BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Ide Desain Ruang Santai Belakang Rumah yang Sederhana
0
0

11 Ide Desain Ruang Santai Belakang Rumah yang Sederhana

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 2, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di dunia modern yang sibuk ini, memiliki tempat peristirahatan yang tenang di rumah merupakan dambaan banyak orang. Apalagi jika tempat istirahat nyaman Kamu terletak di ruang santai belakang rumah. Saat ini banyak orang yang mengKamulkan prinsip minimalis dan menciptakan ruang kosong di bagian belakang rumah sebagai tempat bersantai.

Seperti yang kita ketahui bersama, minimalis erat kaitannya dengan membereskan kekacauan di rumah Kamu. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan ruang yang “lebih bersih” dengan membatasi beberapa item. Filosofi ini juga mengacu pada gaya hidup berkelanjutan dan efisien.

Baca juga: 8 Ide Desain Rumah Vintage yang Keren

Desain Ruang Santai Belakang Rumah

Meski terlihat mudah, namun menciptakan ruang santai belakang rumah di bagian belakang rumah sebenarnya cukup sulit, apalagi jika Kamu tidak memiliki cukup ruang di bagian belakang rumah. Namun konsep minimalis memungkinkan Kamu memanfaatkan ruang belakang rumah secara maksimal untuk berbagai aktivitas.

Dahulu, terutama di awal abad ke-20, minimalis diasosiasikan dengan furnitur mengkilap dengan nuansa abad pertengahan yang kuat dan elegan. Desain minimalis memadukan aksen Skandinavia dan Jepang untuk menciptakan nuansa pedesaan yang lebih hangat. Selain itu, furnitur kayu multifungsi dan built-in juga banyak ditemui di ruang belakang rumah minimalis.

Kedua jenis furnitur ini memungkinkan Kamu memaksimalkan ruang penyimpanan dan menjadikan ruangan Kamu lebih luas.

Berikut ini adalah ide atau inspirasi dari ruang santai belakang rumah:

1. Menggunakan Palet Warna Netral

Source : Instagram

Mendesain ruang belakang  minimalis dengan warna putih bisa memberikan kesan sejuk pada ruangan. Untuk menyiasatinya, Kamu bisa menambahkan palet warna netral, seperti krem ​​​​muda, untuk menghangatkan ruangan.  Jangan lupa tambahkan sofa yang nyaman pada ruang relaksasi Kamu.

2. Strukturkan dengan Warna Nada Gelap

Source : Basic Home DIY

Palet warna terang dapat memberikan kesan hangat, sedangkan palet warna gelap  dapat memberikan nuansa maskulin pada ruangan. Warna seperti  arang, hitam, dan coklat dapat menekankan kedalaman ruangan dan tekstur  sekitarnya. Furnitur siluet memanjang yang simpel juga memberikan kesan sederhana dan minimalis pada ruangan.

3. Melengkapi dengan Karya Seni

Source : Nikki’s Plate

Saat menambahkan dekorasi pada sebuah ruangan, terutama karya seni seperti lukisan, jangan pernah berlebihan. Jika Kamu menyalin foto di atas, Kamu hanya akan memiliki lukisan pemKamungan yang tergantung di dinding. Hasilnya adalah ruang belakang minimalis yang simpel namun nyaman.

4. Memakai Rak yang Tersembunyi

Kamu juga dapat membuat penyimpanan tersembunyi untuk buku dan dekorasi ruang lainnya. Pins juga dapat menyusun buku secara terbalik agar terlihat modern. Kamu juga dapat membuat tekstur unik dengan menempatkannya secara acak.

5. Menggunakan Warna Tema Monokrom

Ide desain ruangan monokrom memang selalu menarik. Karena ini adalah gaya interior dengan desain tingkat tinggi, desain monokrom yang memerlukan sedikit keberanian adalah yang terbaik. Namun, ketahuilah bahwa desain monokrom dapat membuat ruangan terlihat datar jika Kamu tidak memiliki tekstur dan corak yang halus. Ingatlah bahwa interior monokrom menekankan kedalaman ruang dan menciptakan konsep minimalis secara keseluruhan yang terasa hangat dan mengundang.

6. Menonjolkan Gaya Mid-Century Modern

Source : Pinterest

Dengan estetika uniknya, gaya desain interior mid century saat ini sangat populer di kalangan penggemar minimalis. Furnitur ini memiliki kombinasi garis dan lekukan yang rapi dan serasi sehingga memberikan kesan elegan. Kesederhanaan menjadi kunci desain ini, terutama minimnya dekorasi dan penggunaan palet warna.

Namun, bukan berarti Kamu tidak boleh menanam tanaman hias di ruangan ini. Gagasan di atas adalah contohnya.

7. Desain Skandinavia

Source : Homedii

Desain interior Skandinavia yang minimalis dan lembut sangat cocok untuk menciptakan ruang yang apik dan nyaman. Estetika khas Skandinavia tidak pernah kehilangan pesonanya. Perhatikan juga seluruh elemen penting dan hilangkan elemen tidak penting pada ruang belakang rumah minimalis Kamu. Minimalisme bukan sekedar menyingkirkan benda. Ini adalah gagasan melepaskan apa yang tidak penting dan melepaskan apa yang tidak lagi “melayani” Kamu.

8. Dengan Jendela Besar

Source : Behance

Kamu bisa menciptakan ruang belakang minimalis dengan menonjolkan warna dan tekstur dekorasinya. Dindingnya memiliki desain rumah kaca dan menawarkan pemKamungan luar yang indah. Sejujurnya, versi ini tidak cocok untuk suhu tinggi. Sebaliknya, sangat cocok untuk tempat sejuk dan dingin.

9. Dengan Memakai Gaya Japandi

Source : Edward George London

Japandi memadukan gaya minimalis Jepang yang elegan dengan kesederhanaan Skandinavia. Ide ini diperuntukkan bagi siapa saja yang mencari tampilan ruangan terawat, garis bersih, dan palet warna lembut.

10. Menyeimbangkan dengan Lantai Kayu

Source : Pin IMG

Sebagian besar palet interior minimalis terdiri dari warna putih, abu-abu, biru langit, dan krem. Kamu dapat mencocokkan warna di atas dengan permukaan dan tekstur bagian dalam kayu. Furnitur dan lantai berwarna terang, seperti maple, memberikan kehangatan klasik. Untuk tampilan lebih elegan,

11. Ruang Santai Minimalis

Source : Art Fasad

Jika Pins suka dengan gaya modern atau tampilan unfinished look, desain ruang santai belakang rumah ini cocok untuk kamu! Pins bisa menggunakan gaya industrial yang akan memberikan tampilan unik pada ruang bersantai dengan menggunakan warna-warna logam seperti hitam, perak ataupun emas. Jangan lupa tambahkan sofa atau kursi panjang supaya tempat bersantai kamu dan keluarga terasa lebih nyaman.

Itulah dia ruang santai belakang rumah yang bisa kamu tiru, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Telaga Golf dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download