BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Apotek Kecil dan Minimalis
0
0

15 Desain Apotek Kecil dan Minimalis

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain apotektop-right-banner

Desain apotek kecil minimalis merupakan pendekatan desain yang mengedepankan efisiensi ruang, kesederhanaan, dan tampilan yang bersih dan minimal. Di dalam apotek kecil, terdapat ruang yang terbatas yang membutuhkan perencanaan yang baik agar semua elemen yang dibutuhkan dapat ditata dengan baik.

Agar terciptanya bangunan apotek yang kecil dan minimalis akan tetapi mempunyai kualitas yang aman dan bagus, kamu harus menyediakan kriteria yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Seperti penyediaan alat pemadam kebakaran minimal 2 buah agar tetap terjaga keamanannya, dan juga penerangan cahaya harus cukup terang.

Kamu juga perlu mempunyai sumber air yang akan digunakan oleh apotek agar bisa memenuhi syarat dari pihak berwajib, dan juga setiap ruangan harus mempunyai sirkulasi udara yang sangat bagus. Dan tentunya kamu harus bisa memastikan pembuangan limbah agar terjaga dengan baik dan tidak menjadi pengaruh buruh pada lingkungan sekitarnya.

Baca juga: 

Desain Apotek Kecil dan Minimalis

Desain apotek di bawah ini bisa membantu kamu dalam menata furnitur sekaligus dekorasi ruangan. Meskipun lahannya terbatas namun penataan yang tepat membuat pengunjung apotek tetap nyaman berada di dalamnya.

1. Aksen Merah

apotek minimalis
Source : Pinhome

Desain interior apotek kecil minimalis perlu memikirkan tata letak yang efisien. Ruang perlu diatur sedemikian rupa agar dapat memaksimalkan penggunaan area yang terbatas. Kamu juga dapat menggunakan aksen warna merah agar tampilan dari apotek terlihat lebih menarik di mata pelanggan.

2. Kombinasi Hijau dan Hitam

apotek minimalis
Source : Pinhome

Walaupun apotek mempunyai ukuran yang kecil, akan tetapi tetap penting untuk mempunyai ruang penyimpanan yang memadai untuk menyimpan persediaan obat dan produk kesehatan lainnya. Kamu dapat memadukan warna hitam dan hijau, hal ini akan membuat apotek terlihat minimalis akan tetapi tetap mempunyai kesan yang elegan.

3. Aksen Strip Kayu dan Marbel

apotek minimalis
Source : Pinhome

Pencahayaan yang baik merupakan hal yang penting pada desain interior apotek kecil minimalis. Kamu harus memastikan ruangan mendapatkan penerangan yang baik untuk menjaga kejelasan dan membantu pelanggan dalam membaca informasi obat dan label.

Aksen kayu dan marbel mempunyai kesan mewah dan elegan, kamu dapat memadukan 2 material ini jika ingin mempunyai apotek kecil minimalis dengan kesan tersebut.

4. Earth Tone Color

apotek minimalis
Source : Pinhome

Warna earth tone merupakan warna yang alami yang bisa memberikan kesan ketenangan dan nada yang santai. Warna ini sangatlah cocok untuk diaplikasikan pada apotek kecil minimalis karena dapat membuat apotek terlihat lebih nyaman dan tentunya tetap minimalis.

Pada tata letak ruang juga rak-rak obat dan penempatan kasir diletakkan sedikit menjorok kedalam, sehingga pelanggan akan lebih nyaman untuk berlama di apotek.

5. Putih dan Biru Muda

apotek minimalis
Source : Pinhome

Desain interior apotek kecil minimalis juga perlu mencakup visualisasi merek yang jelas. Kamu dapat menggunakan signage yang jelas dengan font yang mudah untuk dibaca oleh pelanggan dan tambahkan logo atau slogan apotek kamu untuk memperkuat identitas merek.

Perpaduan warna putih dan biru muda akan lebih menonjolkan visual yang jelas. Kamu bisa memadukan warna soft lainnya untuk kesan yang lebih nyaman.

6. Putih dan Kayu

apotek minimalis
Source : Pinhome

Umumnya apotek kecil minimalis menggunakan palet warna netral, seperti krem, abu-abu, dan putih. Warna-warna ini dapat memberikan kesan ruang yang bersih dan terang.

