BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan Baik Agar Nyaman
0
0

10 Cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan Baik Agar Nyaman

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 17, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagaimana cara menjaga rumah tetap bersih? Semua orang harus bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan dan rumah agar dapat menghindari kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Apa yang dapat dilakukan untuk menjaga rumah tetap bersih?Keluarga dapat mengikuti langkah-langkah sederhana dan berguna berikut ini.

Cara Menjaga Kebersihan Rumah dengan Baik

Berikut ini adalah cara-cara menjaga kebersihan rumah agar rumah kamu tetap bersih dan sehat!

1. Rutin Merapikan Kamar Tidur

Source : Pixabay

Merapikan tempat tidur secara teratur adalah salah satu contoh sikap mencintai kebersihan di lingkungan masyarakat. Meskipun tampaknya tidak ada ketentuannya, sikap itu harus dimulai dari diri sendiri.

Cara terbaik untuk menjaga kebersihan area paling pribadi adalah dengan membersihkan tempat tidur setiap pagi. Menyapu lantai kamar tidur dan menggantinya, sarung bantal, dan selimut secara teratur akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

2. Membuang Sampah Setiap Hari

Salah satu cara selanjutnya untuk menjaga kebersihan rumah adalah dengan membuang sampah setiap hari karena semua pekerjaan rumah tangga pasti menghasilkan sampah. Tidak hanya menghasilkan sampah organik, tetapi juga menghasilkan sampah plastik dari makanan dan minuman yang tidak dibuang setiap hari.

Jika tidak dibuang setiap hari, jumlahnya akan meningkat. Jika tidak, limbah di rumah akan menjadi sarang penyakit. Penghuni harus membuang sampah setiap hari jika mereka tidak ingin hal itu terjadi.

3. Mencuci Baju Secara Rutin

Mencuci baju secara teratur adalah langkah berikutnya dalam menjaga kebersihan rumah. Buat jadwal agar pakaian kotor tidak menumpuk di keranjang. Menyimpan pakaian kotor dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit karena tubuh mengeluarkan keringat, terutama setelah berolahraga di luar rumah.

Jika tidak memiliki waktu untuk mencuci baju sendiri, gunakan laundry pakaian karena pakaian sudah pasti terkontaminasi kotoran.

4. Menyapu dan Mengepel Lantai

Source : Pixabay

Pel dan sapu lantai rumah secara teratur untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Kuman dan kotoran masih dapat menempel di lantai walaupun tidak menggunakan alas kaki ke dalam ruangan. Lantai yang disapu dan dipel secara teratur tidak hanya membuat lantai lebih bersih, tetapi juga membuat interior rumah tampak lebih indah dan menarik.

5. Sediakan Rak Sepatu Khusus

Memakai alas kaki di luar ruangan menjadikannya rentan terhadap kuman dan kotoran, jadi kita harus meletakkan sepatu dan sandal di tempat yang khusus. Dengan begitu, area dalam rumah tidak akan terkotori oleh alas kaki.

Jika perlu, buatlah rak khusus untuk menyimpan sandal dan sepatu. Selain itu, furnitur rumah tersebut berguna untuk menyimpan koleksi alas kaki yang mungkin sangat banyak, dapat memilih untuk membuat rak sendiri atau membeli yang sudah ada.

6. Mencuci Piring Berkala

Source : Pixabay

Piring kotor jelas merupakan tempat penyebaran kuman dan penyakit. Jika tidak ingin mencuci piring yang menumpuk, maka cuci piring dan sendok segera sehabis makan. Menjaga kebersihan rumah adalah tindakan yang dilakukan oleh seluruh keluarga. Tidak hanya dapur akan tetap bersih, tetapi mencuci piring juga akan terasa lebih mudah.

7. Rajin Membersihkan Kamar Mandi

Source : Pixabay

Bagaimana cara menjaga rumah tetap bersih, terutama kamar mandi? Seperti diketahui, kamar mandi adalah tempat yang rentan terhadap sarang bakteri dan kuman.

Disebabkan kita harus membersihkan kamar mandi secara teratur. Ini adalah apa yang dapat di lakukan. Siapkan alat kebersihan seperti sikat, spons, cairan pembersih, ember, karet pengering, sarung tangan, dan lainnya. Keluarkan segala sesuatu yang berserakan.

Baca juga: Catat! Tips Desain Kamar Mandi Lansia. Dijamin 100% Aman!

8. Menyimpan Barang pada Tempatnya

Rumah yang rapi lebih menarik dipandang daripada rumah yang berantakan, terutama di tempat yang nyaman untuk menetap. Salah satu cara untuk menjaga rumah sehat adalah dengan menyimpan barang-barang pada tempatnya setelah digunakan. Mencari barang yang butuhkan akan lebih mudah jika memiliki kebiasaan menyimpan barang di tempatnya. Selain itu, keadaan menjadi lebih santai.

9. Membersihkan Barang dari Debu

Source : Pixabay

Setiap barang di rumah pasti rentan terhadap debu, dan kemungkinan besar debu akan menumpuk dan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Akibatnya, harus rajin membersihkan barang-barang di rumah dan mengelapnya secara teratur, setidaknya dua minggu sekali, agar ruangan tetap bersih. Mengurangi barang-barang pajangan dalam ruangan juga akan lebih baik.

10. Hindari Menggantung Pakaian di Pintu

Apakah ada cara untuk menjaga kebersihan rumah setelah pembersihan terakhir? Hindari menggantung pakaian di dinding atau pintu. Pakaian yang menggantung biasanya menumpuk debu dan menimbulkan sarang nyamuk.

Mereka juga membuat ruangan menjadi tidak menarik, dapat membuat tampilan lebih tertata dengan menggunakan gantungan pakaian khusus dan tutup plastik agar tidak berdebu.

Itulah dia pembahasan mengenai cara menjaga kebersihan rumah, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download