BlogPemilik PropertiDesain HunianTips dan Cara Memilih Jam Dinding Rumah yang Awet

Tips dan Cara Memilih Jam Dinding Rumah yang Awet

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 18, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard

Rumah bukan sekadar tempat tinggal, namun cerminan gaya hidup dan kepribadian pemiliknya. Salah satu cara untuk menambahkan sentuhan pribadi pada rumah Kamu adalah dengan mendekorasi dinding Kamu. Barang dekoratif yang sering diabaikan namun dapat memberikan pengaruh besar adalah jam dinding. Berikut Pinhome jabarkan cara memilih jam dinding yang awet ya!

Meski hadirnya smartphone yang dapat menampilkan waktu, hiasan jam dinding tetap memiliki kelebihan dan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pada artikel selanjutnya kami akan memperkenalkan cara memilih jam dinding yang tahan lama.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Cara Memilih Jam Dinding yang Awet

Jam dinding memainkan peran penting dalam desain interior. Pelajari cara memilih jam dinding yang awet yang tahan lama di bawah ini agar tidak cepat rusak.

1. Menentukan Ruangan untuk Jam Dinding

Source : Pixabay

Langkah terpenting dalam memilih jam dinding yang tahan lama adalah dengan mempertimbangkan ruangan di mana barang tersebut akan dipasang. Karena ukuran, desain, dan gaya jam mungkin berbeda dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Misalnya, jam dinding pendulum mungkin lebih cocok untuk ruang tamu dibandingkan kamar tidur.

2. Memilih Desain Jam Dinding

Setelah Kamu memutuskan sebuah ruangan, pilihlah desain jam dinding yang sesuai dengan gaya interior Kamu. Desain jam bervariasi dari klasik hingga modern. Oleh karena itu, sesuaikan  tema ruangan untuk mencapai keseimbangan visual.

3. Menghitung Ukuran Jam Dinding yang Diperlukan

Sesuaikan ukuran jam dinding dengan ukuran ruangan. Jangan memilih jam yang terlalu besar untuk ruangan kecil. Dan sebaliknya. Ukuran jam tangan yang tepat menjamin penampilan yang serasi dan indah.

4. Memilih Warna yang Sesuai

Source : Pixabay

Warna jam dinding harus sesuai dengan warna dinding dan elemen dekoratif lainnya di dalam ruangan. Penggunaan warna yang tepat dapat menciptakan kesan seimbang dan menambah daya tarik visual.

5. Mempertimbangkan Bahan Jam Dinding

Jam dinding  terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, logam, dan plastik. Pilihlah bahan yang sesuai dengan gaya dan suasana ruangan Kamu. Jam dinding kayu cocok untuk  tampilan yang lebih natural dan hangat. Bahan logam lebih cocok

6. Menentukan Tempat Terbaik untuk Meletakkan Jam Dinding

Setelah Kamu memilih jam tangan, tentukan tempat terbaik untuk meletakkannya. Letakkan jam dinding di tempat yang mudah terlihat agar tidak mengganggu keseharian Kamu. Ditempatkan secara strategis, jam menjadi lebih fungsional dan menjadi elemen menarik dalam ruangan.

7. Mengetahui Aturan dan Batasan Pemasangan Jam Dinding

Untuk menghindari kerusakan dan kenyamanan penggunaan, penting untuk memahami aturan dan batasan pemasangan jam dinding. Pastikan pemasangan dilakukan dengan aman dan sesuai pedoman.

Manfaat Jam Dinding di Rumah?

Source : Pixabay

Memanfaatkan jam dinding di rumah bukan hanya sekedar untuk hiasan saja. Namun, ia mempunyai banyak kelebihan. Berikut beberapa manfaat jam dinding.

1. Penunjuk Waktu yang Efisien

Jam dinding bukan hanya  alat untuk mengukur waktu, tetapi juga jam yang efisien. Bahkan di era teknologi modern, dimana smartphone banyak menggantikan  fungsi tradisional, jam dinding  memegang peranan penting dalam memberikan  akses informasi waktu yang mudah dan cepat di rumah.

Tidak perlu membuka ponsel atau perangkat lain. Kamu dapat dengan cepat mengetahui waktu hanya dengan melihat jam dinding.

2. Pengingat Kegiatan dan Pekerjaan

Jam dinding menjadi pengingat yang efektif saat menyelesaikan berbagai aktivitas di rumah. Melihat jam  membantu Kamu mengingat apa yang perlu Kamu lakukan, membantu Kamu mengatur waktu, dan meningkatkan produktivitas Kamu.

3. Pengingat Waktu Ibadah

Jam dinding juga berfungsi sebagai pengingat waktu kebaktian gereja. Terkadang ketika kita sedang melakukan aktivitas lain dalam kehidupan sehari-hari, kita lupa akan waktu untuk beribadah. Jam dinding dapat membantu Kamu tetap disiplin dalam menjalankan kewajiban agama.

4. Elemen Dekoratif yang Mempercantik Ruangan

Jam dinding tidak hanya berfungsi sebagai barang fungsional, tetapi juga menjadi elemen dekoratif yang mencerahkan ruangan. Kamu dapat memadukan jam dinding  dengan desain berbeda ke dalam tema dan gaya dekorasi ruangan Kamu untuk menciptakan keseimbangan visual yang indah.

Tips Merawat Jam Dinding Agar Tetap Awet

Source : Pixabay

Jam dinding memiliki berbagai macam fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Itu sebabnya perawatan yang tepat penting untuk memastikan umur panjang. Oleh karena itu, perhatikan tips perawatan berikut ini agar jam dinding Kamu bisa bertahan lebih lama.

1. Bersihkan Jam secara Berkala

Luangkan waktu  untuk membersihkan jam dinding Kamu secara rutin. Secara khusus, hindari penumpukan debu dan kotoran pada mesin jam.

Membersihkan bagian depan dan belakang jam tangan Kamu akan membuatnya tetap bersih dan berfungsi. Namun, untuk melindungi permukaan jam tangan Kamu, hindari penggunaan larutan pembersih yang keras.

2. Ganti Baterai Secara Berkala

Baterai merupakan bagian penting pada jam dinding, khususnya jam analog. Untuk memastikan jarum dan angka terus bergerak secara akurat, harap ganti baterai secara berkala sesuai petunjuk penggunaan.

3. Perbaiki Jam yang Tidak Berfungsi

Jika jam tangan Kamu bermasalah, coba perbaiki terlebih dahulu sebelum  menggantinya. Jika Kamu tidak yakin, hubungi ahli reparasi jam tangan untuk memeriksa apakah jam tangan Kamu berfungsi dengan baik.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download