BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Kelambu yang Manis

8 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Kelambu yang Manis

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 18, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard

Apakah kalian tahu kelambu Pins? Kelambu biasa digunakan untuk bayi agar terbebas dari binatang-binatang yang suka menggigit terutama nyamuk. Tidak hanya untuk bayi loh, banyak pemilik rumah yang mendesain kamar tidurnya menggunakan kelambu untuk menambah keunikan dan kecantikan kamarnya dengan beragam warna dan motif kelambu. Kain atau tirai seperti ini dapat juga memberikan kehangatan pada kamar Kamu. Simak artikel ini untuk mengetahui ide dekorasi kamar dengan kelambu!

Kamu bisa menerapkan ide dekorasi kamar yang dilengkapi dengan kelambu di rumah baru yang akan Kamu tempati di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Atau Kamu juga bisa loh mendesain kamar dengan arsitektur khusus penggunaan kelambu di dinding pada rumah baru Kamu yang menggunakan Pengajuan KPR.

8 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Kelambu

Pasti jarang sekali dari kalian mendengar penyebutan kelambu sebagai tirai di kamar! Kelambu merupakan kain atau tirai berpori kecil yang membuat tampilannya akan tembus pandang pada kamar tidur atau lebih tepatnya di sekitar ranjang tempat Kamu beristirahat. Kain atau tirai pelindung satu ini dibuat seperti jaring yang memiliki pori-pori kecil cukup untuk menjadi lalu lalang angin. Sehingga dalam penggunaannya, kelambu tidak akan menyebabkan suasana tidurmu menjadi panas.

Faktanya, kelambu sudah digunakan sejak zaman dahulu kala tetap sesuai dengan fungsinya seperti sekarang ini. Malah kelambu sudah menjadi budaya masyarakat di beberapa kampung di Indonesia karena fungsinya yang dimanfaatkan oleh orang-orang. Fungsi kelambu tersebut adalah sebagai penjaga kenyenyakan tidur dari nyamuk dan binatang menggigit lainnya, sehingga Kamu dapat tidur dengan nyenyak tanpa gangguan apapun.

Banyak yang beranggapan bahwa saat kamar kita dipasangkan dengan kelambu, ketika hujan turun membasahi maka tidur Kamu akan seperti diselimuti oleh kehangatan. Walaupun penggunaan kelambu kini sudah jarang sekali, namun masih ada loh beberapa orang yang mempertahankan penggunaan kelambu di kamarnya sebagai penambah hiasan yang mempercantik kamar dan pemanfaatan terhadap fungsinya.

Berikut ini beberapa ide dekorasi kamar tidur dengan kelambu:

1. Ranjang Kelambu Klasik

dekorasi kamar
Source : iStock

Dekorasi kamar dengan kelambu yang pertama mengusung tema klasik. Dapat terlihat dari penggunaan materialnya menggunakan ranjang kayu, penopang kelambu kayu, furniture berkabinet kayu, dan lantai kayu. 

Warna dindingnya menggunakan warna abu-abu gelap yang memberikan kesan menenangkan dan berkelas. Lalu, di dindingnya ditambahkan ukiran-ukiran yang semakin menambah nilai klasik di kamar tidur ini. Penggunaan warna putih pada ranjang dan furniturenya sangat cocok untuk menghidupkan suasana kamar Kamu.

Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Kayu yang Punya Kesan Hangat

2. Ranjang Kelambu Menggantung Khas Tradisional

dekorasi kamar
Source : iStock

Dekorasi selanjutnya pada kamar yang ranjangnya menggunakan kelambu, direferensikan untuk Pins dengan model kelambu yang menggantung khas tradisional. Kelambu berwarna putih transparan tersebut digantung menggunakan kayu tipis atau bambu yang dibentuk persegi mengikuti luas ranjang. Lalu, kelambu diikatkan pada sisi-sisi persegi agar menggantung sempurna mengikuti ruas persegi.

Kamar tidur satu ini memiliki tema kamar tradisional terlihat dari penggunaan seprai dan pajangan-pajangan bersifat tradisional. Penggunaan furniture berbahan kayu semakin mendukung kesan tradisional ini. Lalu, ditambahkan juga sebuah peti yang menambah kesan tradisional kerajaan untuk menyimpan pakaian Kamu. Ketahui tips dekorasi kamar agar lebih cozy.

3. Ranjang Kelambu Menempel di Plafon

dekorasi kamar
Source : iStock

Dekorasi kamar dengan kelambu yang ketiga adalah dengan model kelambu yang menempel di plafon kamar tidur. Kamar ini bernuansa material kayu, mulai dari ranjangnya, penyangga kelambu, kusen-kusen, dan kabinet-kabinetnya. Kelambu dibentangkan mengikuti penyangganya yang menempel di plafon, mengikuti besar ranjang agar pas menutupi Kamu saat tidur.

