BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Kost 3 Lantai yang Nyaman dan Aesthetic
0
0

5 Desain Kost 3 Lantai yang Nyaman dan Aesthetic

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
desain kamar kos 3 lantaitop-right-banner

Memiliki bisnis kos-kosan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan passive income yang menjanjikan setiap bulannya. Semakin banyak kamar yang tersedia, maka semakin besar pula potensi cuannya. Berikut ini desain kost 3 lantai dengan jumlah kamar yang banyak yang bisa kamu jadikan referensi. 

Kamu yang ingin punya rumah di BSD bisa memilih untuk tinggal di Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Di Pinhome, kamu juga bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Tangga Rumah Minimalis

Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

desain kost 3 lantai
Source : Pinterest

Bisnis rumah kos cukup menggiurkan secara keuntungan. Misalnya, kamu membangun rumah kos dengan biaya Rp 200.000.000 dengan 10 kamar. Lalu ketika jadi, kamu menyewakan masing-masing kamar dengan harga Rp 1.000.000. 

Anggap saja 10 kamar itu terisi 70 persennya setiap tahun, yang berarti 7 kamar. Dengan demikian, dalam satu bulan kamu akan mendapat pemasukan Rp 7.000.000, satu tahun mendapat pemasukan Rp 84.000.000. Dengan perhitungan sederhana ini, kamu akan mendapat balik modal kurang dari 3 tahun. 

Namun demikian, praktiknya tidak akan sesederhana itu. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan agar kamar kos yang disewakan selalu penuh, mulai dari tempat yang strategis, fasilitas yang ditawarkan, hingga fasilitas umum sekitar. Berikut pertimbangan memulai bisnis kos-kosan.

1. Lokasi Strategis

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menentukan lokasi yang tepat. Karena, semakin ramai lokasi usaha, semakin tinggi juga potensi pendapatan yang dapat kamu dapatkan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk menentukan lokasi yang tepat pada saat ingin membuat kos-kosan.

Kamu bisa memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas publik seperti kampus, sekolah, perkantoran, sampai pusat transportasi. Kamu juga dapat memilih lokasi kos-kosan yang dekat dengan perumahan karena mempunyai Kawasan yang terbilang lebih aman.

2. Fasilitas Terbaik

Kelengkapan fasilitas juga termasuk dalam aspek yang menjadi pertimbangan bagi kebanyakan orang dalam memilih kos-kosan. Walaupun hanya sebagai tempat tinggal sementara, kosan juga perlu mempunyai fasilitas yang baik yang dapat membuat para penghuni merasa nyaman.

Misalnya, kamu bisa memberikan fasilitas seperti kamar mandi dalam, WiFi, area parkir yang besar, dapur bersama, AC, lemari pakaian, dan sebagainya.

3. Harga Sewa Bersaing

Berikutnya yang juga tidak kalah penting yaitu masalah biaya sewa. Perlu kamu pahami bahwa harga sewa sangat mempengaruhi bagaimana tingkat occupancy sebuah rumah indekos. 

Pada hal ini kamu perlu memastikan bahwa biaya sewa yang kamu tawarkan benar-benar sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos yang ada di daerah kamu. Sebaiknya jangan memberi harga yang terlalu tinggi karena bisa membuat calon penyewa beralih ke tempat lain.

Baca juga: Cara Menghitung Trap Anak Tangga

Desain Kost 3 Lantai

Salah satu cara untuk mendapatkan banyak cuan dari bisnis kos-kosan adalah dengan menyediakan banyak kamar. Untuk hal ini, kamu bisa mengatasi dengan membangun rumah kost 3 lantai. Berikut beberapa desain kost 3 lantai yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Kost Mewah

kost 3 lantai
Source : Pinterest

Desain kost 3 lantai ini mengusung konsep desain yang mewah. Lantai pertama bisa dijadikan sebagai lahan parkir mobil maupun motor bagi penyewa kos. Selain itu, ruang untuk satpam dan kamar penjaga kos bisa ditempatkan di lantai 1. 

Kemudian lantai dua dan tiga difokuskan sebagai kamar yang akan disewakan. Kamu bisa membuat variasi harga untuk masing-masing kamar sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Dengan begitu, calon penyewa bisa mempunyai pilihan yang sesuai dengan budget mereka. 

2. Rumah Kost dengan Lift

kost 3 lantai
Source : Pinterest

Salah satu kelemahan rumah tiga lantai adalah membuat orang yang menyewa di lantai paling atas menjadi kelelahan untuk menaiki tangga. Untuk itu, kamu bisa membuat desain rumah kost dengan lift yang akan memudahkan mobilitas antar lantai. 

Baca juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah untuk Pemula

3. Desain Industrial

kost 3 lantai
Source : Pinterest

Industrial artinya adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Desain industrial ini juga bisa kamu terapkan untuk kost 3 lantai. Dengan desain ini, rumah kost yang kamu sewakan akan terkesan sederhana namun tegas dan estetik. 

4. Minimalis

kost 3 lantai
Source : Pinterest

Rumah kost minimalis bisa menjadi pilihan untuk kos-kosan yang nyaman dan aesthetic. Desain minimalis cocok untuk kos-kosan yang berada di tengah kota dengan kepadatan rumah yang cukup tinggi. 

Kamu bisa menjadikan lantai satu sebagai lobi dan beberapa kamar yang disewakan. Lalu lantai dua dan tiga difokuskan sebagai kamar-kamar penghuni. Karena desainnya minimalis, maka tempat menjemur pakaian bisa diletakkan di rooftop

5. Semi Apartemen

kost 3 lantai
Source : Pinterest

Jika memiliki lahan yang cukup luas, tidak ada salahnya kamu membuat rumah kost semi apartemen yang megah. Desain semi apartemen yang luas ini memberikan jumlah kamar yang banyak, sehingga potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup tinggi. 

Itulah beberapa desain kost 3 lantai yang bisa kamu jadikan referensi. Sebagai catatan, bisnis kos-kosan akan sangat menguntungkan jika dijalankan dengan benar dan berada di lokasi yang tepat. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download