Tidak hanya itu, material yang sederhana dan mudah untuk dibersihkan, seperti jenis lantai vinyl dan ubin, sering dipakai untuk mempertahankan kesan minimalis dan mudah dalam perawatannya.

Perpaduan aksen kayu dan warna putih adalah jawaban dari hal-hal tersebut. Perpaduan ini sudah cukup banyak digunakan oleh beberapa apotek di Indonesia, karena akan membuat tampilan menjadi minimalis akan tetapi nyaman dipandang mata.

7. Aksen Hijau Tosca

apotek minimalis
Source : Pinhome

Penggunaan warna hijau tosca juga sangatlah tepat untuk diaplikasikan pada apotek. Karena warna hijau tosca dipercaya dapat memberikan ketenangan kepada pasien. Oleh karena itu, penggunaan warna hijau tosca sangat dibutuhkan oleh pasien untuk mendapatkan rasa semangat, nyaman, dan teratur.

8. Perpaduan Warna Putih dan Biru Tua

desain apotek
Source : Pinhome

Perpaduan warna biru dengan warna putih akan memberikan kesan yang tenang, rasa tanggung jawab, dan kebersihan. Warna biru sendiri melambangkan rasa tenang dan rasa tanggung jawab, sehingga akan membuat pelanggan tidak ragu untuk membeli di apotek tersebut.

Sedangkan warna putih akan memberikan kesan yang bersih, sehingga pelanggan akan merasa aman akan produk-produk yang dijual.

9. Aksen Kayu

desain apotek
Source : Pinhome

Desain apotek kecil minimalis juga dapat terlihat bersih, teratur, dan rapi. Pemakaian material yang mudah untuk dibersihkan dan perawatan yang sederhana akan membuat ruangan tetap terjaga kebersihannya.

Salah satunya yaitu penggunaan aksen kayu yang dapat membuat ruangan tetap bersih. Pemakaian aksen kayu juga sangat mudah untuk dibersihkan.

10. Hitam Putih

desain apotek
Source : Pinhome

Desain apotek kecil minimalis berikutnya yaitu menggunakan rak-rak warna monokrom. Hal ini akan membuat pelanggan nyaman untuk melihat produk-produk yang ada di rak kamu.

Warna putih akan memberikan kesan yang bersih dan juga akan memberikan kesan yang simple dan santun. Sedangkan untuk warna hitam dapat menegaskan profesionalitas dan kredibilitas dari apotek itu sendiri.

11. Desain Modern

desain apotek
Source : Pinhome

Desain apotek berikutnya menghadirkan tampilan yang mewah dan elegan. Kamu dapat memadukan warna hitam dan putih untuk menfokuskan pandangan pelanggan pada produk-produk yang kamu jual.

Pencahayaan yang diberikan juga sangatlah baik sehingga nyaman dipandang oleh mata. Penggunaan cahaya bewarna biru memberikan kesan yang modern.

12. Desain Minimalis

desain apotek
Source : Pinhome

Desain apotek berikutnya mempunyai tampilan yang sederhana namun tetap terlihat menarik. Kelebihan dari desain ini yaitu mudah untuk dipelihara karena tidak terlalu banyak barang yang diletakkan di dalamnya. Namun, terdapat kekurangan juga yaitu kurang menarik jika dibandingkan dengan desain yang lebih rumit.

13. Desain Apotek Dengan Lampu Gantung

Source : deainteriorpekanbaru

Selain sebagai penerangan, lampu gantung juga membuat dekorasi apotik jadi lebih menawan. Tempatkan di tengah ruangan agar mencolok dan menjadi daya tarik tersendiri saat pengunjung datang.

14. Desain Apotek Skylight

Source : deainteriorpekanbaru

Penggunaan atap skylight membuat cahaya matahari masuk ke dalam apotik dengan maksimal. Kamu bisa pula menghemat energi listrik khususnya saat siang hari dengan model atap ini.

15. Desain Apotek Dengan Kursi dan Meja Tunggu

Source : deainteriorpekanbaru

Tambahkan meja dan kursi tunggu di dekat display obat agar pengunjung apotik bisa nyaman memilih produk atau menunggu antrian. Pilih sofa modern minimalis seperti di atas agar tidak memakan banyak tempat.

Itu dia beberapa desain dari apotek kecil dan minimalis yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download