BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Inspirasi Desain Interior Rusunawa yang Bikin Nyaman

5 Inspirasi Desain Interior Rusunawa yang Bikin Nyaman

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard

Sebagian dari Kamu mungkin ada yang masih asing dengan kata rusunawa. Di dalam lingkungan masyarakat, rusunawa dikenal dengan rumah susun. Rusunawa sendiri biasanya mempunyai luas bangunan yang sempit. Desain interior rusunawa juga biasanya dapat dikatakan ala kadarnya saja. Tapi jangan khawatir, pada artikel ini Pinhome akan memberikan beberapa inspirasi desain interior rusunawa yang bikin nyaman.

Keterbatasan ruang yang biasanya menjadi alasan kenapa interior rusunawa biasanya terkesan kurang menarik. Hal seperti ini juga dapat memberikan kesan jika kondisi di rusunawa cenderung kurang nyaman untuk ditinggali. Rusunawa merupakan alternatif tempat tinggal bagi para masyarakat di perkotaan, selain rumah setapak ataupun apartemen.

Kamu dapat menemukan warna plitur yang tepat untuk diterapkan di hunian siap huni yang akan kamu temukan di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Warna plitur kayu jati akan menambah kesan elegan pada rumah terbaik yang akan kamu temukan di Rumah Ekslusif, terutama di sekitar Cibinong City Mall.

Baca juga:

Inspirasi Desain Interior Rusunawa yang Bikin Nyaman

Rusunawa atau rumah susun sudah lama dikenal sebagai salah satu solusi mengentaskan masalah permukiman di beberapa negara, salah satunya tentunya Indonesia. Sering menerima konotasi negatif apalagi dari segi tampilan, nyatanya rumah susun atau rusunawa bisa disup dengan gaya yang kekinian, lebih minimalis, dan modern. Tidak heran juga terdapat banyak inspirasi desain interior rusunawa yang dapat membuatnya lebih nyaman. Berikut ini beberapa desain interior rusunawa yang bisa membuat nyaman.

1. Rusunawa dengan Desain Interior Minimalis

Source : Pixabay

Desain interior rusunawa yang dapat membuat nyaman yang pertama yaitu desain interior minimalis. Penggunaan desain interior minimalis pada rusunawa dapat menjadi salah satu solusi yang paling tepat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan terdapatnya prinsip kesederhanaan pada gaya minimalis. Tidak hanya itu, minimalis biasanya juga cenderung diterapkan untuk menata ruang minimalis.

Pada konsep interior minimalis, Kamu dapat memaksimalkan pemakaian furnitur yang fungsional bahkan multifungsi. Dengan seperti itu, isi rumah tidak mempunyai barang yang terlalu banyak, simpel, dan tentunya tidak menjadi sumpek dan sempit.

Saat ini, ide interior minimalis banyak disenangi oleh kebanyakan masyarakat. Dengan konsep minimalnya, pastinya juga dapat membantu mengehemat pengeluaran Kamu. Konsep yang satu ini juga bisa Kamu terdapat pada desain rumah kontrakan Kamu. Sehingga, tidak perlu ragu jika Kamu tertarik untuk mencoba ide desain kamar rusunawa yang satu ini.

2. Rusunawa dengan Desain Interior Modern

Source : Pixabay

Inspirasi desian interior rusunawa berikutnya yaitu desain interior modern. Hal yang satu ini didukung dengan adanya karakteristik desain interior modern yang rapi, bersih, dan biasanya minim hiasana ataupun dekorasi lainnya.

Konsep interior modern ini juga sangat mudah untuk Kamu aplikasikan pada jenis rusunawa karena minim akan sekat. Seperti yang kita semua ketahui, sekat tentunya akan memberikan kesan yang sempit pada suatu ruangan. Selain itu, pada konsep yang satu ini juga menggunakan furniture minimalis sehingga lebih efisien dalam penggunaanya.

3. Rusunawa dengan Desain Interior Retro

Source : Axxla

Jika Kamu menyukai penggunaan warna-warna cerah dan cozy, Kamu dapat menggunakan desain interior retro pada rusunawa Kamu. Hal yang satu ini juga sekaligus bisa mengingatkan kenangan akan masa lalu.

Konsep terbuka dan tanpa sekat juga menjadi salah satu ciri khas dari gaya retro. Hal tersebut sangat cocok untuk konsep rusunawa yang biasanya tidak mempunyai banyak ruang. Kamu hanya perlu menambahkan furniture pendukung untuk membatasi ruangan satu dengan yang lainnya. Misalnya penggunaan partisi yang menggunakan lemari.

Selain itu, dengan penggunaan warna yang bermacam-maca juga bisa memberikan kesan banyak spot pada rusunawa Kamu. Dengan seperti itu, walaupun tidak mempunyai space ruangan yang luas, Kamu tidak akan menjadi cepat bosan dengan desain interior rusunawa yang Kamu miliki.

4. Rusunawa dengan Desain Interior Kontemporer

Source : Behance

Konsep terbuka menjadi salah satu karakteristik desain interior kontemporer. Hal ini juga bisa Kamu terapkan pada rusunawa Kamu. Penataan ruang minim dengan terdapatnya sekat ruangan dan tembok bisa Kamu manfaatkan untuk beberapa spot. Walaupun sederhana, Kamu tetap bisa memaksimalkannya dengan tambahan elemen garis yang dekoratif. Hal ini juga dapat menajamkan konsep kontemporer pada rusunawa yang Kamu miliki.

5. Desain Interior Earth Tone

Source : Behance

Inspirasi desain interior rusunawa yang terakhir yaitu desain interior dengan warna earth tone. Walaupun ukuran ruang yang sempit, Kamu tetap dapat memasukkan dipan kasur, sofa, meja, bench televisi, dan meja kerja di dalam satu ruangan. Pemilihan dan peletakan furnitur dapat mencontoh gambar di atas.

Untuk membuat ruang terlihat manis, Kamu dapat menggunakan lampu hias. Tambahkan juga tanaman di dalam ruang agar suasana tidak membosankan. untuk mewujudkan desain ini Kamu harus pintar-pintar untuk memilih furnitur yang akan Kamu gunakan di rusunawa Kamu.

Itu dia beberapa inspirasi desain interior rusunawa yang bisa membuat nyaman. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca Juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download