BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Lapangan Futsal Minimalis
0
0

8 Inspirasi Desain Lapangan Futsal Minimalis

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 30, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain lapangan futsal minimalistop-right-banner

Menyewakan lapangan futsal bisa menjadi alternatif usaha sampingan untuk menambah pemasukan. Tidak perlu lahan luas, desain lapangan futsal minimalis berikut ini bisa menjadi pilihan. Meski minimalis, ukuran lapangan futsal tetap sesuai standar yang berlaku. 

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Olahraga ini turut dikenal nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, yang berasal dari kata Spanyol atau Portugis, yaitu futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan).

Sebelum lanjut, kamu yang ingin mempunyai rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain bisa langsung ke Pinhome. Pasalnya Pinhome punya fitur PinValue yang membantu mengetahui estimasi harga rumah impian, termasuk harga rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga: 6 Teknik Dasar Futsal  Yang Wajib Kamu Kuasai

Bisnis Lapangan Futsal

desain lapangan futsal minimalis
Source : iStock

Sebelum membahas tentang desain lapangan futsal, kamu yang tertarik untuk membuka bisnis lapangan futsal harus mengetahui beberapa kelebihan dan keuntungan yang didapat dari usaha ini terlebih dulu. 

Sebagai catatan, bisnis futsal dapat menjadi investasi yang menguntungkan karena memiliki potensi untuk menguntungkan pemiliknya secara finansial sambil memberikan manfaat bagi kesehatan dan komunitas setempat.

1. Pasar yang Stabil

Lapangan futsal adalah bisnis yang memiliki pasar stabil dan bertumbuh. Olahraga ini diminati oleh banyak orang, baik usia muda maupun dewasa. Tingginya minat terhadap sepak bola dan olahraga serupa menjadikan lapangan futsal sebagai destinasi populer bagi komunitas lokal.

2. Investasi Awal Terjangkau

Berbeda dengan bisnis besar seperti industri manufaktur atau ritel, membuka lapangan futsal memerlukan investasi awal yang lebih terjangkau. Meskipun ada biaya untuk pembangunan lapangan futsal, peralatan, dan manajemen harian, biaya ini lebih rendah dibandingkan dengan bisnis besar.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Pagar Rumah

3. Potensi Pendapatan Tinggi

Lapangan futsal memiliki potensi pendapatan yang tinggi. Kamu bisa memperoleh pendapatan dari penyewaan lapangan, pengelolaan turnamen, kelas pelatihan, dan penjualan perlengkapan sepak bola. Selain itu, kamu juga bisa menjual makanan, minuman, dan merchandise di area lapangan untuk meningkatkan pendapatan.

4. Dampak Positif pada Kesehatan

Bisnis lapangan futsal mendukung gaya hidup sehat dan aktif. Olahraga seperti futsal mempromosikan kesehatan fisik dan mental. Selain itu, lapangan futsal menjadi pusat kegiatan sosial bagi komunitas, memungkinkan orang untuk berkumpul, bermain bersama, dan membangun ikatan sosial.

5. Pengembangan Bakat Futsal

Lapangan futsal juga bisa menjadi tempat bagi bakat-bakat futsal muda untuk berkembang. Dengan menyelenggarakan turnamen, kelas pelatihan, dan acara olahraga, bisnis lapangan futsal mendukung pengembangan bakat sepak bola lokal. Hal ini penting untuk pertumbuhan sepak bola di tingkat lokal, regional, dan bahkan nasional.

Baca juga: Kata-kata Anak Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

desain lapangan futsal minimalis
Source : Pinterest

Luas lapangan futsal dibedakan berdasarkan tipe lapangannya, yaitu lapangan futsal standar dan lapangan futsal minimalis. Untuk ukuran lapangan futsal standar memiliki panjang 38 atau 42 meter dan lebar 18 atau 25 meter.

Sementara untuk ukuran lapangan futsal minimalis atau mini memiliki panjang 24 atau 42 meter dan lebar antara 15 atau 22 meter. 

Selain itu kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang ada di lapangan futsal. Pertama terkait garis batas. Garis ini memiliki lebar 8 cm, yaitu garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan.

Daerah penalti berupa busur berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang, dengan titik penalti pertama pada 6 m dari titik tengah garis gawang

dan titik penalti kedua pada 10 m dari titik tengah garis gawang.

Zona pergantian pemain berada di area 5 m dari garis tengah lapangan, yaitu pada sisi tribun dari pelemparan.

Gawang futsal juga memiliki ukuran yang sangat berbeda dengan gawang sepak bola, alias lebih kecil. Ukuran gawang futsal, yaitu tinggi 2 meter dan lebar 3 meter saja. 

Baca juga: 3 Posisi Tidur yang Dipercaya untuk Menambah Tinggi Badan

Desain Lapangan Futsal Minimalis

Berikut adalah beberapa desain lapangan futsal minimalis yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis lapangan futsal. 

1. Lapangan Futsal Indoor

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Desain minimalis dengan lantai sintetis, dinding netral, dan pencahayaan yang baik. Elemen desain seperti garis-garis geometris pada lantai dan dinding dapat memberikan tampilan modern.

2. Lapangan Futsal Outdoor

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Menggabungkan elemen kayu alami pada dinding atau atap dengan taman di sekitar lapangan. Desain ini menciptakan suasana yang lebih alami dan hangat.

3. Lapangan Futsal Monokrom

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Desain dengan palet warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu. Lapangan futsal dengan desain ini menekankan kesederhanaan dan elegansi.

4. Lapangan Dinding Transparan

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Menggunakan dinding transparan atau kaca untuk memberikan tampilan yang terbuka dan modern. Ini juga memungkinkan pencahayaan alami untuk memasuki ruang.

Baca juga: 15 Pilihan Desain Kamar Tidur Hitam Elegan & Nyaman

5. Lapangan dengan Aksen Warna Terang

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Lantai dan dinding netral dengan aksen warna terang seperti biru atau merah di garis lapangan. Aksen warna ini dapat memberikan sentuhan segar pada desain minimalis.

6. Lapangan Futsal Ruang Terbuka

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Desain yang mempertimbangkan taman atau ruang terbuka di sekitar lapangan. Menciptakan hubungan antara ruang dalam dan luar.

7. Lapangan Futsal dengan Cat Bertekstur

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Menggunakan cat bertekstur atau bahan dinding dengan tekstur unik untuk menambah dimensi visual. Tekstur ini memberikan kesan yang menarik dan berbeda.

8. Lapangan Futsal Aesthetic

Desain Lapangan Futsal Minimalis
Source : Pinterest

Mendesain lapangan futsal yang aesthetic akan menciptakan efek dramatis pada malam hari. Pencahayaan yang menarik juga bisa menciptakan atmosfer yang unik untuk lapangan futsal.

Setiap desain lapangan futsal minimalis dapat disesuaikan dengan preferensi dan gaya masing-masing. Namun prinsip utama desain minimalis adalah kesederhanaan, kebersihan, dan penggunaan elemen esensial yang memadai.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download