BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Ide Desain Panggung 17 Agustus yang Kreatif

11 Ide Desain Panggung 17 Agustus yang Kreatif

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 6, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard

Bulan Agustus tiba, tandanya perayaan kemerdekaan Indonesia sebentar lagi akan kita temui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Selain upacara bendera hal wajib yang tak boleh terlewat adalah memasang pernak pernik serba merah putih, membuat acara perlombaan, hingga pawai Agustusan. Berbagai acara tersebut akan terasa lengkap dengan adanya desain panggung 17 Agustus sebagai simbol atau pusat perayaan.

Sama halnya dengan PinValue yang menampilkan informasi penjualan properti di seluruh Indonesia. Pins bisa dengan mudah mendapatkan rumah second di kota Bogor ataupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Ide Desain Panggung 17 Agustus yang Kreatif

Perayaan kemerdekaan Indonesia adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Begitupun dengan pembuatan dekorasi di sekitar komplek perumahan, atau bahkan pada panggung perayaan. Untuk mengantisipasi agar tidak bingung menentukan desain panggung, berikut ini beberapa desain panggung pada perayaan 17 Agustusan yang bisa jadi inspirasi.

1. Desain Panggung dengan Bendera Rumbai

Source : backdropdesignsatthefeastpicc

Desain Panggung 17an yang pertama ini terlihat sangat simpel dan unik. Jika biasanya kain merah putih dibuat menyerupai rumbai atau rumbai, kali ini kain merah putih dibuat menyilang sebagai backdrop belakang. Tak lupa bagian kanan kiri juga diberikan kain menjulang dengan warna merah putih. 

Desain seperti ini jarang sekali ditemui. Tentunya bisa menjadi ide panggung 17an yang unik dan berbeda.

2. Desain Panggung Terbuka dengan Dekorasi Kain Merah Putih

Source : prettylifegirls

Perayaan 17 Agustus tidak hanya bisa dilakukan di lapangan atau ruang umum lainnya. Jika Anda memiliki komunitas, keluarga besar, atau lainnya bisa mencoba mengisi perayaan hari kemerdekaan di rumah. Tak perlu mewah, cukup menggunakan desain kecil dan manis ini bisa menjadi pilihan.

Panggung hanya mengandalkan alas tanpa tambahan apapun. Bagian backdrop menggunakan kertas mengkilap berwarna silver dan merah. Jangan lupa untuk menambahkan aneka balon berwarna senada agar semakin meriah.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Dinding Cafe Kekinian

3. Desain Panggung dengan Hiasan Menyerupai Gorden

Source : Pariamankota

Desain ketiga ini hampir sama dengan desain pertama, yakni dengan menggunakan kain berbentuk gorden. Perbedaan terdapat pada ukuran panggung dan jumlah penggunaan kain pada desain ini lebih banyak. Jika diperhatikan tak kasat mata, desain panggung seperti ini terlihat menyerupai tirai.

4. Desain Panggung Megah

Source : Pangkalpinang Kota

Berbeda dengan beberapa desain panggung 17 Agustus sebelumnya, desain panggung berikut ini memanfaatkan tiang2 sebagai hiasan unik pada bagian tengah. Tiang dibalut dengan kain merah putih, sedangkan bagian atas kain didesain membentang dari kanan dan kiri. Perpaduan desain yang cantik dan megah.

5. Desain Panggung Menjulang Tinggi

Source : Pinterest

Desain berikut ini terinspirasi dari negara India. Desain panggung dibuat semeriah mungkin ukiran bunga beraneka warna. Penulisan “Independence Day” juga disesuaikan menggunakan tiga warna sesuai dengan warna bendera Indonesia.

Di Indonesia desain seperti ini bisa menjadi inovasi lain agar tidak monoton menggunakan kain serba merah putih. Dijamin suasana kemerdekaan akan terasa berbeda.

6. Desain Panggung Melengkung

Source : Gontor

Panggung dengan model atap melengkung juga masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Desain Panggung 17an seperti ini biasa dikreasikan dengan memanfaatkan bangunan yang ada atau memasang panggung khusus. Bentuknya terlihat gagah, apalagi dengan penambahan tangga di bagian depan. 

7. Desain Panggung Memanjang dengan Hiasan Kain Memanjang Ke Samping

Source : Ayo Bandung

Selain penggunaan kain memanjang ke samping, penambahan kain memanjang ke belakang pada atap panggung ternyata juga cantik. Desain seperti ini memberikan kesan luas pada panggung. Kesan cantik akan semakin terlihat apabila ada penambahan kain penutup berbentuk rumbai atau balon merah putih pada bagian depan.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Teras Rumah Ala Cafe yang Tak Membosankan

8. Desain Panggung Khas Pemerintahan

desain panggung 17 Agustus khas pemerintah
Source : Suara Indonesia

Desain-desain panggung seperti ini identik dengan perayaan kemerdekaan di kantor pemerintahan. Bentuk panggungnya besar memanjang dengan tambahan tangga di depan. Kain merah putih berbentuk rumbai pada bagian atas dan garuda pancasila pada bagian depan semakin mengisyaratkan panggung untuk pejabat atau orang-orang penting.

Desain seperti ini tetap bisa digunakan dimana saja diluar kantor pemerintahan. Untuk menghilangkan kesan sakral dan formal, ukurannya bisa diperkecil hanya menggunakan bagian tengah saja.

9. Desain Panggung Minimalis

desain panggung 17 Agustus minimalis
Source : Pinterest

Pada perayaan 17 Agustus yang terpenting bukan seberapa besar dan megah panggung yang dibuat, namun seberapa besar kita bisa memaksimalkan yang ada untuk turut memeriahkan kemerdekaan. Meski desain panggung berikut ini hanya memanfaatkan satu lokasi di halaman sekolah atau gedung, namun desain yang digunakan nampak unik dan berbeda dari lain.

Panggung dibuat dengan memanfaatkan lokasi dan lahan yang sudah ada dengan menambah pernak pernik sesuai bendera negara tersebut. Hasilnya cantik, dan tentunya semakin menghemat pengeluaran.

10. Desain Panggung Kemerdekaan dengan Backdrop Gambar

Source : kulonprogokab

Desain berikut ini terlihat sangat simple dan biasa saja, namun keberadaan backdrop bisa memberikan suasana berbeda. Backdrop bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau acara, misal perayaan 17 Agustus, atau acara lainnya. Penggunaan kain merah putih sudah sesuai, dan tidak berlebihan, namun akan lebih cantik jika terdapat bunga atau balon pada bagian depan. 

11. Desain Panggung Indoor dengan Backdrop Lampu Merah Putih

Source : Unsplash

Desain terakhir ini benar-benar wajib dicoba, terutama untuk acara di ruangan tertutup. Desainnya simple, dan tidak banyak menggunakan properti yang berlebihan. Suasana panggung terlihat mewah hanya dengan desain backdrop berwarna merah menyala.

Desain panggung seperti ini akan semakin megah dengan tambahan lampu sorot. Cocok untuk perayaan kemerdekaan, terutama pada saat lomba tari menyanyi, atau lainnya. Desain Panggung 17 Agustus memang beragam. Mulai panggung berukuran kecil, panggung berukuran besar, panggung untuk area indoor ataupun outdoor.

Baca juga: 11 Rekomendasi Jasa Arsitek Bekasi Terbaik dan Terpercaya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download