BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Rumah Scandinavian yang Menarik
0
0

8 Inspirasi Desain Rumah Scandinavian yang Menarik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 8, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah Skandinavia menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari desain rumah  minimalis dan modern. Desain rumah scandinavian bercirikan konsep sederhana, fungsional dan elegan, sejalan dengan gaya hidup sederhana dan minimalis.

 Salah satu ciri  rumah Skandinavia adalah penggunaan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam yang memberikan kesan bersih dan terawat. Selain itu, material bangunan yang digunakan antara lain kayu dan batu, dengan mengutamakan kesan natural dan organik.

 Ada beberapa konsep Skandinavia yang menonjol seperti penggunaan cahaya alami, detail geometris, dan fungsionalitas ruangan yang optimal. Berikut ini Pinhome jabarkan mengenai desain rumah scandinavian selengkapnya!

Karakteristik Desain Rumah Scandinavian

Sebelum beranjak kepada desain rumah scandinavian, simak dulu karakteristiknya, Pins!

1. Dominasi Elemen Kayu

Source : Pixabay

Elemen kayu mampu memberikan sentuhan natural dan hangat pada desain rumah Kamu. Elemen kayu sering digunakan dalam desain rumah Skandinavia karena merupakan simbol keseimbangan antara kekuatan dan kelembutan, kealamian dan keindahan.

Kayu juga merupakan bahan bangunan yang sangat populer di kawasan Skandinavia karena kelimpahannya dan kemampuannya menahan kondisi cuaca ekstrem.

Desain fasad hunian skandinavia menggunakan kayu sebagai material utama dinding, plafon, dan lantai, dipadukan dengan elemen batu dan kaca sehingga menciptakan tampilan yang menarik dan indah. Kayu juga bisa dipadukan dengan warna netral seperti putih atau abu-abu untuk tampilan minimalis dan modern.

2. Warna Dasar Natural

Penggunaan warna sederhana dan natural menjadi ciri khas  desain rumah Skandinavia. Warna-warna  seperti putih, abu-abu, hitam, dan coklat natural memberikan tampilan bersih, tertata, dan minimalis pada desain interior dan eksterior rumah Kamu. Warna-warna alami juga membantu menciptakan suasana  tenang dan damai di rumah Kamu.

3. Dengan Jendela Besar

Penggunaan jendela berukuran besar menjadi salah satu ciri utama  desain hunian Skandinavia. Jendela besar  memaksimalkan jumlah cahaya alami yang masuk ke dalam rumah, menciptakan hubungan  harmonis antara ruang dalam dan luar ruangan.

 Selain itu, jendela berukuran besar juga dapat memberikan kesan visual yang elegan dan modern pada desain rumah Kamu. Desain jendela berukuran besar biasanya mengedepankan kesederhanaan dengan bingkai minimalis dan kaca bening.

Desain Rumah Scandinavian yang Menarik

Berikut adalah desain dari rumah scandinavian yang bisa kamu terapkan, Pins!

1. Desain Rumah Lantai Minimalis

Source : Pinhome

Desain rumah minimalis Scandinavian ini cocok bagi Kamu yang lebih menyukai fasad sederhana namun tetap menghargai keunikan. Bagian dinding bangunan yang tampak menyatu dengan atap identik dengan desain khas Scandinavian.

Ornamen kayu berwarna putih juga bisa Kamu gunakan untuk memberikan tampilan minimalis pada fasad rumah Kamu. Agar rumahmu tidak terlihat terlalu membosankan, kamu bisa menambahkan pagar dengan warna kontras.

2. Dengan Tema Monokrom

Source : Pinhome

Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai kombinasi warna untuk mempercantik fasad rumah Scandinavian Kamu. Contohnya seperti inspirasi di atas, eksterior rumah terlihat serasi berkat perpaduan warna hitam dan putih.

