BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Desain Apartemen 1 Kamar yang Simple dan Nyaman
0
0

7 Desain Apartemen 1 Kamar yang Simple dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 6, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain apartemen memerlukan perhatian khusus. Tipe apartemen ini populer di perkotaan dan juga cocok untuk keluarga muda. Berbeda dengan studio, kehadiran kamar tidur terpisah meningkatkan kenyamanan saat beristirahat dan biasanya memberikan area yang lebih luas. Berikut Pinhome jabarkan desain apartemen 1 kamar yang soimple dan nyaman!

Tata ruang yang memadukan gaya hidup modern dengan ruang terbatas juga dimungkinkan. Namun merancang ruang yang nyaman untuk beraktivitas sehari-hari memerlukan kreativitas. Berikut 10 inspirasi desain untuk membantu Kamu mengoptimalkan dan mempercantik ruangan di apartemen satu kamar Kamu.

Desain Apartemen 1 Kamar Simple dan Nyaman

Berikut ini adalah 7 desain apartemen satu kamar yang bisa bikin kamu betah seharian!

1. Desain Apartemen Open Space

Source : Art Station

Pemilihan desain open space untuk memadukan ruang tamu, dapur, dan ruang makan menjadi satu akan menciptakan kesan ruang yang lebih besar dan terintegrasi. Jika diinginkan, Kamu bisa menambahkan partisi untuk memberikan nuansa  lebih personal pada area ruangan.

2. Desain Apartemen dengan Partsi Kaca

Source : Glaminati

Saat mendesain apartemen studio, partisi kaca dapat memberikan nuansa luas pada ruangan sekaligus menjaga privasi di dalam kamar tidur. Kamu juga bisa menggunakan partisi lain, seperti dinding geser atau lemari yang berfungsi gKamu sebagai pembatas ruangan.

3. Desain Apartemen dengan Sofa Bed

Source : Deco Holic

Karena keterbatasan ruang di apartemen satu kamar tidur, kami sarankan memilih tempat tidur sofa  untuk tempat duduk di ruang tamu. Seperti namanya, sofa bed Kamu bisa diubah menjadi tempat tidur. Ini  berguna jika Kamu mempunyai saudara atau teman yang tinggal di apartemen Kamu.

4. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Source : Art Fasad

Karena keterbatasan ruang, furnitur atau furnitur multifungsi sepertinya menjadi hal  wajib dalam desain apartemen studio. Selain sofa bed, Kamu juga bisa menggunakan meja makan lipat atau meja bar yang  dipasang di dinding. Ini memberi Kamu ruang tambahan saat tidak digunakan dan memaksimalkan ruang makan Kamu.

5. Rak Penyimpanan Vertikal

desain apartemen 1 kamar
Source : Pin IMG

Gunakan dinding Kamu untuk menyimpan barang dengan rak dinding, rak mengambang, atau lemari tinggi. Ini  mengoptimalkan ruang lantai dan menciptakan tampilan yang terorganisir dan luas.

6. Menggunakan Cermin Besar

desain apartemen 1 kamar
Source : Havenly

Selain menggunakan furnitur multifungsi, Kamu juga bisa menambah kesan lapang pada desain  apartemen studio Kamu dengan menempatkan cermin berukuran besar di dinding. Kehadiran cermin  menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan menambah cahaya alami di dalam rumah. Cermin juga akan menjadi elemen dekoratif yang menarik.

Baca juga: 15 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

7. Dengan Cat Warna Netral dan Warna Cerah

desain apartemen 1 kamar
Source : Shopltk

Saat mendesain apartemen satu kamar , pilihlah skema warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem ​​​​untuk dinding dan furnitur utama. Tambahkan semburat warna cerah seperti  kuning, biru, atau hijau untuk menyegarkan ruangan dan memberikan kepribadian.

Ide Agar Apartemen 1 Kamar Makin Nyaman

Berikut ini adalah ide untuk desain paartemen 1 kamar Kamu lebih bikin betah!

1. Penerangan yang Tepat

Karena keterbatasan ruang pada apartemen studio, maka penempatan lampu dan sumber cahaya lainnya harus direncanakan dengan matang. Gunakan pencahayaan terarah yang terang menggunakan lampu downlight. Hindari lampu bertangkai seperti lampu meja dan lampu lantai karena dapat memakan tempat.

2. Dekorasi Dinding yang Kreatif

Agar tidak bosan, Kamu bisa mendekorasi dinding apartemen satu kamar Kamu dengan lukisan, foto, dan karya seni lainnya sehingga memberikan suasana ruangan yang unik dan estetis. Gunakan rak dinding atau panel kanvas untuk memajang koleksi buku dan barang dekoratif lainnya.

3. Pilih Furnitur Multifungsi

Investasikan pada furnitur serbaguna, seperti tempat tidur sofa, meja lipat, atau lemari dengan rak internal tambahan. Furnitur ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga meningkatkan fungsionalitas ruangan.

Kelebihan Memiliki Apartemen Satu Kamar

Inilah dia kelebihan apartemen satu kamar yang harus kamu tahu:

  • Kecil dan Mudah Dikelola: Apartemen satu kamar cenderung lebih kecil dan lebih mudah untuk dikelola dibandingkan unit yang lebih besar. Ini bisa menghemat waktu dan tenaga dalam membersihkan dan merawat.
  • Biaya yang Lebih Rendah: Harga sewa atau harga jual apartemen satu kamar biasanya lebih terjangkau daripada unit yang lebih besar atau apartemen dengan lebih banyak kamar.
  • Kemudahan Perawatan: Dengan ruang yang lebih sedikit, perawatan seperti membersihkan dan mengatur barang-barang pribadi dapat lebih sederhana dan cepat dilakukan.
  • Efisiensi Energi: Biasanya, apartemen satu kamar memerlukan energi lebih sedikit untuk pemanasan dan pendinginan dibandingkan unit yang lebih besar, menghasilkan biaya energi yang lebih rendah.

Itulah dia desain apartemen 1 kamar yang bisa kamu tiru dan contoh ya, Pins! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download