BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ide Desain Ruang Tamu Rumah Subsidi yang Nyaman
0
0

8 Ide Desain Ruang Tamu Rumah Subsidi yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 2, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bukan tidak mungkin ruang tamu di perumahan bersubsidi bisa terlihat bersih dan luas. Rumah yang didanai tergolong Rumah Sangat Sederhana (RSS). Luas bangunan rata-rata 21 hingga 36 meter persegi dan luas tanah 60 hingga 200 meter persegi. Dengan aksen dekoratif yang tepat, Kamu bisa menyulap interior rumah bersubsidi Kamu menjadi tampilan yang indah.

Baca juga: 

Desain Ruang Tamu Rumah Subsidi yang Nyaman

Berikut ini adalah desain dari ruang tamu yang bisa diterapkan pada rumah Kamu, Pins!

1. Desain American Klasik

Source : Architecture Art Designs

Desain klasik Amerika yang tidak hanya cocok untuk rumah mewah tetapi juga apartemen dan kamar sederhana. Desain ruangan pada foto di atas bisa dijadikan inspirasi tampilan ruang tamu yang mengesankan. Wallpaper tiga dimensi gaya klasik dapat diaplikasikan sebagai penutup dinding. Rumah dan ruangan bergaya American Classic identik dengan penggunaan furnitur berukuran besar.

Untuk mempertahankan fungsi ini, kombinasikan sofa besar dengan meja kopi atau lemari kecil. Trik untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar adalah dengan memadukan furnitur berukuran besar dan kecil. Oleh karena itu, cara ini bisa menjadi ide untuk mendekorasi rumah tambahan tipe 36.

2. Desain Ruang Tamu Minimalis

Source : Deco Holic

Desain ruang tamu bergaya minimalis merupakan konsep yang sering digunakan pada rumah sederhana. Pasalnya, konsep desain ini berfokus pada fungsionalitas dan efektivitas. Oleh karena itu, ruangan-ruangan di perumahan tambahan hampir tidak memiliki perabotan atau dekorasi.

Tentu saja, ini juga ideal untuk digunakan di rumah dan ruangan kecil. Konsep desain interior minimalis bisa Kamu terapkan seperti pada gambar di atas. Agar tidak terlihat monoton, padukan wallpaper dan warna pada area dinding.

Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan berbagai dekorasi seperti lukisan dan dekorasi lainnya untuk menciptakan mural yang lebih variatif. Penggunaan elemen sofa yang dipadukan dengan meja kecil juga menjadi ide menarik dalam penggunaan furnitur pada ruang tamu minimalis. Jangan lupakan rak terbuka untuk menyimpan berbagai pajangan.

3. Dengan Tema Monokrom

Source : Pin IMG

Desain interior bergaya monokrom selalu memiliki daya tarik tersendiri. Desainnya yang bernuansa putih dan hitam memberikan kesan sederhana pada ruangan. Rumah dan ruangan berkonsep monokrom mempunyai kesan elegan dan maskulin. Konsep ini bisa diterapkan pada ruang tamu perumahan subsidi.

Ini adalah cara memadukan cat putih dan hitam pada dinding dan furnitur seperti sofa dan meja. Agar ruangan tidak monoton, Kamu bisa menggunakan meja dan rak kayu sebagai hiasan tambahan.

4. Desain Ruang Tamu Rustic

Source : Interior Style Hunter

Merupakan ide menarik juga untuk menerapkan konsep rustic pada desain interior ruang tamu perumahan tambahan. Seperti terlihat pada foto di atas, nuansa pedesaan diperoleh dengan menggunakan wallpaper bernuansa kayu dan menambahkan dekorasi seperti rayun kering dan vas bambu. Kamu juga bisa menambahkan warna pada ruangan Kamu dengan menggunakan furnitur berwarna terang.

5. Memakai Nuansa Serba Coklat

Source : Nature Creatures

Coklat memiliki warna alami yang sama dengan kayu. Konon memadukan warna coklat pada sebuah ruangan dapat menciptakan kesan tenang dan hangat. Menerapkan ruang tamu berwarna coklat bisa menjadi pilihan menarik. Seperti terlihat pada foto di atas, warna coklat dipertegas oleh furnitur dan dekorasi seperti sofa, kursi, meja, karpet, dan tirai.

Silakan pasang juga cermin di ruang tamu. Tujuannya agar ruang tamu terlihat lebih besar secara visual. Cermin adalah teknik kuno untuk membuat ruangan kecil tampak lebih besar. Selain cermin, Kamu juga bisa mengaplikasikan cat tembok berwarna terang. Ini juga merupakan cara lain untuk menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan tampak lebih besar.

6. Desain Ruang Tamu Rumah Subsidi Scandinavian

Source : Homedii

Konsep desain Skandinavia bisa menjadi pilihan ide furnitur ruang tamu bersubsidi. Konsep desain ini didasarkan pada prinsip seperti desain minimalis yang lebih mengutamakan fungsionalitas. Oleh karena itu, desain Skandinavia yang mirip dengan desain minimalis sering dijadikan ide desain interior dan eksterior hunian sederhana.

Saat mendekorasi ruang tamu rumah yang didukung gaya Skandinavia, Kamu bisa menggunakan berbagai furnitur netral atau berwarna-warni. Penggunaan warna netral atau terang pada dinding dan furnitur merupakan salah satu ciri khas desain Skandinavia.

7. Desain Ruang Tamu Vintage

Source : Pin IMG

Jika Kamu menyukai hal-hal  klasik, retro, dan vintage, konsep desain ini bisa Kamu terapkan pada ruang tamu Kamu di perumahan subsidi. Untuk menciptakan  interior bergaya vintage, Kamu bisa menggunakan beragam furnitur klasik, seperti sofa Jengki dan meja  jati. Lengkapi dekorasi bantal dan ruangan Kamu dengan banyak elemen dekorasi warna-warni.

8. Desain Mewah

Source : Heart Hand Petals

Inspirasi desain ruang tamu minimalis mewah tidak melulu dari negara benua Eropa atau Amerika, negara benua Asia juga dapat Pins jadikan pilihan yang tepat. Gaya desain nuansa Jepang adalah salah satu pilihan terbaik bagi Pins yang ingin mengubah ruang tamu Pins menjadi ruang tamu mewah kekinian. Ruang tamu gaya Jepang terkesan mengutamakan privasi yang menjadi ciri khas pada desain ini.

Penggunaan kayu yang dominan pada interior ruangan menjadikan ruang tamu Pins tidak hanya mewah melainkan juga berkesan menyatu dengan alam. Warna yang biasa terdapat pada desain nuansa Jepang adalah warna natural seperti coklat-coklat pada kayu atau warna hijau yang menyelimuti furnitur ruang tamu

Namun uniknya, desain nuansa Jepang ini sangat berbeda dengan konsep ruang tamu minimalis mewah yang lainnya karena tidak terdapat kursi. Keunikan tersebut diadopsi dari budaya orang Jepang yang gemar duduk lesehan ketika makan atau berkumpul dengan keluarga. 

Itulah dia desain ruang tamu rumah subsidi yang bisa Kamu contek, Pins! Semoga bermanfaat!

Baca juga: Desain dan Denah Rumah

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download