BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Referensi Model Dinding Partisi Gypsum dan Jenisnya

5 Referensi Model Dinding Partisi Gypsum dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 18, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard

Terdapat berbagai jenis material yang bisa Kamu gunakan untuk partisi dinding rumah, salah satunya dinding partisi gypsum. Gypsum merupakan salah satu material yang cukup banyak dipakai dalam kontruksi bangunan bangunan apalagi rumah. Material yang satu ini terbuat dari campuran sulfat, kapur, dan beberapa bahan lainnya untuk dicetak menjadi lembaran papan.

Partisi gypsum adalah sebuah alat bangunan yang bersifat dekoratif yang juga multifungsi. Kebaikan dari partisi yang berbahan gypsum ini cukup banyak pula, selain itu sifat-sifat gypsum yang dapat tahan akan api,  juga membuatnya di sukai oleh banyak orang. Partisi gypsum mempunyai beberapa kelebihan jika di bandingkan dengan penyekat ruang tradisional.

Dinding partisi gypsum lebih ringan dan pemasangannya juga dapat dilakukan dengan cepat. Kemudian, jika dinilai dari segi estetika, sekar ruangan dari gypsum juga termasuk ke dalam model partisi minimalis modern. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa referensi model dinding partisi gypsum dan jenisnya.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Warna yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Referensi Model Dinding Partisi Gypsum

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dinding partisi gypsum memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya digemari oleh banyak orang. Selain itu, model dinding partisi gypsum juga bisa dibilang cukup banyak dan tentunya dapat membuat ruangan terlihat lebih menarik. Berikut ini beberapa referensi model dinding partisi gypsum.

1. Partisi Gypsum Ukiran

Source : BWTJS

Berbeda dengan tembok, partisi dari bahan gypsum dapat dikreasikan lebih variatif dan kreatif. Kamu dapat bebas bekreasi pada saat mengukit sekat gypsum untuk ruang mana pun. Salah satu corak yang paling sering digunakan yaitu motif batik atau bunga. Jika Kamu bingun, Kamu dapat melihat contoh di atas untuk dijadikan inspirasi.

2. Sekat Rak dari Gypsum

Source : Houzz

Selanjutnya, gypsum dapat dimodifikasi menjadi semacam rak pajangan. Rak pajangan tersebut bisa cocok untuk diletakkan sebagai penyekat ruang tamu ataupun ruang lainnya. Jika Kamu tertarik untuk menggunakan dinding partisi gypsum yang satu ini, Kamu dapat melihat contoh di atas untuk dijadikan sebagai referensi.

3. Modern Gypsum

Source : The Architects Diary

Jika rumah Kamu menggunakan konsep minimalis modern, maka partisi model yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan di rumah Kamu. Dengan finishing yang berwarna putih dan juga dikombinasikan dengan meja dapat membuat ruang tamu terlihat lebih estetik.

4. Model Partisi Gypsum Simpel

Source : Behance

Jika dilihat secara sekilas, mungkin Kamu tidak akan dapat membedakan mana partisi tembok dan mana partisi gypsum. Dengan pengerjaan yang rapi, partisi gypsum dapat terlihat seperti model partisi tembok estetik. Untuk tampilan yang lebih optimal lagi, Kamu dapat menggunakan cat yang berwarna cerah dan netral.

5. Model Partisi Gypsum 3D

Source : The Architects Diary

Yang terakhir ada model partisi gypsum yang anti mainstream. Model yang satu ini untuk Kamu yang senang dengan desain yang futuristik. Partisi gypsum dibuat 3D dengan tertutup yang tersusun secara simetris.

Beda Dinding dengan Partisi Gypsum

Dinding dan partisi gypsum sebenarnya mempunyai kegunaan yang sama, yaitu untuk memberikan sebuah batas pada ruangan tertentu. Tetapi sesungguhnya fungsi dari dinding ini mempunyai fungsi yang lebih penting, yaitu digunakan juga sebagai sebuah pondasi dari sebuah bangunan itu sendiri. Dinding memiliki sifat yang tidak fleksibel atau menetap, sehingga tidak bisa di pindah-pindah seperti partisi. Hal tersebut pastinya berbeda dengan partisi.

Partisi memiliki desain yang cukup menarik, bisa digunakan untuk memperindah ruangan. Selain itu juga bisa fleksibel menyesuaikan keinginan Kamu ingin meletakkanya dimana. Partisi juga lebih unggul dibandingkan dinding karena bahan pembuatnya terdiri dari beberapa macam seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kelebihan Partisi Gypsum

Dinding partisi gypsum juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa Kamu rasakan. Menggunakan bahan yang satu ini akan lebih bijak, keuntungan yang dipunyai di antaranya sebagai berikut:

  • Partisi gypsum memiliki harga yang cukup ramah di kantong Kamu
  • Untuk proses perawatan dan tata cara perawatan yang cukup mudah untuk dilakukan, apalagi jika partisi mengalami kerusakan, dalam perbaikannya juga tidak lah sulit.
  • Tidak terlalu berat, sehingga bisa memberikan nuansa yang ringan pada susunan dinding pambatas ruangan
  • Mempunyai kemampuan tahan api yang baik, dan juga mempunyai daya tahan terhadap kelembapan
  • Partisi gypsum mempunyai berbagai macam desain bisa Kamu pilih sesuai dengan keinginan Kamu, sehingga dalam sekat pembatas tersebut tetap ada unsur dekoratis yang akan mempercantik ruangan Kamu
  • Untuk menemukan partisi dari gypsum tidaklah susah. BIsa Kamu temukan dengan mudah di lokasi-lokasi seperti toko bangunan

Jenis Papan Gypsum

Jika Kamu tertarik untuk menggunakan dinding partisi gypsum di kantor atau beberapa ruang di rumah, Kamu perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya ialah jenis papan gypsum yang digunakan. Papan gypsum ini biasanya dipergunakan untuk dinding ruangan atau partisi gypsum. Tidak hanya itu, papan tersebut juga mempunyai jenis yang bisa Kamu pilih. Berikut ini beberapa jenis papan gypsum:

  • Bertipe X, Kelebihan dari papan tipe x ini mempunyai sifat tahan dari api dan panas
  • Vapor Barrier, Jenis papan yang satu ini mempunyai foil sebagai unsur pelengkap, sekaligus foil inilah yang dapat membuat bahan satu ini tahan dari kelembapan
  • Gypsum board anti air, Mendengar namanya tentu Kamu sudah tahu apa kelebihan yang ditawarkan dari jenis ini,yaitu mempunyai sifat water resistent atau tahan dari serangan air. Sangat cocok jika di tempatkan pada area kamar mandi.
  • Gypsum board exteror, Biasanya digunakan pada langit-langit atau bagian atap bangunan

Itu dia beberapa referensi model dinding partis gypsum dan jenisnya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download