BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh Desain Rumah American Farmhouse yang Unik
0
0

10 Contoh Desain Rumah American Farmhouse yang Unik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Rumah American Farmhousetop-right-banner

Desain rumah American Farmhouse bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin memiliki rumah dengan desain interior dan eksterior yang unik dan berbeda. Namun desain rumah ini tidak begitu cocok dengan semua lokasi dan mensyaratkan halaman yang luas agar feel-nya terasa. 

Gaya rumah American Farmhouse adalah salah satu jenis desain arsitektur rumah yang memiliki ciri khas unik. Ini adalah perpaduan antara estetika di pedesaan Amerika yang tradisional dengan elemen-elemen modern. 

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa memilih salah satu rumah di perumahan di Bekasi seperti Cluster Rosella dan Casa Alaia Residence. Buat kamu yang ingin tahu harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome. 

Baca juga: Fasad Rumah Minimalis dan Cara Menentukan Desain yang Tepat

Ciri Khas Desain American Farmhouse

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pixabay

American Farmhouse adalah gaya arsitektur rumah yang klasik dan ikonik di Amerika. Ada beberapa ciri khas yang tidak bisa dilepaskan dari American Farmhouse dan harus menjadi panduan saat membuat rumah dengan model ini. 

Seperti yang dijelaskan di atas, American Farmhouse mengusung gaya arsitektur yang menggabungkan keindahan pedesaan tradisional dengan kenyamanan modern. Ciri-ciri yang ada padanya menciptakan rumah yang berwibawa dan nyaman.

Berikut beberapa ciri khas desain rumah American Farmhouse yang perlu kamu ketahui. 

1. Atap Gable dengan Sisi Miring Curam

Salah satu ciri utama dari American Farmhouse adalah atap gable yang lebar dan seringkali menghadap ke depan dan belakang rumah. Atap ini memiliki dua sisi miring yang curam bertemu di puncak.

Desain atap seperti ini tentu akan menciptakan tampilan yang kokoh dan mengesankan. Selain itu, atap gable ini juga berfungsi untuk memberikan ruang ekstra di lantai atas rumah, sama seperti rumah lantai 1 setengah

2. Halaman yang Luas

American Farmhouse sering memiliki halaman yang luas di depan rumah, yang merupakan tempat yang ideal untuk bersantai, berbincang dengan tetangga, atau menikmati cuaca. 

Halaman rumah yang luas ini seringkali didukung oleh kolom-kolom besar atau tiang-tiang kayu yang memberikan karakteristik estetis yang kuat. Dengan demikian, halaman akan menciptakan suasana yang hangat, yang merupakan salah satu ciri khas yang paling dikenal dari gaya Farmhouse.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial

3. Fasad Simetris 

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pixabay

Fasad rumah American Farmhouse sering dirancang secara simetris, dengan elemen-elemen arsitektural yang berimbang di kedua sisi pintu masuk. Pintu masuk sering ditempatkan di tengah dan dikelilingi oleh jendela-jendela yang sejajar. 

Desain simetris ini menciptakan tampilan yang seimbang dan harmonis. Fasad yang sering dicat dengan warna netral seperti putih atau krem menambahkan kesan klasik pada rumah.

4. Menggunakan Material Alami

Penggunaan material alami seperti kayu, batu, dan kayu lapis adalah salah satu ciri Farmhouse yang paling kentara. Kayu sering digunakan untuk lantai, dinding, langit-langit, dan perabotan. 

Material alami ini memberikan tampilan yang hangat dan organik pada rumah, menciptakan nuansa pedesaan yang nyaman. Dalam desain interior, dinding bata sering digunakan sebagai elemen dekoratif yang memberikan sentuhan rustik.

5. Dekat dengan Alam

Rumah gaya Farmhouse seringkali memiliki hubungan yang kuat dengan alam di sekitarnya. Jendela-jendela besar dan teras yang menghadap ke pemandangan alam atau kebun seringkali menjadi bagian integral dari desain.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

Contoh Desain Rumah American Farmhouse

Setiap desain rumah American Farmhouse memiliki karakteristik uniknya sendiri. Selain itu, setiap desain mencerminkan pesona dan kehangatan gaya arsitektur yang luar biasa. Berikut beberapa contoh desain rumah American Farmhouse yang bisa menjadi referensi. 

1. Minimalis

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Gaya arsitektur minimalis juga bisa diterapkan dalam American Farmhouse. Model minimalis cocok untuk kamu yang tidak memiliki cukup luas lahan untuk membuat rumah ini. Farmhouse dengan desain minimalis mencakup warna netral dan desain interior yang bersih dengan sentuhan rustik seperti lantai kayu.

2. Modern

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Model rumah ini menggabungkan elemen-elemen tradisional American Farmhouse seperti atap gable, halaman yang luas luas, dan tiang kayu dengan desain interior yang modern dan minimalis.

3. Industrial

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Gaya desain ini terinspirasi oleh estetika dan elemen-elemen dari ruang pabrik atau gudang. Desain American Farmhouse bergaya industrial mengusung nuansa kasar dan tegas dengan eksposur bahan-bahan seperti beton, besi, kayu kasar, dan pipa saluran udara.

4. Monochrome

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Desain rumah American Farmhouse adalah gaya dekorasi yang menekankan pada penggunaan warna hitam, putih, dan abu-abu sebagai palet utama. Dalam desain ini, konsep kesederhanaan dan kesan dramatis harus mendominasi. 

5. Tangga di Depan

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterst

Jika ditotal, desain ini memiliki 2 lantai dan satu lantai sebagai basement. Terdapat tangga di depan pintu utama sebagai akses masuk ke dalam rumah. Material utama dinding rumah ini menggunakan bata merah dengan tetap mempertahankan atap gable yang runcing. 

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah dengan Autocad

6. Lantai 1 Setengah

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Rumah 1,5 lantai atau yang dikenal dengan cape cod house adalah tipe bangunan rangka rendah, lebar, dengan jumlah lantai antara satu atau dua. Desain rumah 1 setengah lantai ini biasanya dibuat runcing pada bagian atap dan cocok dengan gaya American Farmhouse

7. Serba Hitam

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Palet warna sederhana menjadi ciri utama American Farmhouse. Salah satunya adalah rumah dengan dominasi warna hitam yang satu ini. Di wilayah asalnya, rumah ini biasanya dibangun di tengah hutan pinus. Terdapat jendela besar dan atap yang tajam.

8. Metal Roof

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Aksen atap logam menambah kesan modern pada desain rumah American Farmhouse ini. Sementara papan berwarna putih sebagai dinding dan melengkapi aksen batu hangat dan detail kayu. 

9. Rumah dengan Balkon

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Rumah dengan balkon merupakan ide baru dalam American Farmhouse. Desain rumah ini cukup modern dengan eksterior putih dan kayu serta aksen hitam. Desain balkon minimalis dan langit-langit kayu menarik perhatian orang untuk berkunjung.

10. View Pegunungan

Desain Rumah American Farmhouse
Source : Pinterest

Rumah American Farmhouse ini memiliki lokasi yang menakjubkan dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Halaman yang luas adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan alam.

Setiap desain rumah American Farmhouse memiliki karakteristik uniknya sendiri, tetapi semua mencerminkan pesona dan kehangatan gaya arsitektur ini. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download