BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Dapur di Depan Rumah
0
0

8 Inspirasi Desain Dapur di Depan Rumah

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain dapur di depan rumahtop-right-banner

Desain dapur di bagian depan rumah bisa menjadi opsi bagi ibu-ibu. Dengan letak dapur yang berada di bagian depan rumah, maka pemantauan kondisi rumah akan lebih mudah dan memasak menjadi lebih menyenangkan. 

Namun, membuat letak dapur di depan rumah tentu tidak mudah bagi rumah yang sudah jadi. Pasalnya, proses renovasi bangunan memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Untuk itu, inspirasi desain ini cocok bagi rumah yang masih akan dibangun.

Desain dapur di depan rumah bisa saja kamu temukan di rumah eksklusif dari Pinhome seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang beli rumah bekas di Kota Bandung juga bisa mengubah posisi dapur menjadi di depan dengan rekomendasi model berikut. 

Baca juga: 8 Pilihan Bahan dan Model Atap Dapur Terang

Manfaat Dapur Berada di Depan

desain dapur di depan rumah
Source : Pixabay

Ada manfaat yang bisa kamu dapat ketika meletakkan dapur di bagian depan rumah. Manfaat itu antara lain pengawasan rumah yang lebih mudah, hingga desain yang bisa lebih fresh. Berikut manfaat dapur di depan rumah yang perlu kamu tahu. 

1. Mempermudah Pengawasan

Lokasi dapur di depan rumah akan mempermudah pengawasan khususnya saat memasak. Pasalnya, area dapur termasuk ruangan yang sering digunakan, sehingga ketika berada di depan, maka pengawasan terhadap seisi rumah akan lebih mudah. 

Sebaliknya, ketika dapur berada di belakang, maka area ruang tamu maupun ruang tengah akan sulit dijangkau saat memasak. Ini yang sering terjadi ketika ada tamu datang tapi pemilik rumah tidak mendengar adanya ketukan pintu atau bunyi bell

Selain itu, pengawasan yang mudah ini juga sangat penting ketika ada anak kecil di rumah. Ibu bisa memasak sambil mengawasi anaknya yang mulai aktif bergerak.

2. Memudahkan Interaksi

Dapur di depan rumah menciptakan ruang terbuka yang memungkinkan interaksi sosial yang lebih baik antara penghuni rumah. Saat memasak atau beraktivitas di dapur, kamu masih bisa saling berbincang dengan anggota keluarga lain. 

Manfaat ini memperkuat hubungan sosial dan membantu membangun komunitas yang lebih erat. Terlebih lagi, ini menciptakan rasa kebersamaan dan saling peduli di lingkungan rumah. 

3. Desain Unik

Posisi dapur di bagian depan rumah memang tergolong unik. Kamu bisa membuat dapur terbuka atau semi outdoor jika halaman depan tergolong luas. Dapur bisa menyatu dengan taman yang membuat hunian terasa unik.

Dapur seperti ini juga memberikan keuntungan dalam hal sirkulasi udara. Aroma makanan tidak menyebar ke ruangan lainnya. 

Baca juga: Inspirasi Desain Beserta Tips Desain Dapur Minimalis Paling Indah dan Mewah

Desain Dapur di Depan Rumah

Secara umum, semua desain dapur yang dikenal di masyarakat bisa diterapkan pada dapur yang lokasinya berada di depan rumah. Namun ada beberapa model desain yang lebih cocok, yaitu sebagai berikut. 

1. Desain Dapur Kecil

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Model desain dapur kecil yang satu ini cocok dengan rumah ukuran kecil. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi kebutuhan ruang untuk area yang lain. Meski demikian, penataan yang tepat akan membuat dapur mungil tampak besar dan multifungsi.

Salah satu kunci penataan adalah menjaga dapur tetap dalam kondisi bersih. Selain itu, kamu bisa menggunakan peralatan modern yang canggih yang cenderung berukuran kecil dan tidak memakan banyak ruang. 

Perlengkapan dapur modern sekarang banyak membuat model peralatan yang cocok digunakan untuk ruangan kecil, sehingga dapat memudahkan aktivitas memasak.

2. Dapur Bergaya Industrial

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Gaya desain industrial adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Untuk menciptakan dapur bergaya industrial, kamu harus menggunakan cat berwarna putih, hitam, dan abu-abu yang identik dengan gaya ini. 

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

3. Dapur Aesthetic

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Desain dapur di depan rumah memiliki konsekuensi yaitu area dapur akan terekspos, bahkan oleh orang lain yang sedang bertamu. Untuk itu kamu bisa menyiasatinya dengan membuat desain yang aesthetic, seperti menggunakan sentuhan warna cyan atau warna hijau seperti pada gambar.

4. Dapur Bawah Tangga

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Area bawah tangga seringkali dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan atau gudang. Mungkin kamu perlu menciptakan suasana yang baru, yaitu dengan menyulap area bawah tangga menjadi dapur minimalis yang cantik. Kamu juga bisa menjadikan area itu menyatu dengan meja makan untuk menghemat ruang. 

5. Dapur Mewah

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Jika kamu berpikir dapur di depan rumah tidak bisa mewah, maka kamu salah. Pasalnya, desain dapur yang mewah juga bisa kamu terapkan ketika menempatkan dapur di area depan. Kesan mewah pada dapur ini harus ditunjang dengan perabotan yang luxury juga. 

Baca juga: Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

6. Dapur Monochrome

desain dapur di depan rumah
Source : PInterest

Desain dapur monochrome adalah gaya dekorasi yang menekankan pada penggunaan warna hitam, putih, dan abu-abu sebagai palet utama. Dalam dekorasi ini, konsep kesederhanaan dan kesan dramatis harus mendominasi. 

Sebagai catatan, kesan monokrom hanya bisa tercipta dari warna-warna hitam, putih, atau abu-abu saja. Sehingga opsi palet warna sangat terbatas pada model dekorasi ini.

7. Dapur Terbuka

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Biasanya ruang di samping rumah akan dimanfaatkan untuk garasi mobil. Kamu bisa mengubahnya menjadi dapur semi terbuka yang menyegarkan. Dengan model dapur ini, aktivitas memasak akan lebih menyenangkan dan kamu tidak akan melewatkan ketika ada tamu atau kurir paket datang.

8. Dapur Tradisional

desain dapur di depan rumah
Source : Pinterest

Berbicara dapur tradisional bukan berarti kamu harus menggunakan peralatan memasak zaman dulu dengan menggunakan kompor berbahan kayu bakar. Konsep dapur tradisional di sini hanya desainnya saja dengan tujuan untuk menghadirkan suasana di masa lalu sekaligus bisa bernostalgia. 

Itulah beberapa desain dapur di depan rumah yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download