BlogPemilik Properti7 Cara Memutus Generasi Sandwich, Saatnya Berhenti di Kamu!
0
0

7 Cara Memutus Generasi Sandwich, Saatnya Berhenti di Kamu!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Sep 9, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara memutus generasi sandwichtop-right-banner

Generasi sandwich adalah istilah untuk orang yang harus merawat orangtua dan anak-anak sekaligus. Jika kamu merasa seperti di antara tanggung jawab ini, kamu tidak sendiri. Untungnya, ada cara memutus generasi sandwich yang bisa dicoba. 

Ini tentu bertujuan untuk meringankan beban ini dan bikin masa depan keuangan kamu jadi lebih stabil. Yuk, simak bagaimana solusi generasi sandwich di bawah ini!

Cara memutus generasi sandwich

Ada beberapa langkah praktis yang bisa Pins ambil untuk memutus generasi sandwich. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu:

1. Kenali akar masalahnya

Pertama dan utama, Pins perlu tahu nih dari mana penyebab sandwich generation di keluarga. Terjebak di generasi sandwich sering terjadi karena kamu tidak sadar beratnya beban finansial dan emosional yang dipikul. 

Sebagai contoh, merawat orang tua memerlukan biaya kesehatan dan biaya hidup. Tentu saja, ini dilakukan sembari memenuhi kebutuhan dan pendidikan anak. 

Biaya double seperti ini memang bisa menggerus uang tabungan dan membuat kamu sulit untuk menyimpan dana pensiun. Selain itu, tekanan emosional bisa jadi penghalang besar karena mengurus dua generasi bisa bikin stres luar biasa. 

Itu sebabnya, penting cari solusi untuk mengurangi stres dan mengelola keuangan demi memutus generasi sandwich.

Baca juga: Mudah! Begini Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi dengan Tepat

2. Buat rencana keuangan yang solid

Setelah tahu dari mana masalahnya, solusi bagi generasi sandwich adalah menyusun rencana keuangan yang lengkap. Rencana ini harus meliputi semua hal kehidupan finansial Pins dan keluarga. 

Pertama, tentukan prioritas keuangan. Apakah Pins ingin menabung untuk pensiun, membiayai pendidikan anak, atau biaya perawatan orangtua? Memilah-milih prioritas bisa membantu mengalokasikan dana dengan lebih baik.

Setelah itu, buat anggaran yang realistis. Pastikan anggaran mencakup semua pengeluaran rutin dan biaya jangka panjang, seperti pendidikan dan kesehatan. Jangan lupa siapkan dana darurat untuk kebutuhan tidak terduga. Bila masih memungkinkan, cobalah investasi untuk generasi sandwich agar lebih cepat terbebas finansial.

3. Manfaatkan asuransi sebagai perisai

Salah satu cara memutus generasi sandwich yang mungkin sering terlewat adalah memiliki asuransi, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan. Pastikan Pins punya asuransi kesehatan untuk menutup biaya medis yang tidak murah untuk diri sendiri, orangtua, maupun keluarga. 

Tidak hanya itu, usahakan untuk punya asuransi jiwa sebagai jaminan finansial jika terjadi hal tidak diinginkan. Pilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

4. Dukung kemandirian finansial anak

Source : Pexels

Mendorong kemandirian finansial pada anak bisa membantu memutus siklus generasi sandwich. Ajarkan mereka pentingnya mengelola keuangan sejak dini.

Berikan pendidikan tentang bagaimana cara menabung, berinvestasi, dan mengelola uang. Ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti mengajari nilai uang dan cara menggunakannya dengan bijak.

Bila memungkinkan, cobalah ajak anak untuk mencoba kerja paruh waktu atau tanggung jawab finansial kecil lainnya. Cara ini membantu mereka menghargai nilai kerja keras dan memahami pentingnya mengelola uang. 

Baca juga: 7 Tahap Mencapai Kebebasan Finansial untuk Setiap Individu

Tipe Sandwich Generation

5. Rencanakan perawatan untuk orangtua

Merencanakan perawatan jangka panjang untuk orang tua juga penting sebgai cara memutus generasi sandwich. Pertimbangkan berbagai layanan perawatan untuk orang tua dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan mereka serta kemampuan finansial kamu.

Siapkan dana khusus untuk perawatan orang tua. Kamu bisa memanfaatkan produk keuangan seperti asuransi atau tabungan khusus untuk memastikan mereka mendapatkan perawatan terbaik. Dengan memiliki rencana yang jelas, kamu bisa meminimalisir beban finansial dan emosional di kemudian hari.

6. Cari dukungan lebih

Hadapi tantangan generasi sandwich ini nggak harus sendirian. Bergabung dengan grup yang fokus pada tantangan generasi sandwich bisa memberikan dukungan emosional dan solusi praktis yang kamu butuhkan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan, terapis, atau konselor keluarga. Mereka bisa memberikan panduan dan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kamu.

7. Jaga kesehatan mental dan fisik

Merawat dua generasi sekaligus itu memang bikin kepala pusing. Pastikan kamu punya waktu untuk relaks dan menjaga kesehatan mental sendiri. Coba teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga. Ini bisa membantu menenangkan pikiran setelah hari yang panjang.

Jangan lupa untuk ambil waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu nikmati dan yang bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Cara memutus generasi sandwich mungkin bukan jalan yang mudah, tapi dengan strategi yang tepat, Pins bisa melakukannya. Dengan solusi generasi sandwich di atas, kamu bisa bikin masa depan keuangan yang lebih stabil dan memberi kehidupan yang lebih baik. 

Baca juga: 6 Ilmu Finansial dari Drama Korea Itaewon Class


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download