BlogPemilik Properti8 Contoh Limbah B3 Rumah Tangga dan Cara Menanganinya
0
0

8 Contoh Limbah B3 Rumah Tangga dan Cara Menanganinya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
contoh limbah b3 rumah tanggatop-right-banner

Contoh limbah B3 rumah tangga (Bahan Berbahaya dan Beracun) adalah jenis limbah yang mengandung bahan kimia berpotensi merusak lingkungan dan kesehatan manusia. 

Limbah B3 bukan hanya menjadi masalah industri atau pabrik, tetapi juga bisa dihasilkan oleh rumah tangga sehari-hari. 

Pins bisa menemukan hunian atau tempat tinggal dengan bebas dari limbah-limbah B3 seperti rumah di Bogor yaitu Griya Parama

Pins juga bisa cari jenis hunian second lainnya seperti rumah second di Kab Bogor Tengah dengan proses cepat dan praktis melalui Program KPR Bank Pins bisa memiliki rumah impian yang aman dan terjamin kualitas dinding dan bangunannya.

Dalam ulasan kali ini akan membahas contoh limbah B3 rumah tangga yang mungkin ada di rumah Pins dan bagaimana cara menanganinya dengan aman.

Baca juga: 8 Contoh Desain Tempat Sampah di Depan Rumah

8 Limbah B3 Rumah Tangga dan Cara Menanganinya

Source : Unsplash

Berikut ini adalah ulasan mengenai contoh limbah B3 rumah tangga dan cara menanganinya Pins. Yuk, simak selengkapnya ulasan berikut ini Pins!

1. Lampu Pijar Compact (CFL)

Source : iStock

Lampu Pijar Compact atau dikenal juga dengan Compact Fluorescent Lamp (CFL) adalah salah satu jenis lampu yang lebih hemat energi dibandingkan lampu rumah pijar biasa dan juga contoh limbah B3 rumah tangga. 

Walaupun lebih ramah lingkungan dari segi konsumsi energi, lampu ini memiliki kekurangan yaitu kandungan merkuri di dalamnya. Merkuri adalah zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Ketika lampu ini pecah, penguapan merkuri dapat terjadi dan bisa berbahaya jika dihirup. Oleh karena itu, saat terjadi pecah, sangat penting untuk menghindari kontak langsung. 

Selalu gunakan sarung tangan untuk mengambil pecahan kaca dan hindari menyentuh merkuri dengan tangan telanjang. Setelah itu, simpan pecahan kaca dan residu merkuri dalam wadah tertutup dan pastikan tidak ada anak-anak atau hewan peliharaan yang dapat mengaksesnya. 

Baca juga: 10 Ide Kerajinan dari Sampah Plastik dan Cara Membuatnya

2. Baterai

Source : iStock

Baterai adalah sumber energi yang sering digunakan dalam banyak perangkat alat elektronik. Meski kecil, baterai, khususnya tipe aki, mengandung logam berat yang berbahaya seperti timbal dan kadmium. 

Logam-logam ini dapat merusak ekosistem dan berbahaya jika masuk ke dalam rantai makanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuang baterai dengan benar. 

Tempatkan baterai bekas di wadah khusus dan jangan campurkan dengan sampah biasa. Ada banyak tempat pengumpulan limbah B3 yang menerima baterai bekas untuk proses daur ulang dan pengolahan yang benar.

3. Cat dan Pelarut

Paint Waste Disposal & Collection Service - Ideal Response
Source : Ideal Response

Cat, terutama yang berbasis minyak, dan pelarut adalah zat kimia yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti renovasi rumah atau pekerjaan seni. 

Namun, banyak dari produk-produk ini yang mengandung bahan berbahaya seperti timbal atau senyawa organik volatil yang bisa merusak lingkungan dan kesehatan manusia.Untuk menghindari kerusakan lingkungan, hindari membuang sisa cat atau pelarut langsung ke tanah atau saluran air. 

