BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Referensi Desain Bengkel yang Ideal
0
0

5 Referensi Desain Bengkel yang Ideal

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Okt 7, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
desain bengkeltop-right-banner

Ingin membuka bisnis bengkel sendiri? Bingung mencari inspirasi desain bangunan bengkel? Berikut ini informasi lengkap mengenai desain bengkel menarik yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Cek yuk! 

Membuka bisnis sendiri di rumah tentu menyenangkan, pasalnya kamu bisa mengatur waktu dengan mudah untuk menjalankan bisnis kamu. Termasuk membuka bisnis bengkel sendiri. Bengkel menjadi salah satu tempat penting yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Selama kendaraan motor dan mobil ada, tentu bengkel akan terus dibutuhkan dan dicari Pins. 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai desain bengkel, kamu bisa cek Orchard Village dan Nismara Harapan Indah. Selain itu kamu juga bisa mencari informasi mengenai perumahan di Jakarta Selatan.

Kamu juga bisa sekaligus mengetahui estimasi harga rumah dan program KPR di Pinhome, lho! 

Fungsi Bengkel

Pins, pernahkah kamu berpikir apa saja ya fungsi bengkel? Ya, bengkel merupakan area yang digunakan untuk membetulkan atau mengoperasi kendaraan bermotor seperti mobil, dan motor. Kendaraan tersebut masuk bengkel dengan tujuan untuk direparasi sehingga bisa diperbaiki dan fungsinya kembali seperti semula. Lalu, apa saja ya fungsi bengkel bagi pelanggan? Mari kita simak selengkapnya.

Baca juga: 20 Bengkel Body Repair Terdekat

1. Reparasi Kendaraan

Fungsi pertama dari desain bengkel tentunya adalah untuk mereparasi kendaraan. Siapa saja yang datang ke bengkel pasti didominasi alasan untuk mereparasi atau melakukan servis terhadap kendaraan pribadinya ya Pins. Misalnya saja untuk mengganti oli, mengganti kampas rem, mengganti ban dan sebagainya. 

2. Tempat Jual Aksesoris Otomotif

Kemudian fungsi kedua dari sebuah bengkel tentunya adalah untuk menjual aksesoris otomotif yang bisa dibeli oleh para pemilik kendaraan. Kamu pun bisa membeli berbagai aksesoris untuk kendaraan pribadi di sana. Misalnya saja mengganti stang motor, mengganti mesin motor dan sebagainya. 

3. Tempat Pemeriksaan Kendaraan

Kemudian, selain untuk melakukan reparasi motor atau mobil, bengkel juga berfungsi sebagai tempat pengecekkan kendaraan. Umumnya memeriksa kendaraan setiap bulan sekali adalah keharusan ya Pins. Apalagi kendaraan sering dibawa untuk berkendara untuk jarak jauh setiap hari. Rutinlah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan ya. 

Baca juga: Bengkel Knalpot Terdekat di Daerah Jakarta

Tips Memulai Usaha Bengkel

Pins, memulai usaha bengkel memang menjadi hal yang susah gampang. Pasalnya kamu harus memutar otak untuk mencari pelanggan, dan membuat bengkel kamu mempunyai demand Pins. 

Terkadang menentukan lokasi bengkel juga bisa menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi usaha bengkel. Berikut ini ada beberapa tips memulai usaha bengkel. Simak selengkapnya di sini! 

1. Pikirkan Modal

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah modal. Pikirkan apa kamu akan melakukan bisnis ini bersama dengan partner atau kamu akan menggunakan modal pribadi sendiri. 

2. Lokasi

Kedua pastikan kamu memilih lokasi yang strategis. Lokasi strategis ini tentu yang mudah dilihat oleh orang lain dan juga mudah didatangi. 

3. Rekrut Karyawan

Selanjutnya kamu harus mulai melakukan rekrut karyawan. Pastikan kamu mengatur berapa orang yang akan kamu hire mulai dari montir, tenaga administrasi dan lain sebagainya. 

4. Pemasaran

Kemudian pastikan juga kamu melakukan sistem pemasaran yang sesuai dengan zaman ya. Kamu bisa menggunakan pemasaran secara komunitas atau juga melalui digital marketing. 

Desain Bengkel yang Ideal

Setelah kamu tahu apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan membuat bengkel, berikut ini ada beberapa desain bengkel yang bisa kamu jadikan opsi dan inspirasi. Yuk simak selengkapnya berikut! 

1. Desain Bengkel Indoor Kekinian

desain bengkel
Source : Sumber: Kibris PDR

Referensi desain bengkel pertama mengusung konsep modern. Kamu yang mungkin punya modal lebih dan mau menyasar target kelas menengah atas, bisa nih membuat desain bengkel modern seperti ini Pins. 

Baca juga: Bisnis Bengkel Kendaraan Bermotor, sistem kemitraan atau umum?

2. Desain Bengkel Sederhana namun Lengkap

desain bengkel
Source : Sumber: D’Mili Mr.Montir. Bengkel Motor

Desain workshop bengkel yang kedua mengambil inspirasi dan konsep sederhana. Di sini kamu bisa mengupayakan area yang cukup untuk membuat 3-4 section yang digunakan teknisi untuk mereparasi kendaraan dan beberapa sudut digunakan untuk meletakkan peralatan bengkel dan juga meja administrasi. 

3. Desain Bengkel Serba Oranye

desain bengkel
Source : Sumber: Raja Rak

Kemudian berikut ini adalah desain bengkel oranye yang menggunakan konsep minimalis. Kamu bisa menggunakan warna lain jika kamu mau. Pastikan menggunakan warna terang yang tidak mencolok mata ya Pins. Selain warna oranye, kamu bisa menggunakan warna putih, beige atau perbandingan kuning dan putih. 

4. Desain Bengkel Industrialis

desain bengkel
Source : Sumber: Metro Properti Balikpapan

Desain bengkel berikutnya mengusung konsep industrialis. Kamu bisa menggunakan konsep ini untuk membangun bengkel kamu sendiri Pins. Konsep ini sangat cocok dengan area bengkel yang memang mengutamakan konsep industrialis. 

Baca juga: Daftar Bengkel Nissan Terdekat di Berbagai Ibukota

5. Desain Bengkel Outdoor

desain bengkel
Source : Sumber: Metro Balikpapan

Selanjutnya ada konsep desain bengkel outdoor. Di sini kamu bisa melihat bahwa lokasi bengkel berada di sebelah area rumah. Di bagian bengkel hanya terdapat atap dan tidak terdapat penutup. 

Itu saja informasi mengenai desain bengkel yang bisa kamu jadikan referensi Pins. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Sumber Featured Image: DAYA AUTO


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download