BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Variasi Desain Rumah 5×10 yang Memaksimalkan Ruang
0
0

5 Variasi Desain Rumah 5×10 yang Memaksimalkan Ruang

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 19, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah 7x10top-right-banner

Rumah dengan ukuran kecil seperti 5×10 memang akan terasa sempit. Namun dengan desain yang tepat, rumah 5×10 ini akan tampak maksimal dalam penempatan ruang. Berikut beberapa variasi desain rumah 5×10 yang memaksimalkan ruang. 

Meski ukurannya kecil, rumah ukuran 5×10 ini juga tetap bisa dikreasikan berdasarkan konsep desain kekinian. Misalnya kamu bisa membuat rumah dengan ukuran tersebut yang mengusung konsep gabungan Jepang dan Skandinavia atau yang dikenal dengan rumah Japandi.

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa memilih salah satu rumah di perumahan di Bekasi seperti Cluster Rosella dan Casa Alaia Residence. Buat kamu yang ingin tahu harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome. 

Baca juga: Fasad Rumah Minimalis dan Cara Menentukan Desain yang Tepat

Desain Rumah 5×10

Desain Rumah 5x10
Source : iStock

Sebenarnya, rumah ukuran 5×10 akan sangat cocok jika mengusung konsep desain minimalis. Desain rumah ini juga cocok bagi kamu yang memang memiliki lahan tidak begitu luas dan merupakan keluarga muda yang baru menikah. 

Namun kamu tetap bisa menyiasati agar rumah ukuran ini tetap bisa dihuni oleh keluarga dengan jumlah anggota banyak. Misalnya kamu membuat rumah 5×10 ini memiliki 2 atau 3 lantai sehingga pembagian ruangnya akan lebih optimal. 

Bagi kamu yang tertarik dengan rumah minimalis ini, berikut beberapa inspirasi desain rumah 5×10 yang bisa dijadikan referensi. 

1. Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah 5x10
Source : Pinterest

Rumah berukuran 5×10 dengan konsep minimalis 1 lantai bisa menjadi pilihan untuk rumah pertama kamu. Konsep rumah ini memang tidak menawarkan banyak ruang, namun rasanya akan cukup bagi kamu yang baru menikah dan anak-anak masih kecil. 

Agar lebih lega, rumah ini bisa dibuat dengan hanya 1 kamar saja namun berukuran besar. Artinya, sisa ruang yang lain bisa digunakan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan, serta kamar mandi. 

Namun tidak menutup kemungkinan juga rumah minimalis ini memiliki dua kamar tidur. Hanya saja, ukuran masing-masing kamar tentu akan sangat minimalis sekali. 

Selain itu, ada baiknya kamu mempersiapkan rumah ini dengan struktur cakar ayam yang kuat saat proses pembuatan pondasi. Dengan begitu, ketika kamu memiliki dana lebih dan akan menambah lantai, konstruksi rumah sudah siap dan tidak perlu dibongkar lagi untuk cakar ayam. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial

2. Rumah 2 Lantai Monochrome

Desain Rumah 5x10
Source : Pinterest

Desain eksterior dan interior yang mengusung tema monochrome menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Warna monokrom dianggap sebagai perpaduan warna yang kalem namun memiliki nilai estetika yang tinggi. 

Warna monokrom adalah degradasi tone suatu warna dasar yang tidak bercampur dengan warna dasar lainnya. Oleh karena itu tidak hanya warna hitam dan putih saja yang dikatakan sebagai monokrom, melainkan warna lainnya juga yang terdiri dari satu tone warna. 

Penggunaan desain dengan konsep monokrom bukanlah hal yang baru di dunia desain interior. Konsep warna yang sederhana dan berfokus pada minimalis nan elegan ini telah lama dikenal dan berkembang dari masa ke masa. 

Desain monochrome ini juga bisa kamu terapkan pada rumah berukuran 5×10. Kamu bisa membuat rumah dengan dua lantai dan 3 kamar tidur, yang dilengkapi balkon dan mengusung warna monokromatik. 

3. Rumah 2,5 Lantai

Desain Rumah 5x10
Source : Pinterest

Berikutnya adalah rumah ukuran 5×10 meter yang tampak lebih besar berkat jumlah lantainya. Ya, rumah ini memiliki 2 setengah lantai sehingga kamu bisa lebih fleksibel dalam penggunaan ruang 

Sebenarnya, rumah ini memiliki 3 lantai. Hanya saja, lantai paling atas harus dibagi menjadi dua bagian, yaitu ruangan sebagai loteng dan balkon yang bisa dimanfaatkan sebagai area bersantai atau ruang berjemur pakaian. 

Pada lantai paling bawah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang tamu, 1 kamar tamu dan kamar mandi, serta dapur dan ruang makan. Sementara lantai dua bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam serta kamar anak dan kamar mandi. 

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

4. Industrial Mezzanine

Desain Rumah 5x10
Source : Pinterest

Berikutnya adalah rumah ukuran 5×10 yang mengusung konsep desain perpaduan antara desain industrial dan mezzanine. Desain rumah ini akan menawarkan suasana yang unik dengan penataan yang aesthetic

Industrial artinya adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Gaya unik industrial ini kemudian dipadukan dengan konsep interior mezzanine. Ini adalah ruangan pada lantai tambahan yang terletak dalam satu lantai. Area bertingkat ini berbeda dengan rumah dua lantai. Pasalnya, rumah dua lantai dipisahkan oleh atap atau pembatas sehingga menghasilkan dua lantai yang bertumpuk.

5. Rumah Japandi

Desain Rumah 5x10
Source : Pinterest

Konsep Japandi (Japan-Skandinavia) sering dijadikan solusi interior rumah kantor. Ruangan terasa hangat dan lapang meskipun digunakan sebagai ruang kerja. Tak heran bila konsep ini menjadi favorit banyak orang.

Rumah dengan ukuran 5×10 yang didesain dengan konsep Japandi akan tampak unik. Ciri rumah Japandi terlihat strukturnya yang rapi sekaligus estetik. Selain itu, rumah Japandi juga menggunakan furnitur minimalis sehingga penataan ruang akan lebih optimal meski ukuran rumahnya relatif sempit. 

Itulah beberapa variasi desain rumah ukuran 5×10 yang bisa kamu jadikan inspirasi sebagai rumah pertama. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download