BlogPemilik PropertiDesain HunianWajib Tahu! Begini Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik
0
0

Wajib Tahu! Begini Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 19, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Listrik kini sudah menjadi kebutuhan hidup. Mulai dari perangkat elektronik dan gadget, hingga kendaraan roda dua dan roda empat, semuanya menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Keberadaan dan peranan listrik tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi juga membuat hidup kita semakin nyaman dan tenteram. Pinhome akan menjabarkan mengenai cara mengetahui sumber korsleting listrik berikut ini!

Dengan munculnya listrik, banyak perubahan yang terjadi di dunia ini. Tanpa listrik, masyarakat sulit memenuhi kebutuhan dan menjalankan kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan atau kurang sadar akan keamanan listrik yang terpasang di rumahnya. Padahal risiko kebakaran akibat kebocoran listrik tinggi.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan korsleting listrik? Apa saja ciri-ciri korsleting listrik dan bagaimana cara mengatasi serta mencegahnya? Baca ulasan ini selengkapnya.

Baca juga:

Pengertian Korsleting Listrik

Source : Pixabay

Korsleting listrik adalah hubungan pendek listrik, yaitu hubungan akibat hambatan listrik yang dimulai dari ukuran kecil. Jika sambungan ini tidak segera diatasi maka dapat menjalar dan menjadi salah satu sumber korsleting listrik yang dapat menimbulkan ledakan kecil, ledakan besar, bahkan kebakaran. Lantas kapan biasanya terjadinya korsleting?

Korsleting bisa terjadi ketika pasokan listrik terputus atau rusak. Hubungan pendek atau arus pendek listrik sering terjadi pada bola lampu, stopkontak, atau produk elektronik. Secara teknis, korsleting ini terjadi ketika arus listrik terputus. Hal ini biasanya menyebabkan arus positif dan negatif saling bertabrakan sehingga berpotensi menimbulkan korsleting listrik.

Korsleting listrik dapat menimbulkan konsekuensi yang berpotensi berbahaya dan merugikan. Beberapa dampak yang mungkin terjadi tercantum di bawah ini. Contoh: kebakaran, kerusakan peralatan elektronik, cedera diri, pemadaman listrik, kerugian finansial.

Penyebab Korsleting Listrik

cara mengetahui sumber korsleting listrik
instalasi listrik

Sebelum membahas mengenai cara mengetahui sumber korsleting listrik, berikut Pinhome akan jabarkan mengenai penyebabnya terlebih dulu.

Masalah Instalasi Listrik

Penyebab paling umum dari korsleting di rumah adalah peralatan listrik yang rusak atau rusa adalah Ukuran kabel yang tidak memenuhi persyaratan, dekat dengan air, sensitif terhadap suhu. Oleh karena itu, Kamu perlu memperhatikan dengan cermat peralatan listrik di rumah Kamu.

Pinhome sangat menyarankan Kamu menyewa jasa pemasangan yang berpengalaman dan terencana dengan baik. Memeriksa kabel yang terpasang memerlukan pengetahuan khusus tingkat tinggi, dan pemeriksaan yang ceroboh oleh seseorang yang tidak memiliki keahlian atau pengetahuan kelistrikan dapat membahayakan nyawa penghuninya.

Kabel-kabel Rusak

Kabel yang digunakan dalam instalasi listrik dapat rusak karena kondisi lingkungan atau karena buruknya kualitas kabel itu sendiri. Insulasi kabel dapat terkelupas karena digigit binatang atau tertabrak lemari.

Mungkin juga jaket kabel rusak saat dibeli, namun tidak ditemukan kerusakan saat pemasangan sehingga menyebabkan korsleting. Sebab, korsleting listrik bisa terjadi ketika isolasi kabel fasa dan netral dilepas. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi peralatan listrik di dalam rumah agar tidak terjadi korsleting yang berdampak negatif.

Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui sumber korsleting listrik.

1. Periksa Kabel Listrik

cara mengetahui sumber korsleting listrik
Source : Pixabay

Jika Kamu menggunakan kabel dalam waktu lama  atau sering memutarnya, lapisan pelindung kabel dapat rusak atau terkelupas, sehingga menimbulkan area yang dapat menyebabkan korsleting. Periksa kabel daya secara rutin untuk memastikan lapisan pelindungnya tidak  terkelupas atau rusak.

2. Memeriksa Saklar dan Stop Kontak

Saklar atau soket yang kendor atau rusak  dapat mengakibatkan korsleting. Periksa sakelar dan soket secara teratur untuk memastikan bahwa semua sambungan dan klem yang menahan sakelar atau soket cukup aman.

3. Periksa Peralatan Listrik

Peralatan listrik yang rusak atau cacat seperti AC, lemari es, setrika, dan lain-lain juga dapat menyebabkan kebocoran listrik. Periksa peralatan listrik yang digunakan dan pastikan dalam kondisi baik dan terawat.

4. Periksa Instalasi Listrik

Source : Pixabay

Peralatan listrik yang rusak atau tidak stKamur dapat menyebabkan korsleting listrik. Pastikan peralatan listrik di rumah atau tempat usaha Kamu dipasang oleh tenaga profesional dan memenuhi stKamur yang berlaku.

5. Gunakan Alat Pengaman Listrik

Menggunakan alat pengaman seperti alat pengaman kelistrikan dan alat pemutus arus listrik (MCB) untuk mencegah terjadinya korsleting listrik. Alat pengaman listrik mengurangi risiko korsleting listrik dengan memutus aliran listrik secara otomatis ketika terjadi korsleting.

Ketahui sumber korsleting listrik dapat membantu Kamu mengambil tindakan pencegahan yang tepat dan meminimalkan risiko kecelakaan listrik. Selalu periksa peralatan listrik secara teratur dan pastikan instalasi listrik yang digunakan sesuai dengan standar yang berlaku.

Itulah dia cara mengetahui sumber korsleting listrik, semoga bermanfaat ya Pins!

Baca juga: Punya Lahan Berbentuk Trapesium? Cek 10 Inspirasi Desain Rumah Pojok Hook Ini!

Source Feature ImagePixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download