BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ide Menarik Desain Wall Panel untuk Kamar
0
0

8 Ide Menarik Desain Wall Panel untuk Kamar

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi wall panel kamar.top-right-banner

Desain wall panel kamar telah menjadi salah satu aspek terpenting dalam membentuk karakter dan kenyamanan dalam interior rumah. Wall panel bukan hanya pelapis dinding biasa, melainkan juga medium kreatif yang memungkinkan kita untuk menghadirkan sentuhan artistik dan nuansa tertentu ke dalam ruangan.

Namun untuk memasangnya, terdapat beberapa aspek untuk mendapatkan inspirasi terbaik. Misalnya saja dari sentuhan modern hingga nuansa klasik.Sebelum pembahasan lebih lanjut, Kamu juga perlu mengetahui manfaat dari PinValue, yaitu fitur dari Pinhome yang menyediakan kebutuhan terkait harga estimasi rumah. Melui fitur tersebut, Kamu bisa mendapat informasi terkadi The Agathis yang menjadi salah satu hunian Rumah Ekslusif.

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mencari informasi terkait rumah second di Kota Tangerang Selatan serta perumahan di Depok yang bisa jadi alternatif.

Baca juga: 12 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Apa Itu Wall Panel?

Wall panel, atau panel dinding, adalah elemen dekoratif dan struktural yang digunakan dalam desain interior dan eksterior untuk memberikan tampilan yang estetis dan fungsional pada dinding atau permukaan vertikal lainnya. Wall panel biasanya terbuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, kertas dinding, kain, logam, batu, kaca, dan plastik, serta kombinasi material-material ini.

Sementara, beberapa poin penting dari wall panel kamar adalah berikut:

1.Tujuan Estetis

Wall panel digunakan untuk mengubah tampilan dan atmosfer suatu ruangan. Panel ini bisa menjadi elemen dekoratif yang sangat menonjol dengan berbagai desain, tekstur, dan warna yang tersedia.

Wall panel juga digunakan untuk menciptakan tema atau gaya tertentu dalam desain interior, seperti tampilan yang modern, klasik, minimalis, atau rustic.

2. Berbagai Material

Wall panel tersedia dalam berbagai material, masing-masing dengan karakteristik dan penampilan yang unik. Sebagai contoh, panel kayu memberikan tampilan hangat dan alami, sementara panel logam dapat memberikan sentuhan modern dan industri.

Pilihan material akan sangat bergantung pada gaya desain dan anggaran yang tersedia.

3. Manfaat Fungsional

Selain aspek estetis, wall panel juga dapat memberikan manfaat fungsional. Beberapa panel dirancang untuk meningkatkan isolasi termal, membantu menjaga suhu ruangan, dan mengurangi biaya energi.

Panel akustik dirancang untuk mengurangi kebisingan di dalam ruangan dengan menyerap atau memantulkan suara.

4. Pemasangan Mudah

Sebagian besar wall panel dirancang untuk pemasangan yang mudah dan cepat. Panel ini biasanya dapat dipasang di atas dinding yang sudah ada tanpa perlu perubahan struktural yang signifikan.

Hal tersebut membuat wall panel menjadi pilihan yang praktis untuk proyek renovasi.

5. Fleksibilitas Desain

Wall panel dapat dikustomisasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi. Ini termasuk pemilihan warna, tekstur, ukuran, dan pola yang berbeda.

6. Aplikasi Interior dan Eksterior

Selain digunakan dalam desain interior, wall panel juga dapat digunakan pada eksterior bangunan untuk meningkatkan tampilan fasad. Panel ini sering digunakan dalam arsitektur modern untuk menciptakan tampilan yang bersih dan kontemporer.

Baca juga: 8 Desain Interior Rumah Mewah, Cantik dan Tidak Berlebihan

8 Inspirasi Desain Wall Panel untuk Kamar

Berikut adalah 8 inspirasi desain wall panel untuk kamar yang menarik:

1. Gunakan Panel Manik-Manik Menjulang Tinggi

Desain wall panel kamar menjulang tinggi.
Source : Freepik

Panel manik-manik yang menjulang tinggi adalah cara yang luar biasa untuk memberikan kamar tampilan yang mewah dan artistik. Panel-panel ini biasanya terbuat dari bahan seperti kayu atau logam dan dirancang dengan detail manik-manik yang rumit.