4. Obat-obatan Kadaluarsa

Source : iStock

Obat-obatan kadaluarsa tidak hanya tidak efektif, tapi juga berpotensi berbahaya jika dikonsumsi. Selain itu, membuangnya ke toilet atau saluran pembuangan lainnya dapat mencemari sumber air dan merusak ekosistem. 

Banyak bahan kimia dalam obat dapat mempengaruhi kehidupan akuatik dan keseimbangan biologis.Sebagai solusi, kumpulkan obat-obatan kadaluarsa Pins dan bawalah ke apotek atau tempat pengumpulan limbah berbahaya.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Sampah di HP Samsung

5. Produk Perawatan Pribadi

Source : Freepik

Produk perawatan pribadi memang esensial dalam kehidupan sehari-hari banyak orang. Namun, di balik kegunaannya, beberapa produk seperti cat kuku, hairspray, dan krim kulit. 

Dapat mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak hanya berpotensi merugikan kulit tetapi juga lingkungan. Misalnya, cat kuku seringkali mengandung senyawa seperti formaldehida, toluena, dan ftalat yang berisiko bagi kesehatan.

Membuang sisa produk ini ke toilet atau saluran pembuangan dapat menyebabkan pencemaran air, yang nantinya akan berdampak pada kehidupan akuatik dan kesehatan masyarakat. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memeriksa label produk dan mengikuti petunjuk pembuangan yang dianjurkan. Jika mungkin, pilihlah produk dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

6. Pil dan Bahan Kimia Rumah Tangga

Source : iStock

Pil, seperti obat atau suplemen, dan bahan kimia rumah tangga seperti pembersih seringkali mengandung bahan aktif yang dapat berbahaya jika tidak dibuang dengan benar. 

Memiliki pemahaman tentang petunjuk pembuangan yang benar sangat penting untuk menjaga keselamatan keluarga dan lingkungan.

Penting untuk tidak mencampurkan berbagai bahan kimia karena hal ini dapat menyebabkan reaksi yang berbahaya, termasuk pelepasan gas beracun. Selain itu, bahan kimia yang mencemari sumber air dapat berdampak negatif pada ekosistem dan kesehatan manusia.

7. Elektronik Rusak

Source : iStock

Dengan kemajuan teknologi, konsumsi produk elektronik meningkat pesat. Namun, ketika perangkat tersebut rusak atau usang, mereka menjadi sumber potensial dari bahan berbahaya seperti timbal, kadmium, dan merkuri.

Menimbun elektronik rusak di rumah bukanlah solusi. Sebaliknya, bawalah ke pusat daur ulang elektronik. 

Di sana, perangkat akan diolah dengan benar, memisahkan komponen yang dapat didaur ulang dari bahan berbahaya, dan memastikan bahwa zat-zat berbahaya tersebut tidak mencemari lingkungan.

8. Botol Propana dan Gas

Botol gas, seperti botol propana yang digunakan untuk kompor atau alat pemanggang, dapat menjadi sumber bahaya jika bocor atau tidak ditangani dengan benar. Bahkan, botol yang sudah kosong sekalipun dapat menyimpan residu gas yang berpotensi menyebabkan ledakan.

Jangan membuang botol gas sembarangan. Sebagai gantinya, bawalah ke tempat pengisian ulang atau tempat pengumpulan limbah B3. Dengan demikian, botol tersebut dapat diisi ulang atau diolah dengan cara yang aman, mencegah potensi bahaya dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Penting untuk selalu mengenali dan mengelola limbah B3 dengan hati-hati, karena dapat berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan manusia jika tidak ditangani dengan benar. 

Pastikan Pins memahami pedoman dan regulasi pembuangan limbah B3 di daerah Pins dan selalu mengutamakan keamanan saat menangani limbah B3 rumah tangga. Itulah tadi ulasan mengenai contoh-contoh dari Limbah B3 rumah tangga dan cara menanganinya Pins!

Baca juga: 40 Kerajinan Dari Limbah Bekas Lengkap dengan Manfaatnya

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download