BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Mengatasi Dak Bocor dengan Tepat
0
0

5 Cara Mengatasi Dak Bocor dengan Tepat

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Sep 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Mengatasi Dak Bocortop-right-banner

Pins, rumah kamu mengalami kebocoran di bagian dak? Bingung untuk mengatasinya? Pas sekali nih, ada beberapa cara mengatasi dak bocor yang bisa kamu jadikan sebagai opsi dan solusi alternatif. Mari kita simak bersama selengkapnya di sini ya! 

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan smart door lock, kamu bisa cek estimasi harga rumah dan cek cara titip jual sewa rumah di Pinhome. Kamu juga bisa mencari tahu informasi rumah baru di Bogor, rumah baru di Jakarta Timur, Paradise Serpong City, dan Avoria Estate

Apa itu Dak?

Cara Mengatasi Dak Bocor
Source : 99

Dak merupakan bagian dari sebuah rumah yang fungsinya sebagai atap atau penghubung antara lantai satu dan lantai dua. Dak menjadi bagian penting dari sebuah hunian karena fungsinya untuk melindungi penghuni rumah dari terpaan hujan, angin dan kondisi alam lain seperti debu, hewan buas dan sebagainya. 

Biasanya dak dibuat dari kayu atau beton. Dua bahan ini dipilih karena awet dan tahan korosi sehingga bisa lebih lama digunakan ketimbang bahan-bahan lain. Dak harus dibangun dengan memperhatikan beberapa hal misalnya dak harus rata dan halus ketika dibuat. 

Selain itu Dak tidak boleh menggunakan bahan baku yang mudah terbakar atau mudah rusak. Dak pun harus presisi dan tidak boleh miring. Dak juga harus bisa menahan air sehingga tidak menimbulkan kebocoran atau kebanjiran karena atap yang tidak rapat. 

Mengapa Dak Penting?

cara mengatasi dak bocor
Source : harga beton cor

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk pembuatan dak adalah beton. Dak beton ini dipilih untuk membangun rumah lantaran kuat dan tidak memicu api. Selain itu dak beton juga bersifat rapat atau impermeabel sehingga ketika musim penghujan tiba, tidak akan mudah membuat isi rumah bocor. 

Baca juga: Dak Beton

Dak sangat berguna dalam sebuah hunian pasalnya dak bisa menjadi pelindung rumah, pelapis dan pembatas antara lantai satu dan lantai dua. Artinya dak juga bisa menjadi sebuah lantai yang dipijak. Oleh karena itu dak harus dibuat rata dan juga kuat untuk menopang beban besar. Lalu apa jadinya dan bagaimana cara mengatasi dak yang bocor? Apakah perlu melakukan renovasi dak? Atau mengganti dengan konstruksi dak baru? Mari kita cari tahu informasi selengkapnya di sini! 

5 Cara Mengatasi Dak Bocor

Cara Mengatasi Dak Bocor
Source : Great Idea

Untuk mengantisipasi dak bocor, ada beberapa hal yang harus diketahui. Berikut ini ada 5 cara mengatasi dak bocor yang sudah dipastikan sangat penting bagi kamu untuk mengetahuinya. Mari cek selengkapnya di sini! 

1. Perbaiki Retak

Hal pertama yang harus dilakukan ketika dak bocor adalah melakukan perbaikan pada bagian yang retak. Bagian dak yang retak biasanya berpotensi untuk memicu kebocoran atau rembesan air. Oleh karena itu pastikan kamu untuk menambal bagian retak tersebut. Pastikan kamu memantau dan mengecek secara berkala setelah diperbaiki. Pasalnya hal ini digunakan untuk memantau apakah treatment kamu terhadap bagian yang retak sudah baik atau belum. 

2. Gunakan Cat atau Pelapis Waterproof

Cara Mengatasi Dak Bocor
Source : Pinhome

Bagian dak yang bocor bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya area tersebut terkikis sehingga menjadi tipis, atau lapisannya kurang padat sehingga tidak bisa menahan air dalam volume besar atau kualitas lapisan dak yang rendah. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan cat atau pelapis waterproof untuk memastikan rembesan atau bagian yang bocor pada dak hilang. Proses menambal dan cara memperbaiki dak bocor ini bisa kamu lakukan sebagai upaya untuk melindungi hunian dari kebocoran karena air hujan.

Baca juga: 8 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

3. Bangun Saluran Pembuangan Air

Selanjutnya lakukan pembangunan atau pembuatan saluran pembuangan air yang baik. Saluran air yang tidak baik dalam mengaliri air, biasanya akan menyebabkan endapan air. Semakin lama dibiarkan endapan air itu akan menumpuk dan bisa memicu rembesan karena tergenang di permukaan dak. Oleh karena itu pastikan kamu membuat saluran pembuangan air yang tepat dan benar. 

4. Buat Permukaan Dak Rata

Cara mengatasi dak bocor rembes selanjutnya adalah dengan memastikan permukaan dak rata. Permukaan dak rata akan membuat atap hunian dan lantai dua rumah seimbang sehingga ini akan membuat hunian kuat dalam menahan beban. Selain rata, dan tidak ada benjolan pada permukaan dak, kamu juga harus memastikan kemiringan dak supaya air mudah mengalir ke arah saluran pembuangan. 

5. Cek dengan Berkala

Selanjutnya cek secara berkala apakah dak sudah lebih baik dalam menahan rembesan. Kamu juga bisa melakukan pengecekkan apakah dak tersebut mempunyai pori-pori yang besar atau tidak. Pori-pori besar pada dak bisa memberikan dak kemampuan menyerap air yang tinggi. Oleh karena itu dak harus rapat dan tidak boleh ada pori-pori permukaan. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Model Dak Rumah Kampung yang Sederhana

Ketika membangun rumah pastikan kamu memantau bagian dak ini Pins. Apalagi jika rumah kamu dua lantai. Ketika sebuah rumah mempunyai dak yang berkualitas bagus tentu ini pun akan membuat penghuni rumah merasa nyaman dan tidak akan terlalu banyak renovasi atau perbaikan pada dak rumah. Pembongkaran dak tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. 

Itu saja informasi mengenai cara mengatasi dak bocor. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi kamu Pins.

Baca juga:

Sumber Featured Image: Aquaproof


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download