BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Rekomendasi Cat Terbaik untuk Tembok Lembab
0
0

8 Rekomendasi Cat Terbaik untuk Tembok Lembab

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 17, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah idaman lebih dari sekedar rumah indah dan mewah. Rumah idaman lebih dari sekedar rumah dengan eksterior dan interior mahal. Namun, rumah idaman adalah rumah dimana setiap orang yang tinggal di dalamnya bisa merasa nyaman. Tentu saja kebersihan rumah dan kenyamanan penghuninya adalah hal yang terpenting. Bagaimana jika rumah Kamu tidak nyaman? Ketika itu terjadi, keinginan untuk tinggal di rumah pun hilang. Pinhome akan menjabarkan mengenai cat untuk tembok lembab, simak terus ya!

Salah satu penyebab rasa tidak nyaman di rumah adalah karena udaranya terasa pengap atau bangunan terlihat kotor. Menjadi aktif saja sudah melelahkan, dan merasa tidak nyaman di rumah membuat Kamu tidak bisa beristirahat, yang bisa sangat membuat stres. Oleh karena itu kebersihan dinding rumah perlu diperhatikan. Banyak orang sudah lama menyadari bahwa kebersihan rumah itu penting.

Artinya, sebagian masyarakat hanya memperkirakan kerusakan pada dinding rumahnya sampai larut malam. Dinding lembab biasanya disebabkan oleh masuknya air. Jika ini terus berlanjut, jamur akan tumbuh di dinding. Jika jamur tidak segera dihilangkan setelah muncul, hal ini dapat menyebabkan cat rumah Kamu terkelupas dan mau tidak mau Kamu harus mengecat ulang semuanya.

Baca juga: Catat! Tips Desain Kamar Mandi Lansia. Dijamin 100% Aman!

Rekomendasi Cat Terbaik untuk Tembok Lembab

Berikut ini adalah rekomendasi untuk Kamu yang sedang mencari cat untuk tembok lembap!

1. Propan Ultraproof

Source : Tokopedia

Pilihan pertama untuk cat tembok tahan lembab adalah Propane Ultraproof yang cocok untuk eksterior rumah. Produk ini merupakan cat anti bocor yang menggunakan bahan elastomer polimer aril yang larut dalam air. Warnanya sangat elastis, dengan tingkat elastisitas yang tinggi ± 600 persen.

Selain itu, cat Propane Ultraproof juga tahan UV dan air sehingga memberikan perlindungan optimal pada dinding eksterior rumah Kamu. Dinding terhindar dari retak rambut, lembab, jamur dan resiko lainnya akibat perubahan cuaca. Menariknya, saat menggunakannya tidak perlu mengaplikasikan primer terlebih dahulu.

Pemilihan warnanya sangat beragam sehingga Kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya desain rumah Kamu secara keseluruhan.

2. Ultradry Propan

Source : Tokopedia

Untuk penggunaan indoor dan outdoor, Kamu bisa memilih Propane Ultra Dry dengan harga Rp 132. 000 per liter kaleng. Produk ini adalah bahan impregnasi berkinerja tinggi siap pakai yang terbuat dari bahan lateks khusus. Formulasi ini efektif terhadap penetrasi kelembaban dan air. Cat tembok tahan lembab ini sangat cocok untuk area rumah Kamu yang selalu basah, seperti kamar mandi.

3. Dulux Weathershield Powerflexx

Dulux Paint telah lama dianggap sebagai pionir cat tahan air. Nah, salah satu cat eksterior Kamulan tahan lembab adalah Dulux Watershield Powerflex. Selain tahan air, produk ini juga tahan terhadap segala kondisi cuaca, terutama risiko air hujan yang dapat memicu tumbuhnya jamur jika tidak segera dihilangkan.

Ditambah lagi, Kamu tidak perlu khawatir dengan risiko retak rambut akibat udara lembab. Menariknya Dulux Watershield Powerflex memiliki waktu pengeringan yang cepat hanya sekitar 4-6 jam.

4. Welproof

Source : Tokopedia

Penggunaannya lebih umum sebagai pelapis dekoratif pada pelapis talang, atap asbes, beton, seng, bak mandi dan di atas lantai dasar. Formulanya harus tahan air, elastis, tahan lama, tahan cuaca, dan tahan alkali. Artinya dinding rumah lebih terlindungi dari resiko lembab dan serangan jamur. Sifat tahan alkali membuat cat lebih aman bagi kesehatan manusia. Harga catnya juga relatif terjangkau yakni Rp 56.000 per 1kg kaleng.

5. Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish

Kembali ke merk Dulux: Ada cat khusus anti lembab untuk interior yaitu Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish. Dapat digunakan untuk pelapis dinding ruang tamu, kamar tidur, dapur. Cat ini berbahan dasar air sehingga permukaannya halus dan tidak mengkilat.

6. No Drop

Source : Blibli

Jika Kamu menginginkan perlindungan yang lebih konsisten pada rumah Kamu, cat pelapis tahan lembab dan anti jatuh mungkin merupakan pilihan terbaik Kamu. Cat ini cocok tidak hanya sebagai pelapis dinding luar tetapi juga sebagai pelapis galvanis atau seng pada ubin beton, asbes, terakota atau tanah liat. Elastisitas dan daya tahan yang sangat baik menghemat biaya pengecatan.

7. Top Seal

Selanjutnya adalah Top Seal Paint, produk multifungsi yang dapat digunakan pada permukaan eksterior maupun interior. Kamu juga dapat mencegah masuknya udara lembab dan air ke dalam dinding rumah Kamu. Karena formulanya anti basa, maka tidak membahayakan kesehatan penghuni rumah. Namun perlu diperhatikan bahwa warna ini biasanya digunakan untuk lapisan pertama cat tembok.

8. Aquaproof

Terakhir, Kamu juga dapat mempertimbangkan Aquaproof sebagai cat tembok tahan lembab yang sempurna untuk perawatan rumah. Cat tembok ini hadir dalam banyak variasi warna yang dapat dipilih tergantung kebutuhan dan kesukaan Kamu. Selain digunakan sebagai cat tembok, Aquaproof juga dapat digunakan sebagai pelapis genteng, talang dan fasad rumah.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download