BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah Garasi Basement yang Modern

10 Inspirasi Desain Rumah Garasi Basement yang Modern

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 15, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard

Garasi yang dibuat sebagai basement rumah tidak akan menggunakan sebagian ruang pada bangunan rumah, karena garasi akan didirikan tepat berada di dalam tanah. Pembuatan garasi seperti ini sangat fungsional dari segi ukuran dan kenyamanan. Simak artikel ini untuk mendapatkan inspirasi desain rumah garasi basement!

Kamu dapat menemukan rumah yang memiliki garasi basement atau rumah yang siap untuk direnovasi ditambahkan garasi basement di bawahnya di rumah baru di Kabupaten Bogor, hunian sekitar Detos dan di rumah second di Kec Bandung Pins juga dapat menemukan rumah garasi basement bergaya modern tersebut di Rumah Ekslusif.

Desain Rumah Garasi Basement yang Modern

Ingin memiliki rumah dengan desain garasi yang luas dan keluasannya tidak mengambil ruang pada bangunan rumah Kamu? Pins dapat menerapkan desain garasi yang berada di bawah tanah atau disebut dengan basement.

Basement ini tidak akan menyatu dengan bagian rumah Kamu yang berdiri di atas tanah, melainkan basement akan dibangun berstruktur tambahan yang baru berada di dalam tanah. Dengan tambahan ruang basement di rumah Kamu, tampilan rumah Kamu akan semakin unik dan tidak mengganggu aktivitas di ruangan lainnya.

Berikut ini beberapa inspirasi desain rumah garasi basement yang modern:

1. Desain Rumah Garasi Basement Modern Industrial

desain rumah
Source : iStock

Desain rumah garasi basement yang pertama yang dapat Kamu terapkan inspirasinya adalah di rumah bergaya modern industrial. Dapat Pins lihat penggunaan material bangunan hingga driveway-nya menggunakan bahan unfinished atau semen ekspos yang semakin menekankan rumah ini berunsur industrial.

Lalu, di hunian ini juga menggunakan konsep terbuka dari penggunaan kaca-kaca berukuran besar di berbagai sudut bangunan untuk meningkatkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. 

Driveway atau penanda jalan ke arah garasi basement dikonstruksikan agar Pins dapat mengetahui arah ke garasi basement dengan mudah. Penempatan garasi basement ini diposisikan berada di tengah bangunan.

Baca juga: 13 Desain Garasi Rumah Modern yang Proper

2. Rumah Berunsur Kayu dan Warna Putih dengan Garasi Basement Modern

desain rumah
Source : iStock

Desain rumah garasi basement yang kedua adalah direkomendasikan untuk Kamu yang menyukai rumah berunsur kayu dengan perpaduan warna putih yang menarik. Penggunaan material kayu ditujukan pada pintu-pintu di pagar rumah, lalu pada dinding di lantai 2.

Rumah ini memiliki garasi basement modern yang berada di samping kanan rumah. Jika Kamu sadar rumah ini sangat berbentuk kotak, mulai dari bentuk bangunannya dan atap bangunan tersebut juga dirancang berbentuk kotak.

Sebelum memutuskan membangun garasi, Pins harus tahu perbedaan carport dan garasi mobil!

3. Rumah Besar dengan Desain Garasi Basement

garasi basement
Source : iStock

Desain rumah garasi basement yang selanjutnya diterapkan pada hunian besar yang berdiri di atas tanah, lalu ditambahkan dengan driveway dari bahan batako yang mengarahkan pemilik rumah untuk memarkirkan kendaraannya di garasi bawah tanah.

Garasi basement di rumah besar seperti ini sangat cocok bagi Kamu yang suka sekali mengoleksi kendaraan-kendaraan dalam jumlah banyak, karena ukuran garasi basement-nya sangat besar mengikuti luas dan lebar rumah.

Kamu dapat mengetahui desain pintu kayu garasi yang menarik.

4. Desain Garasi Basement Modern di Rumah Minimalis

garasi basement
Source : iStock

Desain garasi basement modern keempat yang dapat Kamu ikuti desainnya adalah pengaplikasian garasi basement di rumah minimalis. Walaupun rumah minimalis, Kamu tetap bisa membangun garasi basement untuk memaksimalkan ruang di rumah minimalis milik Kamu.

Ukuran basementnya juga cukup untuk 1 kendaraan mobil. Di rumah minimalis seperti ini, desain garasi basement yang berada di bawah tanah atau di bawah rumah sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan, desain garasi basement akan menghemat ruang untuk bangunan Kamu yang lainnya.

5. Desain Rumah Garasi Basement yang Asri

garasi basement
Source : iStock

Desain garasi basement modern berikut ini memiliki model hunian yang untuk masuk ke pintu utama harus menaiki tangga terlebih dahulu. Rumah ini dibangun dengan konstruksi yang cukup tinggi, sejajar dengan ketinggian garasi basementnya, oleh karena itu terdapat penambahan tangga yang membuat rumah ini semakin unik dan menarik.