4. Ranjang Kelambu Bernuansa Netral dengan Penopang Kayu

dekorasi kamar
Source : iStock

Dekorasi kamar dengan kelambu berikut ini mengusung tema bernuansa netral dengan penopang kayu di sekitar ranjangnya. Lagi-lagi warna abu gelap menjadi pilihan untuk mewarnai dinding kamar Kamu agar tampilan netral menciptakan nyaman yang menyentuh suasana. Senada dengan sebagian seprai ranjang yang berwarna abu-abu juga turut mendukung penggunaan warna ini di kamar Kamu.

Dekorasi kelambu kali ini dipilih pada ranjang yang menggunakan penopang kayu di sekelilingnya. Jika ingin menggunakan kelambu, Kamu tinggal membuka ikatan pada masing-masing tiang dan merapatkan kelambu tersebut agar tidak terdapat celah. Kamu juga dapat mengetahui jenis dan cara memilih gorden kamar tidur menurut para ahli!

5. Ranjang Kelambu Menggantung Berbentuk Kerucut

dekorasi kamar dengan kelambu
Source : iStock

Dekorasi kamar dengan kelambu yang kelima menggunakan dekorasi kelambu yang menggantung berbentuk kerucut di atasnya. Jadi saat Kamu membentangkan kelambunya untuk menutupi ranjang Kamu, model kelambu tersebut akan mengerucut ke bagian atasnya. Warna kamar tidur ini menggunakan warna kuning dan dipenuhi cahaya kuning juga yang semakin menyalakan suasana penuh kehangatan dan kebahagiaan di kamar satu ini.

6. Ranjang Kelambu di Kamar Modern Serba Putih

dekorasi kamar dengan kelambu
Source : iStock

Dekorasi kamar dengan penambahan kelambu berikut ini diterapkan di kamar bergaya modern yang serba putih. Sungguh terlihat sangat suci bukan! Ditambah lagi dengan penggunaan material-material kayu berwarna cerah dapat mengimbangi warna putih yang menjadi warna utamanya. Dengan begini kamar Kamu akan terasa sangat nyaman dan hangat. Penggunaan atap yang sedikit transparan membuat cahaya dapat masuk dengan mudah untuk menerangi kamar tidur Kamu.

Kelambu pada kamar satu ini bermodel menyatu dengan ranjang dengan tambahan penopang kayu pada keempat sisinya. Warna kelambu yang digunakan senada dengan warna seprai. Sebagian seprai bantal juga dipilih mengikuti warna kayu cerah. Ketahui juga model lemari hias kamar tidur berbahan kayu.

7. Ranjang Kelambu di Kamar Minimalis Jaman Dahulu

dekorasi kamar dengan kelambu
Source : iStock

Dekorasi kamar dengan tambahan kelambu ketujuh ditujukan di kamar minimalis yang dilengkapi furniture-furniture jaman dulu. Model kelambu yang digunakan adalah kelambu susun pada ranjang yang berbahan dasar kayu. Kamar ini didominasi dengan warna putih sebagai warna dasarnya, lalu warna putih dasar ini disandingkan bersama warna-warna dari furniture kayu bermodel tua namun masih bagus.

Kusen jendela dan kusen pintu didesain berunsur rumah-rumah jaman dahulu yang dapat Kamu lihat dari arsitektur pembuatannya. Penambahan lampu gantung semakin menguatkan aura tradisional di kamar ini. Jika Kamu suka kamar bermodel seperti ini, dapat Kamu terapkan Pins!

Baca juga: 8 Tips dan Desain Kamar Tidur Lansia Friendly

8. Ranjang Kelambu di Kamar Elegan Monokrom

dekorasi kamar dengan kelambu
Source : iStock

Dekorasi terakhir untuk kamar yang menggunakan kelambu sebagai dekorasi tambahan di ranjang, mengambil tema monokrom. Dominasi warna kamar dipenuhi oleh warna putih dan hitam. Model kelambu yang digunakan disusun menggunakan besi berwarna putih menjadi 4 sisi pada ranjang. 

Terdapat penambahan unsur kayu pada furniture kamar seperti 2 meja kecil di samping ranjang, tempat duduk di depan ranjang, serta penambahan pajangan seperti kusen jendela di belakang ranjang. Semua hal itu dikemas dalam warna hitam untuk mendukung tema monokrom di kamar ini. Jika Kamu pecinta nuansa monokrom, dekorasi kamar satu ini cocok untuk Kamu!

Itulah beberapa dekorasi kamar tidur dengan kelambu yang menambah kemanisan di kamar Kamu. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Kamu untuk pemilihan dekorasi kamar dengan kelambu!

Baca juga7 Rekomendasi Ventilasi Kamar Tidur Tanpa Jendela

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download