BlogPemilik PropertiApa Saja Keunggulan Tinggal di Perumahan? Ini Daftarnya!
0
0

Apa Saja Keunggulan Tinggal di Perumahan? Ini Daftarnya!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 17, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
keunggulan tinggal di perumahantop-right-banner

Pilihan tempat tinggal saat ini memang cukup bervariasi salah satunya tinggal di perumahan. Alternatif membeli rumah dirasa lebih hemat dibandingkan membangun hunian secara mandiri. Apalagi dengan fasilitas umum yang lengkap di lingkungan perumahan terbukti mampu meningkatkan kenyamanan penghuninya.

Khususnya dalam segi keamanan, rata-rata perumahan memiliki sistem keamanan 24 jam penuh. Security pun rutin berpatroli guna mencegah resiko pencurian atau tindak kriminal lainnya. 

Bagi yang sudah berkeluarga, tinggal di perumahan juga dirasa lebih aman karena anak-anak dapat leluasa beraktivitas di luar rumah tanpa khawatir karena didukung sistem keamanan yang ketat.

Ditambah lagi pada perumahan cluster  menyediakan area bermain untuk anak, taman dan sarana olahraga lainnya. Untuk mencari hiburan atau tempat piknik maupun relaksasi kini tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar perumahan. Ragam keunggulan di atas yang membuat perumahan tak pernah sepi peminat. 

1. Keamanan yang Terjamin

keunggulan tinggal di perumahan
Source : Pexels

Mayoritas perumahan memiliki sistem keamanan terpadu yang menggabungkan teknologi dengan petugas keamanan profesional. Ada petugas keamanan yang berjaga 24 jam dan terlatih sehingga bisa menangani kondisi bahaya maupun situasi darurat.

Dalam menjalankan tugasnya, petugas keamanan mengikuti SOP security perumahan yang ditetapkan. Tujuannya agar petugas bisa bekerja dengan cakap, memiliki jadwal pergantian shift yang jelas dan mampu menyelesaikan konflik atau gangguan keamanan.

Developer juga memasang CCTV di beberapa titik perumahan agar memudahkan pengawasan dan sebagai bukti rekam di pengadilan saat terjadi tindak kriminal. Tersedia pula sistem satu gerbang guna mengintervensi pihak-pihak yang tidak berkepentingan memasuki wilayah perumahan tersebut.

2. Privasi Lebih Terjaga

Source : Pexels

One gate system yang ada di perumahan memberikan privasi lebih baik kepada penghuni. Sistem ini menerapkan pintu masuk tunggal yang membatasi akses masuk.

Jalan dalam perumahan tersebut bukanlah jalan umum sehingga adanya sistem satu pintu mampu meminimalisir lalu lintas di perumahan dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang.

Selain itu, untuk masuk ke perumahan tidak bisa sembarangan orang. Ada intervensi yang diberlakukan guna menjaga privasi dan keamanan penghuni di perumahan tersebut.

Baca juga: Apa Itu Portal Perumahan? Ini Fungsi, Aturan, dan Contohnya!

3. Fasilitas Lengkap

keunggulan tinggal di perumahan
Source : Shutterstock

Salah satu faktor yang mampu meningkatkan kenyamanan perumahan adalah adanya fasilitas umum yang lengkap di perumahan. Fasilitas bersama ini meliputi kolam renang, gym, taman bermain bahkan clubhouse.

Developer sengaja membangun fasilitas perumahan agar penghuni merasa lebih betah tinggal di perumahan dan menunjang gaya hidup modern. Sebagian besar perumahan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau yang luas dan lapangan olahraga.

Kini untuk piknik bersama keluarga maupun jogging tidak perlu lagi ke luar perumahan. Pins dapat menggunakan lintasan jogging yang ada di perumahan tanpa perlu khawatir kendaraan berlalu lalang.

4. Lingkungan Sosial Terjaga

Source : Shutterstock

Tinggal di perumahan dirasa lebih mudah membangun kehidupan sosial. Ada banyak acara komunitas yang mempererat interaksi antar tetangga seperti arisan, kegiatan olahraga bersama maupun perayaan hari raya.  Hal ini juga yang menjadi perbedaan perumahan cluster dan residence dengan rumah tapak biasa. 

Meskipun terdiri atas berbagai latar belakang namun adanya kesamaan lingkungan tempat tinggal mampu menciptakan rasa kebersamaan dan persatuan di antara penghuninya. Lingkungan sosial yang baik akan mendorong keamanan dan menghindari hal-hal negatif termasuk kriminalitas.

Selain itu lingkungan sosial yang terjaga dengan baik akan membentuk perorangan atau kelompok keluarga yang positif. Perumahan yang aman dan lingkungan sosial baik mampu meningkatkan kualitas hidup penghuni baik secara mental dan fisik. 

5. Desain Rumah Fungsional

Source : Shutterstock

Dengan membeli rumah jadi di perumahan membuat Pins tidak perlu memikirkan lagi arsitektur hunian. Developer telah merancang hunian sesuai fungsinya dengan tata letak yang baik dan memanfaatkan ruang secara maksimal.

Apalagi desain perumahan yang berkembang saat ini dipikirkan secara profesional oleh arsitek. Selain memiliki fasad yang indah, rumah dirancang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern.