Kamu dapat mengatur komponen warna utama sesuai keinginan Kamu. Seperti terlihat pada foto di atas, sebagian dinding, kusen jendela, hingga daun pintu dicat hitam. Dengan skema warna yang tepat, Kamu dapat memberikan tampilan cantik pada rumah Scandinavian Kamu.

Bagaimana? Apakah Kamu ingin mencobanya?

3. Rumah Scandinavian Megah

Source : Pinhome

Desain Scandinavian menekankan kesederhanaan, namun bukan berarti rumahnya tidak terlihat bagus. Contoh inspirasi diatas. Langit-langit bangunan sengaja dibuat tinggi agar interiornya terkesan lapang. Penggunaan material kaca terutama membuat tampilan rumah semakin megah dan mewah.

Hal ini tidak hanya menyempurnakan tampilan bangunan, namun desain di atas juga memungkinkan sirkulasi udara dalam ruangan lebih merata. Untuk meninggalkan kesan khas Scandinavian, Kamu bisa menggunakan bentuk atap segitiga yang menyatu dengan dinding bangunan. Jangan lupakan material kayu alami yang sering digunakan dalam desain Scandinavian. Kamu bisa menempelkannya pada dinding interior rumah Kamu.

4. Mengusung Tema Modern

Source : Pinhome

Perpaduan desain Scandinavian dan gaya modern terlihat sangat serasi. Misalnya saja seperti inspirasi di atas. Bentuk atap kerucut yang menyatu dengan dinding identik dengan gaya Scandinavian. Namun pemilihan bentuk jendela dan pintu sangat khas pada desain modern. Kamu juga bisa memadukan beberapa warna agar tampilan semakin menarik.

Selain hitam putih, coklat dan abu-abu juga merupakan pilihan yang bagus. Perpaduan dua warna atau lebih dapat menciptakan kontras yang indah pada fasad bangunan.

5. Konsep Tradisional

Source : Pinhome

Desain satu lantai Scandinavian ini memiliki bentuk yang sangat mencerminkan ciri khas rumah Scandinavian. Garis-garis yang bersih, eksterior bangunan yang kurang elegan, dan gaya yang memanfaatkan elemen kayu secara maksimal merupakan ciri-ciri rumah tradisional Scandinavian.

Seperti inspirasi diatas. Bentuk rumah bergaya Scandinavian ini sangat sederhana. Tidak ada dekorasi dan skema warnanya monokromatik sehingga sangat monoton. Namun, bukan berarti rumah tradisional Scandinavian kehilangan pesonanya. Padahal, desain ini mampu menonjolkan karakter unik dan tentunya tampil cantik.

6. Memiliki Kesan Unik

Source : Pinhome

Desain rumah Scandinavian satu lantai modern sangat unik karena menggabungkan bentuk bangunan yang tidak biasa pada atapnya.  Inspirasi rumah Scandinavian di atas menggunakan dua bentuk sekaligus, bukan satu bentuk untuk atapnya.

 Yang satu memiliki atap datar dan yang lainnya berbentuk trapesium  yang sebagian besar terbuat dari bahan kaca. Dilihat dari bentuk bangunannya secara keseluruhan, rumah Scandinavian di atas bisa dikatakan sangat sederhana.

Baca juga: Desain Rumah Termewah di Indonesia

7. Dengan Jendela Besar

Source : Pinhome

Salah satu ciri khas gaya Scandinavian adalah memiliki banyak bukaan dan jendela yang memberikan kesan menyatu dengan alam pada ruangan. Selain itu, jika Kamu memiliki ruang terbatas untuk  taman, Kamu bisa menambahkan elemen penghijauan pada rumah Kamu dengan tanaman pot.

8. Memiliki Carport

Source : Blom Design

Rumah dengan carport sanagt memudahkan kamu yang ingin memarkir mobil pribadi di rumah. Dengan adanya carport pada rumah skandinavia kamu akan menjadi hal yang praktis dan juga terlihat bagus pada fasad.

Itulah dia desain rumah scandinavian yang bisa kamu tiru, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download