Hunian satu ini memadukan warna putih pada seluruh bangunannya dan khusus untuk pintu garasi menggunakan material kayu berwarna coklat tua.

Dari warna kayu coklat tua ini, digunakan pencahayaan yang berasal dari warna kuning ke oranye. Pencahayaan tersebut menciptakan ambiens yang elegan sekaligus menenangkan pada rumah ini.

6. Rumah Bergaya Industrial dengan Garasi Basement Semi Terbuka

desain rumah garasi basement
Source : iStock

Inspirasi desain rumah bergarasi basement keenam yang dapat Kamu terapkan dalam membangun rumah impian Kamu adalah mengikuti konsep rumah bergaya industrial dengan garasi basement semi terbuka.

Dapat terlihat pada rumah ini menggunakan rangka baja ringan berwarna hitam yang hampir digunakan pada seluruh bangunannya. Lalu, pada dindingnya digunakan material kayu yang senada dengan warna hitam baja ringan.

Garasi basementnya berada di bawah rumah dengan gaya basement semi terbuka memanjang ke belakang. Kamu dapat memarkirkan hingga 3 kendaraan bermobil di dalam basement ini loh Pins.

Jalur driveway basement dibuat dengan konsep alam menggunakan batuan-batuan dan terdapat tanaman-tanaman hijau di sekelilingnya.

Baca juga: 10 Model Plesteran Halaman Rumah untuk Carport

7. Desain Rumah Garasi Basement dengan Dinding Kamprot Coklat

desain rumah garasi basement
Source : iStock

Inspirasi desain rumah bergarasi basement berikut ini cocok sekali untuk Kamu yang menginginkan desain rumah yang mencolok saat dilihat orang lain. Mengapa bisa mencolok?

Karena desain terluar yaitu pada tembok bangunannya menggunakan model finishing semen yang bertekstur kasar. Finishing bertekstur kasar ini biasa dikenal dengan sebutan dinding atau tembok kamprot.

Perpaduan antara warna putih dan warna coklat menciptakan tampilan rumah Kamu menjadi menenangkan dan elegan dalam sekali pandang. Dalam pembangunan garasi basement, garasi tersebut dibangun dengan sebanyak tiga buah pintu masuk berwarna coklat juga.

Lalu, jika Pins memperhatikan arah rumah satu ini ke arah sebelah kanan, dan garasi basement berada di sisi kiri bangunan.

Baca juga: 15 Model Pintu Garasi Minimalis, Bikin Rumah Jadi Modern

8. Desain Rumah Garasi Basement Bergaya Klasik

garasi basement
Source : iStock

Inspirasi desain rumah bergarasi basement yang terakhir diterapkan oleh pemiliknya dengan bangunan bergaya klasik. Keklasikan tersebut dapat terlihat dari penggunaan material bangunan berupa kayu beraksen warna tua yang seakan-akan telah mengalami pelunturan cat.

Warna kayu tua tersebut disatukan dengan warna hitam yang tetap terlihat senada di antara keduanya.

9. Rumah Garasi Japanese Minimalist

Source : Demix

Siapa yang tidak ingin memiliki hunian dengan gaya modern mengikuti tren-tren properti saat ini? Tentunya kita semua ingin memiliki rumah yang mengikuti tren karena dari tampaknya dapat memberikan keindahan, kenyamanan, dan kegembiraan bagi pemiliknya.

Hunian yang berhasil memberikan pemiliknya perasaan-perasaan tersebut, akan membuat kita semakin betah untuk berada di dalam rumah menghabiskan waktu bersama keluarga.

Misalnya saja rumah ala Jepang minimalis ini menggunakan basement sebagai area parkir. Kesan sederhana langsung terasa namun menghadirkan harmoni antara ruang bagian dalam dengan luarnya.

10. Rumah Prefab dengan Garasi Basement

Source : Demix

Ruang prefabrikasi digunakan sebagai area parkir yang inovatif dan efektif. Pintu masuk dapat langsung dari garasi maupun menggunakan tangga di samping garasi.

Garasi basement diposisikan di sisi sebelah kanan rumah, sedangkan pintu masuk utama berada di sebelah kiri. Ketinggian lantai 1-nya dapat Kamu ketahui dengan melihat tepat berada di atas pintu garasi minimalis basement tersebut.

Pemanfaatan dari pembangunan garasi bermodel basement adalah kualitas udara di rumah Kamu akan tetap terjaga dan berkualitas, hal ini didasarkan karena asap dari kendaraan yang terparkir di garasi tersebut tidak dapat menjangkau area pada bagian atas rumah Kamu.

Selain itu, Kamu dapat memanfaatkan desain rumah garasi basement sebagai tempat penyimpanan dan membuat desain akses kelistrikan serta air. Dengan pengaturan tersebut tentunya rumah Kamu akan terlihat rapi.

 Baca juga: 20 Model Batu Alam untuk Garasi Mobil

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download