Aman di Lasdop

(Pinterest)

Setelah beberapa kabel pada fitting lampu sudah saling tersambung dengan kabel yang ada di plafon rumah, Pins pastikan semua kabel tersebut sudah terpasang dengan aman oleh lasdop. Jika masih ada yang belum rapi, Pins dapat membuka lasdop lalu memotong kabel yang masih berantakan dan melapisinya dengan selotip listrik. Pastikan semua kabel tidak ada yang kendor dengan menarik masing-masing kabel. 

Masukkan Kembali Kabel ke Junction Box

(Pinterest)

Jika fitting lampu di rumah Pins menggunakan junction box, Pins masukkan semua kabel yang sudah tersambung ke dalamnya. Lalu sembari memasukkan fitting lampu ke plafon rumah. Jika fitting lampu sudah pas posisinya pada plafon, maka Pins perlu menambahkan sekrup pada fitting lampu agar benar-benar terpasang dengan baik. Hal tersebut perlu agar kabel-kabel yang sudah terpasang tidak berantakan dan mengganjal di atas. Pastikan semua terpasang dengan baik supaya menghindari risiko bahaya konsleting. 

Baca juga: Desain Lampu Hiasan Rumah Terbaik Dan Unik

Mencoba Lampu yang Baru

(Pinterest)

Setelah semua cara memasang fitting lampu sudah Pins lakukan sesuai dengan instruksi, dan fitting lampu sudah dalam keadaan yang erat dengan dudukannya, Pins dapat mencoba dengan memasangkan lampu baru. Pins pastikan lampu yang digunakan memiliki daya yang sesuai dengan produsen fitting. Setelah itu nyalakan kembali sekring listrik lampu, saklar lampu dan periksa dengan seksama hasil pemasangan Pins. 

Jika Pins mendapati lampu yang baru tidak menyala, maka kemungkinan besar ada sambungan yang kendur sebagai penyebab utamanya. Oleh karena penting untuk memastikan kabel saat pemasangan junction box. Setelah itu coba kembali lampu baru yang sudah dipasangkan.

Itulah beberapa langkah dalam proses cara pasang fitting lampu yang baik dan benar sesuai dengan standar keamanan. Dengan mengikuti semua langkah dengan baik maka Pins akan aman dari risiko bahaya. Setelah semua proses, Pins dapat mengecek fitting lampu secara berkala dalam beberapa tahun agar dapat melihat status kualitasnya. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download