BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Inspirasi Desain Rumah Tropis Klasik yang Menarik

5 Inspirasi Desain Rumah Tropis Klasik yang Menarik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard

Di Indonesia, desain rumah tropis klasik identik dengan kesan yang mewah dan elegan khas dengan image kalangan atas. Oleh karena itu, tidak heran jika desain rumah yang satu ini populer karena tampilannya yang mewah dan memberikan prestise tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, desain rumah tropis klasik juga sangat cocok untuk digunakan di Indonesia yang mempunyai iklim tropis lembab sehingga banyak diminati masyarakat negara ini.

Desain rumah tropis klasik tidak hanya sekadar bangunan bertingkat yang memiliki fasad megah. Akan tetapi, terdapat ciri khas lainnya yang perlu Kamu ketahui, apalagi bagi Kamu yang tertarik dan ingin menggunakan desain satu ini. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Pinhome akan memberikan beberapa inspirasi desain rumah tropis klasik yang menarik.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung atau dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Ciri Khas Desain Rumah Tropis Klasik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa ciri khas desain rumah tropis klasik. Berikut penjelasannya lengkapnya.

1. Jendela dengan Ukuran Besar

Source : Arch Daily

Untuk mendukung kesan yang mewah pada rumah tropis klasik, tidak hanya sekedar bertingkat saja, melainkan juga mempunyai bangunan yang luas sehingga dapat mengaplikasikan jendela dengan ukuran yang besar.

2. Atap Miring

Desain rumah satu ini juga biasanya identik dengan penggunaan atap mirip. Penggunaan atap ini berfungsi untuk melindungi bangunan dari terpaan hujan yang deras dan cahaya matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan perubahan cuaca secara mendadak dan terus menerus dalam kurun waktu lama dapat membuat hunian mempunyai beberapa masalah yang sering.

3. Fasad Menarik Berwarna Cerah

Source : Mkpl

Ciri khas desain rumah yang satu ini juga terdapat pada fasadnya yang simetris dengan pemilihan warna cerah, seperti krem, ivory, beige, atau putih. Warna cerah bisa mendominasi bagian eksterior bangunan tanpa membutuhkan tambahan warna lain atau dengan tambahan aksen berwarna hitam untuk menguatkan kesan mewahnya.

Penataan dari pintu, jendela, dan beberapa elemen lainnya juga akan terlihat sangat simetris pada desain rumah satu ini.

4. Terdapat Halaman

Desain rumah klasik tropis juga didukung dengan kehadiran halaman depan yang akan menambahkan keindahan pada rumahnya. Tentunya jika terinspirasi untuk menggunakan desain rumah satu ini, Kamu harus memperhitungka besaran lahan tempat untuk mendirikan bangunannya terlebih dahulu.

Inspirasi Desain Rumah Tropis Klasik yang Menarik

1. Desain Klasik Tropis dengan Sentuhan Batu Alam

Source : Arch Daily

Mendominasi batu alam sebagai dinding rumah menjadi salah satu konsep yang menarik untuk rumah tropis klasik yang dapat Kamu gunakan untuk memberikan kesan yang sangat unik. Hal tersebut dikarenakan walaupun tidak di cat, rumah Kamu akan sangat cantik dan mewah. Memaksimalkan outdoor dengan menambah meja untuk bekerja atau santai bisa melepas stres Kamu. Apalagi, jika rumah ini Kamu bangun di dataran yang tinggi.

2. Desain Tropis Klasik Ala Skandinavia

Desain rumah tropis klasik berikutnya bisa mencontoh dari model Skandinavia. Ya, model rumah ini sangat unik dan biasanya ditemukan di beberapa negara bagian Eropa seperti Finlandia, Denmark, dan Norwegia. Ciri khas yang dapat Kamu implementasikan yaitu pada bentuk depan dan warna rumahnya.

Dengan memadukan desain klasik tropis dengan model skandinavia akan menghasilkan desain rumah yang sangat apik dan tentunya menarik dipandang oleh mata.

3. Ruang Tamu

Source : Behance

Selain ekteriornya, interior juga merupakan hal penting yang bisa mempengaruhi desain rumah tropis klasik. Salah satunya yaitu pada ruang tamu, ruang tamu selalu mendapatkan perhatian yang besar dan utama karena didedikasikan untuk memberikan kenyamanan kepada para penghuninya, dan tamu yang akan berkunjung.

Khusus untuk desain klasik tropis, ruang tamu biasanya diselimuti perabotan dengan warna earth tone dan clean look.

4. Ruang Makan dan Dapur

Agar mendapatkan kesan yang lega, dapura dan ruang makan tidak diberikan sekat. Tidak hanya itu, untuk memberikan kesan clean look, kitchen set dan meja makan bisa didominasi oleh warna abu-abu ataupun coklat. Untuk memperindah ruang makan dan memberikan kesan yang mewah, Kamu dapat menambahkan lampu gantung kaca dan vas bunga juga.

5. Desain Warna Putih

Rumah klasik tropis satu ini sering ditemukan di daerah yang berdekatan dengan pantai. Akan tetapi, seiring berkembang zaman, banyak developer yang menggunakan desain rumah ini karena mereka ingin menciptakan udara sejuk di tengah kota. Biasanya pada desain ini, terdapat beberapa pohonan yang ditanam di beberapa titik rumah.

Penggunaan warna putih pada tampilan luarnya juga memberikan kesan yang sangat mewah pada tampilan eksterior rumah. Dengan halaman yang luas tentunya akan memberikan kesan rumah klasik tropis yang lebih lagi pada desain satu ini.

Itu dia beberapa inspirasi rumah tropis klasik yang menarik. Bagi Kamu yang tertarik untuk menggunakan desain satu ini, Kamu dapat menjadikan beberapa inspirasi di atas sebagai referensimu. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download