Manik-manik memberikan sentuhan elegan dan tekstur yang menarik pada dinding kamarmu. Sebagai tambahan, ada juga inspirasi untuk hiasan dinding kamar tidur yang super artsy.

2. Gunakan Panel Strips Tipis

Desain wall panel kamar tampilan strips tipis.
Source : Freepik

Jika Kamu ingin tampilan yang lebih minimalis dan bersih, gunakan panel strips tipis. Panel-panel ini biasanya terbuat dari bahan seperti MDF (Medium Density Fiberboard) atau kayu tipis yang dicat.

Panel-panel yang dimaksud memberikan sentuhan modern dan sederhana pada kamar tanpa terlalu banyak detail.

3. Panel Dinding Slats

Desain wall panel kamar jenis slats.
Source : Freepik

Yang satu ini adalah pilihan yang bagus untuk tampilan yang bersahaja dan alami. Panel dinding slats terbuat dari sejumlah slats kayu yang ditempatkan secara horizontal atau vertikal.

Panel-panel ini memberikan sentuhan hangat dan ramah lingkungan pada kamar.

4. Cat Panel Dinding di Kamarmu

Desain wall panel kamar dengan warna lain.
Source : Freepik

Pewarnaan panel-panel dinding adalah cara yang bagus untuk menyesuaikan penampilan kamar. Kamu dapat memilih warna yang sesuai dengan tema keseluruhan kamar atau menciptakan kontras yang menarik dengan dinding lainnya.

Cat juga dapat melindungi panel dari kerusakan dan memberikan lapisan tahan lama. Selain itu, Kamu bisa menambahkan cat dinding corak geometri untuk memberi kesan menarik.

5. Tambahkan Wallpaper

Tambahan wallpaper pada desain wall panel kamar.
Source : Freepik

Untuk memberikan sentuhan unik pada panel dinding, pertimbangkan untuk menambahkan wallpaper. Wallpaper dengan pola atau desain menarik dapat membuat panel-panel ini menjadi titik fokus yang menarik dalam kamar.

Namun perlu diingat juga bahwa sebelum menerapkannya, Kamu perlu tahu cara pasang wallpaper dinding.

6. Gunakan Panel Dinding Jenis Lidah dan Alur Hingga Langit-Langit

Desain wall panel kamar hingga langit-langit.
Source : Freepik

Panel dinding jenis lidah dan alur adalah pilihan yang bagus jika Kamu ingin menciptakan tampilan yang kohesif dan berkesan dari lantai hingga langit-langit. Panel itu terbuat dari sejumlah panel yang terhubung satu sama lain dengan lidah dan alur, menciptakan tampilan yang rapi dan serasi.

7. Panel 3D Motif Unik

Desain wall panel kamar 3D.
Source : Freepik

Untuk tampilan yang benar-benar menarik, pertimbangkan panel 3D dengan motif unik. Panel-panel ini sering kali terbuat dari bahan seperti gypsum atau plastik dan memiliki bentuk dan pola yang mencolok.

Jenis panel yang satu ini memberikan dimensi ekstra pada dinding kamar dan menciptakan efek visual yang menarik. Kamu juga bisa menambahkan desain kamar tidur dinding kaca untuk memberi kesan estetik.

8. Panel Kayu

Desain wall panel kamar dari kayu.
Source : Freepik

Panel-panel kayu adalah pilihan klasik yang selalu populer karena dapat memberikan tampilan hangat dan alami pada kamar. Kamu dapat memilih berbagai jenis kayu, seperti oak, cedar, atau pine, sesuai dengan selera, dan menyesuaikannya dengan gaya dekorasi yang diinginkan.

Itulah berbagai inspirasi desain wall panel atau panel dinding yang bisa diterapkan. Pastikan juga sesuai selera dan budget yang tersedia. Selamat mencoba!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download