BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Tips dan Desain Kamar Tidur Lansia Friendly

8 Tips dan Desain Kamar Tidur Lansia Friendly

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Desain kamar tidur lansia

Pins, adakah di antara kalian yang tinggal satu rumah dengan orang tua yang sudah lanjut usia (lansia)? Tentu kalian harus memberikan pelayanan ekstra untuk mereka. Salah satunya terkait desain kamar tidur lansia yang harus bersahabat. 

Untuk itu, kamu pasti perlu tips dan ide desain untuk kamar tidur lansia yang friendly berikut ini. Ide ini bisa diterapkan di rumah eksklusif milikmu, termasuk kamu yang menempati perumahan di Bekasi atau rumah bekas di Jaktim

Namun sebelum membahas ide desain kamar tidur yang friendly untuk lansia, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu definisi lansia dan ciri-cirinya berikut. 

Baca juga: Fungsi & Tips Desain Balkon Kamar Tidur Agar Semakin Cozy

Apa Itu Lansia?

Desain kamar tidur lansia
Pixabay

Lansia adalah singkatan dari lanjut usia. Ini merupakan istilah untuk tahap akhir kehidupan manusia yang ditandai dengan gagalnya seseorang untuk mempertahankan keseimbangan kesehatan dan kondisi stres fisiologisnya.

Lansia dibagi menjadi tiga kategori yaitu lansia muda, lansia madya, dan lansia tua. Peningkatan jumlah lansia menjadi masalah serius dalam kehidupan di seluruh dunia.

Data Badan Pusat Statistik dalam lima dekade (1971-2019) menyebutkan bahwa jumlah lansia di Indonesia terjadi peningkatan sebesar 9,6 persen. 

Lansia muda (60-69 tahun) mendominasi hingga 63,82 persen, yang disusul lansia madya (70-79 tahun) sebesar 27,68 persen, dan lansia tua (80+ tahun) sebesar 8,50 persen. 

Peningkatan jumlah penduduk lansia di Indonesia memberikan konsekuensi yang tidak sederhana. Berbagai macam tantangan akibat penuaan telah menyentuh berbagai aspek kehidupan.

Masalah kesehatan pada lansia salah satunya menimbulkan efek samping seperti berkurangnya waktu tidur efektif dan kualitas tidur yang tidak maksimal. 

Menurut pakar, lansia mengalami kesulitan tidur sebanyak 40 persen, terbangun pada malam hari sebanyak 30 persen, dan sisanya merupakan gangguan tidur lain.

Padahal, tidur sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan manusia, terlebih bagi kalangan lansia. Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan kecemasan kesehatan mental yang buruk dan depresi. 

Kualitas tidur yang buruk dapat ditunjukan dengan tidur kurang dari atau sama dengan 6 jam. Salah satu cara memperbaiki kualitas tidur pada lansia adalah membuat kamar tidur mereka senyaman mungkin. 

Baca juga: 15 Pilihan Desain Kamar Tidur Hitam Elegan & Nyaman

Desain Kamar Tidur Lansia

Desain kamar tidur lansia
Pixabay

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa desain kamar tidur lansia yang nyaman dan friendly yang bisa diterapkan untuk orang tua kamu di rumah. 

1. Kamar di Lantai Dasar

Jika rumah kamu memiliki beberapa lantai, maka pilihan paling tepat untuk kamar lansia adalah pada lantai dasar. Kamar tidur di lantai dasar akan sangat friendly bagi lansia. 

Sebaliknya, jika kamu meletakkan kamar tidur di lantai atas, maka itu akan sangat menyulitkan bagi lansia. Adanya tangga menjadi kendala utama bagi lansia, terutama bagi mereka yang menggunakan tongkat, alat bantu jalan, skuter bermotor, atau kursi roda.

Jika lantai dasar tidak memungkinkan, kamu bisa membangun lift tangga untuk memfasilitasi mobilitas lansia. Namun opsi ini tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena harga lift rumah cukup mahal.