Contohnya desain unit minimalis modern di perumahan Pemda Sleman yang memiliki layout efisien dan mengutamakan fungsionalitas setiap sudut rumah. Ada pula hunian berkonsep open space yang meminimalisir penggunaan sekat agar ruangan tampak lebih lapang. 

6. Akses yang Mudah ke Fasilitas Publik

keunggulan tinggal di perumahan
Source : Shutterstock

Pemilihan lokasi perumahan tidak asal, developer memilih area yang strategis agar mempermudah mobilitas penghuninya. Misalnya letak perumahan elit yang berada di pusat kota dan dekat area komersial maupun fasilitas publik seperti sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan transportasi umum.

Tidak jarang developer melengkapi fasilitas perumahan mewah dengan shuttle bus yang bisa digunakan semua penghuni. Tujuannya agar lebih menghemat waktu dan energi penghuni saat menjangkau fasilitas umum tersebut. Perumahan yang dekat fasilitas umum mampu meminimalisir biaya transportasi dan lebih cepat mengakses layanan.

7. Lingkungan Bersih dan Tertata

Source : Shutterstock

Lingkungan perumahan juga lebih teratur dan bersih karena ada manajemen yang bertanggungjawab atas pemeliharaan fasilitas maupun lingkungan. Untuk menjaga kebersihan lingkungan tersedia jasa pengangkutan sampah dan petugas kebersihan yang rutin membersihkan fasilitas perumahan tersebut.

Selain itu, perumahan biasanya memiliki aturan pengelolaan yang ketat untuk menjaga kebersihan dan tata kelola lingkungan. Contohnya pada aturan perumahan cluster, penghuni diwajibkan membayar Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) agar aktivitas keamanan dan kebersihan berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, setiap penghuni diwajibkan menaati aturan yang disepakati bersama misalnya larangan parkir di bahu jalan perumahan. Ada pula aturan yang menekankan penghuni untuk tidak menimbulkan kebisingan seperti menyalakan pengeras suara atau berkendara di atas 80 km/jam.

8. Nilai Properti Cenderung Naik

Source : Shutterstock

Salah satu keuntungan membeli unit perumahan adalah menjadikan properti ini sebagai salah satu investasi jangka panjang. Nilai unit perumahan cenderung naik seiring  berjalannya waktu.

Hal ini dikarenakan lokasi yang strategis, fasilitas pendukung lengkap sekaligus keamanan ketat.  Ditambah lagi pertumbuhan populasi mempersempit lahan tempat tinggal diikuti kenaikan harga bahan bangunan yang signifikan.

Sebagai contoh harga unit perumahan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat kini bisa mengalami kenaikan 5 kali lipat dalam satu dekade. Pertumbuhan bisnis di Menteng yang semakin pesat dengan adanya pusat perbelanjaan premium, fasilitas kesehatan unggul dan masuk dalam kawasan heritage mendongkrak harga perumahan di kawasan tersebut.

Baca juga: 6 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan dengan Tepat

9. Tersedia dalam Berbagai Pilihan Harga

Source : Shutterstock

Semakin tingginya permintaan akan perumahan juga mendorong developer membangun hunian dengan berbagai pilihan harga yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pembeli.

Ada banyak perumahan yang memiliki segmentasi kalangan menengah, atas, hingga elit, sehingga memudahkan calon pembeli dalam menentukan pilihan. Pemerintah juga bekerja sama dengan developer guna membangun perumahan subsidi untuk kalangan menengah.

Fasilitas perumahan subsidi tentu tidak sebanyak perumahan komersial. Meskipun begitu harga rumah subsidi rata-rata di bawah Rp250 jutaan sehingga affordable bagi karyawan.

10. Peluang Sewa Properti yang Tinggi

keunggulan tinggal di perumahan
Source : Shutterstock

Selain bisa ditempati sebagai hunian pribadi, unit perumahan juga memiliki potensi sewa yang tinggi, terutama jika terletak di lokasi strategis atau dekat pusat bisnis. 

Pins dapat memperoleh penghasilan pasif setiap bulan dengan menyewakan kamar atau keseluruhan hunian. Terlebih bila Pins memiliki banyak properti tentunya daripada menjadikannya sebagai hunian kosong akan lebih baik bila disewakan saja.

Perumahan yang dekat kawasan industri umumnya paling banyak dicari eperti pada perumahan Delta Mas Cikarang Pusat. Pangsa pasarnya jelas yakni para pekerja dari luar kota yang bekerja dekat kawasan industri. 

Komplek perumahan ini tidak jauh dari jalan tol Sheikh Mohammed Bin Zayed dan Terminal Cikarang 2. Fasilitas dalam perumahan lengkap mulai dari area terbuka hijau, lintasan jogging, club house, fitness centre dan lainnya. 

Apa Fungsi Perumahan?

Perumahan merupakan kawasan tempat tinggal dengan beberapa unit rumah yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang mendukung kenyamanan penghuninya

Apa Perbedaan Perumahan dan Pemukiman?

Menurut definisinya, permukiman adalah lingkungan yang mencakup area pedesaan dan perkotaan. Sedangkan, perumahan merupakan kumpulan rumah yang menjadi bagian dari permukiman sehingga skalanya lebih kecil.

Feature Image Source: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download