2. Ranjang Tinggi

Desain kamar tidur lansia
Pixabay

Seiring bertambahnya usia, persendian dalam tubuh manusia menjadi lemah, dan itu membuat gerakan ke bawah menjadi sulit. 

Tempat tidur yang lebih tinggi dari tempat tidur biasa, akan memastikan orang tua yang sudah lanjut usia tidak perlu membungkuk terlalu banyak untuk naik dan turun dari tempat tidur. 

Para ahli menyarankan bahwa 25-36 inci adalah ketinggian ideal tempat tidur untuk orang tua lansia. 

Baca juga: 7 Perabot Kamar Tidur yang Wajib Ada di Apartemen Minimalis

3. Ranjang Fleksibel

Selain ranjang yang tinggi, kamu juga bisa menggunakan ranjang yang fleksibel bagi lansia. Tempat tidur yang dapat disesuaikan akan sangat membantu mereka yang sudah memiliki banyak masalah kesehatan fisik. 

Dengan tempat tidur yang dapat disesuaikan, lansia akan lebih nyaman berbaring karena bagian kepala atau kaki mereka bisa sedikit terangkat. Selain itu, pilih ranjang yang punya pengaman sehingga meminimalisir lansia terjatuh. 

4. Gunakan Karpet Pada Lantai

Desain kamar tidur lansia
Pixabay

Pastikan lansia bisa berjalan dengan aman. Salah satunya dengan melapisi bagian lantai kamar lansia dengan menggunakan karpet. 

Namun, pertimbangkan karpet dengan hati-hati, karena karpet yang terlalu tebal akan menyulitkan lansia yang menggunakan alat bantu jalan atau tongkat. Selain itu, beberapa serat karpet menjebak alergen yang memicu alergi pada lansia dengan masalah pernapasan.

5. Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan kamar tidur yang memadai sangat penting untuk keselamatan lansia di malam hari. Lampu samping tempat tidur yang diaktifkan dengan sentuhan, misalnya, mencegah lansia meraba-raba saklar lampu dalam gelap. 

Pencahayaan yang baik juga menghindarkan lansia dari gangguan penglihatan dan membantu menemukan barang dengan lebih mudah.

Baca juga: 8 Macam Jendela Kamar Tidur Sederhana Yang Fungsional

6. Minimalisir Perabot di Kamar Tidur

Pendekatan minimalis untuk kamar tidur lansia adalah kunci untuk mencegah kekacauan dan risiko lansia terjatuh. Selain ranjang, meja samping tempat tidur, kursi baca, dan laci tampaknya sudah cukup di kamar tidur lansia. 

Pemilihan furnitur tidak boleh menghalangi jalan lansia. Orang lanjut usia harus memiliki jalur yang jelas untuk berjalan tanpa menabrak furnitur atau dekorasi.

7. Gunakan Teknologi Cerdas

Desain kamar tidur lansia
Flickr

Gunakan teknologi pintar jika memungkinkan. Penutup jendela otomatis dapat dikontrol dengan remote misalnya. Kenyamanan seperti itu memudahkan lansia yang terbaring di tempat tidur atau mengalami masalah mobilitas. 

Untuk alasan keamanan, lansia harus memiliki akses mudah ke telepon di kamar tidur. Idealnya, ponsel fungsional yang menampilkan keypad besar bisa ditempatkan di samping tempat tidur. Simpan daftar nomor telepon darurat di laci meja samping tempat tidur.

8. Pasang CCTV

Kamera CCTV akan membantu kamu memantau orang tua lansia saat sedang berada di kamar. Kamu bisa mengetahui mereka sedang apa, termasuk saat mereka mengalami masalah. 

Itulah beberapa tips dan desain kamar tidur lansia yang bisa kamu terapkan untuk orang tua di rumah. Semoga membantu!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download